ANALISIS PENUGASAN PROYEK PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 60 SALUBATTANG KOTA PALOPO

MAHFUD, MAHFUD (2024) ANALISIS PENUGASAN PROYEK PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 60 SALUBATTANG KOTA PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of MAHFUD.pdf] Text
MAHFUD.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Mahfud, 2024. “ Analisis Penugasan Proyek Pada Pembelajaran Seni Budaya
Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 60
Salubattang Kota Palopo “ Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing (I) Baderiah (II)
Nurul Aswar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pelaksanaan
penugasan proyek pada pembelajaran seni budaya, (2) untuk mengetahui respon
kemandirian belajar peserta didik dalam penugasan proyek kelas V sekolah dasar.
Penelitian ini dirancang di rancang dalam bentuk penelitian deskriktif kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V, Siswa kelas V di SDN 60
Salubattang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui empat tahap koleksi
data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanaan penugasan proyek
yang diberikan guru terhadap peserta didik dilakukan dengan dua kali pertemuan,
dimana dalam proses pelaksanaan bentuk tugas yang diberikan kepada peserta
didik berupa karya seni rupa kolase. Untuk menentukan nilai guru menggunakan
pedoman penilaian berdasarkan pengamatan selama proses pembuatan tugas
proyek kolase. (2) respon peserta didik terhadap tugas yang diberikan dalam
bentuk kolase sangat posistif dan antusias, peserta didik juga bersedia
mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan
karya seni rupa kolase.
Kata Kunci: penugasan proyek, kemandirian belajar, peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 26 Mar 2024 00:36
Last Modified: 26 Mar 2024 00:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item