PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMPN 10 PALOPO

PEBRIANTI, PEBRIANTI (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMPN 10 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Pebrianti, 2023. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif
Matematika Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Materi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMPN 10
Palopo” Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh: Muhammad Ihsan, S.Pd., M.Pd. dan Aishiyah
Saputri Laswi, S.Kom., M.Kom.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan multimedia pembelajaran
interaktif matematika berbantuan Articulate storyline 3 pada materi sistem
persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMPN 10 Palopo. Tujuan dari
Penelitian ini adalah untuk menilai kevalidan dan kepraktisan pengembangan
multimedia pembelajaran interaktif matematika berbantuan Articulate
Storyline 3 pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII
SMPN 10 Palopo.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Reseach and
Development (R&D) dengan model ADDIE. (analysis, design, development,
implementation, evaluation).
Multimedia pembelajaran yang di kembangkan dalam kategori valid
dan praktis untuk pembelajaran, yang dapat di lihat dari validitasnya
menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran matematika yang
dikembangkan dengan hasil rata-rata untuk ahli multimedia 75% dalam
kategori valid dan 87,5% untuk ahli materi dalam kategori sangat valid.
sedangkan untuk validasi kepraktisan angket memperoleh nilai rata-rata 87,5%.
Dengan kategori sangat praktis dan untuk uji kepraktisan penggunaan
multimedia pembelajaran di peroleh nilai rata-rata 85,4%. dalam kategori sangat
praktis.
Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Articulate Storyline 3, SPLDV.
xxiv
ABSTRACT
Pebrianti, 2023. "Development of Multimedia Interactive Mathematics
Learning Assisted by Articulate Storyline 3 on the Material of
Systems of Linear Equations in Two Variables for Class VIII
Students of SMPN 10 Palopo" Thesis of the Mathematics
Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised by:
Muhammad Ihsan, S.Pd., M.Pd. and Aishiyah Saputri Laswi,
S.Kom., M.Kom.
This thesis discusses the development of multimedia interactive
mathematics learning assisted by Articulate storyline 3 on two-variable linear
equation systems for class VIII students at SMPN 10 Palopo. The aim of this
research is to assess the validity and practicality of developing multimedia
interactive mathematics learning assisted by Articulate Storyline 3 on two�variable linear equation systems for class VIII students at SMPN 10 Palopo.
The method used in this research is Research and Development (R&D)
with the ADDIE model. (analysis, design, development, implementation,
evaluation).
The learning multimedia developed is in the valid and practical category
for learning, which can be seen from its validity showing that the mathematics
learning multimedia developed has an average result for multimedia experts of
75% in the valid category and 87.5% for material experts in the very strong
category. valid. while for the practicality test the questionnaire obtained an
average score of 87.5%. With the very practical category and to test the
practicality of using learning multimedia, an average score of 85.4% was
obtained. in the very practical category.
Keywords: Learning Multimedia, Articulate Storyline 3, SPLDV.
xxv
خالصة
فيبريانتي. .۰ٓ۰۲ "حطٕٚش حؼهى انشٚبضٛبث انخفبػهٛت يخؼذدة انٕسبئم بًسبػذة انقصت انخفصٛهٛت ۲ حٕل
يبدة أَظًت انًؼبدالث انخطٛت فٙ يخغٛشٍٚ انطهبت انصف انثبيٍ فٙ يذسست 01 SMPN فبنٕقٕ"
أطشٔحت بشَبيح دساست حؼهٛى انشٚبضٛبث، كهٛت انخشبٛت ٔػهى انخؼهًٛت ، اندبيؼت اإلسَليٛت
انحكٕيٛت فبنٕق.ٕ إششاف : دمحم إحسب،ٌ انًبخسخٛش، ٔػٛشٛت سببٕحش٘ الس،ٕ٘ انًبخسخٛشة.
حُبقش ْزِ األطشٔحت حطٕٚش حؼهى انشٚبضٛبث انخفبػهٙ ببنٕسبئم انًخؼذدة بًسبػذة انقصت انًفصهٛت
۲ ػهٗ أَظًت انًؼبدالث انخطٛت راث نهًخغٛشٍٚ نطهبت انصف انثبيٍ فٙ 01 SMPN فبنٕف.ٕ انٓذف يٍ ْزا
انبحث ْٕ حقٛٛى يذٖ صَلحٛت ٔػًهٛت حطٕٚش حؼهى انشٚبضٛبث انخفبػهٙ يخؼذد انٕسبئط بًسبػذة انقصت
انًفصهت ۲ ػهٗ أَظًت انًؼبدالث انخطٛت راث انًخغٛشٍٚ نطهبت انصف انثبيٍ فٙ 01 SMPN فبنٕق.ٕ
نطشٚقت انًسخخذيت فٙ ْزا انبحث ْٙ انبحث ٔانخطٕٚش ببسخخذاو
ًَٕرج )انخحهٛم انخصًٛى انخطٕٚش، انخُفٛز، انخقٛٛى(.
حقغ انٕسبئم انًخؼذدة انخؼهًٛٛت نهًطٕسة فٙ فخت انصبنحت ٔانؼًهٛت نهخؼهى، ْٕٔ يب ٚخبٍٛ يٍ
صَلحٛخّ أٌ انٕسبئم انًخؼذدة نخؼهى انشٚبضٛبث انًطٕسة حصهج ػهٗ َخٛدت يخٕسطت انخٛشاِ انٕسبئط
انًخؼذدة حبهغ %٥٧ فٙ انفئت انصبنحت ٔ %٥٥.٧ نخبشاء انًٕاد فٙ انفئت انصحٛحت. فخت قٕٚت خذا صبنحت.
أيب فٙ االخخببس انؼًهٙ فقذ حصهج االسخببَت ػهٗ يخٕسط دسخبث .٥٥.۷۸ ٔفٙ انفئت انؼًهٛت نهغبٚت
ٔالخخببس يذٖ انخطبٛق انؼًهٙ االسخخذاو انٕسبئط انًخؼذدة انخؼهًٛٛت، حى انحصٕل ػهٗ يخٕسط دسخبث
.٥٧.٨ فٙ انفئت انؼًهٛت خذا.
انكهًبث انًفخبحٛت: حؼهى انٕسبئم انًخؼذدة، انقصت انًفصهت ،۲ SP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.285 Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:46
Last Modified: 25 Mar 2024 05:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8506

Actions (login required)

View Item View Item