MALLAENA, AISYA ALKESTRI (2023) KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING DAN IMPLIKASI PENERAPAN SISTEM POIN PELANGGARAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA. KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING DAN IMPLIKASI PENERAPAN SISTEM POIN PELANGGARAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA, 10 (10).
Text
ABSTRACK.pdf Download (414kB) |
|
Text
REPO.pdf Download (664kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
Abstract
ABSTRAK
Kompetensi guru bimbingan konseling memiliki pengaruh terhadap
kedisiplinan siswa dan efektivitas layanan bimbingan konseling yang
disebabkan para konselor tidak linear dengan bidangnya. Kendatipun
pihak Madrasah Tsanawiyah Negeri Luwu telah mengusulkan guru
bimbingan konseling murni pada pihak kementrian agama, namun
sampai saat ini belum terialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tentang pelaksanaan layanan bimbingan konseling dan
pemberian poin pelanggaran serta persepsi siswa dalam disiplin. Jenis
penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik triangulasi dan dianalisis
dengan metode penelitian Miles dan Huberman. Hasil penelitian
menemukan bahwa 1) kinerja guru BK belum optimal, namun inisiatif
dengan membentuk Tim Konselor Terpadu menunjukkan upaya adaptasi
meski terhambat oleh keterbatasan fasilitas dan kendala administratif; 2)
Sistem poin pelanggaran di MTsN Luwu, sebagai inovasi pendidikan,
bertujuan meningkatkan kedisiplinan siswa meski menghadapi tantangan
administratif dan perlunya keterlibatan aktif seluruh stakeholder untuk
efektivitas penerapannya; dan 3) Siswa MTsN Luwu merasa tekanan dari
sanksi disiplin namun mengakui efektivitasnya dalam meningkatkan
perilaku, meskipun adanya persepsi ketidak-konsistenan penerapan
aturan oleh beberapa guru. Penelitian di MTsN Luwu mengungkapkan
kebutuhan peningkatan sumber daya bagi guru BK agar layanan
bimbingan dan konseling lebih efektif. Sistem poin pelanggaran perlu
dievaluasi agar diterima tanpa menimbulkan tekanan berlebih dan
diterapkan dengan konsisten. Keterlibatan stakeholder dan evaluasi rutin
penting untuk memastikan efektivitas sistem disiplin dan program
bimbingan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 01:39 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 01:39 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8489 |
Actions (login required)
View Item |