EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

TAYANG, HARTATI (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of Skripsi Hartati Tayang (REPOSITORY).pdf] Text
Skripsi Hartati Tayang (REPOSITORY).pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK
Hartati Tayang, 2024. “Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay
Two Stray Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Alia Lestari Dan Lisa Aditya
Dwiwansyah Musa.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa yang diajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, untuk mengetahui kemampuan
komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran
konvensional dan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay
two stray. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan model
pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan
tipe non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah purposive sampling, sampel yang terpilih yaitu kelas VIII 4
sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 6 sebanyak 27 siswa
sebagai kelas kontrol . Data diperoleh melalui tes dan observasi. Kemudian data
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensia.
Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru dan siswa
sangat baik, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8
Palopo yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray
menunjukkan hasil rata-rata yang tergolong dalam kategori tinggi sedangkan
kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran
konvensional menunjukkan hasil rata-rata yang tergolong dalam kategori rendah.
Model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terbukti efektif dalam
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8
Palopo. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis
siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray
lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran
konvensional.
Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two
Stray, Komunikasi Matematis.
xxiv
ABSTRACT
Hartati Tayang, 2024. "The Effectiveness of the Application of the Two Stay
Two Stray Type Cooperative Model in Improving the Mathematical
Communication Skills of Grade VIII Students of SMP Negeri 8 Palopo".
Thesis of the Mathematics Education Study Program, Faculty of Tarbiyah
and Teacher Training at the Palopo State Islamic Institute. Supervised by
Alia Lestari and Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
This thesis discusses the Effectiveness of the Application of the Two Stay
Two Stray Type Cooperative Learning Model in Improving the Mathematical
Communication Skills of Class VIII Students of SMP Negeri 8 Palopo. This study
aims to determine the activities of teachers and students taught with the two stay
two stray type cooperative learning model, to determine the mathematical
communication skills of students taught with conventional learning models and
those taught with the two stay two stray type cooperative learning model. This
study also aims to determine the effectiveness of the two stay two stray type
cooperative learning model in improving the mathematical communication skills
of grade VIII students of SMP Negeri 8 Palopo.
This study used a quasi experimental research design with a type of non-
equivalent control group design. The sampling technique in this study was
purposive sampling, the selected samples were class VIII 4 as many as 28 students
as an experimental class and class VIII 6 as many as 27 students as a control class.
Data are obtained through tests and observations. Then the data is analyzed using
descriptive statistics and inferential statistics.
This study shows that the results of observation of teacher and student
activities are very good, the mathematical communication skills of grade VIII
students of SMP Negeri 8 Palopo who are taught with the two stay two stray type
cooperative learning model show average results classified in the high category
while the mathematical communication skills of students taught with conventional
learning models show average results classified as low category. The two stay two
stray type cooperative learning model has proven effective in improving the
mathematical communication skills of grade VIII students of SMP Negeri 8
Palopo. This can be seen from the average score of mathematical communication
skills of students taught with the two stay two stray type cooperative learning
model is higher than students taught with conventional learning models.
Keywords: Effectiveness, Type Two Stay Two Stray Cooperative Learning
Model, Mathematical Communication
xxv
امللخص
حرتاتيََ،0202َِٓ.َ"فبػ١ٍخَرطج١كَإٌّٛرطَاٌزؼب ََِٟٚٔٓإٌٛعَاٌغبوَٓاٌضبَٟٔفَٟرحغ١َِٓٙبسادَاالرصبي
اٌش٠بض ٌَٟطالة َاٌصف َاٌضبSMP Negeri 8 Palopo". َُأطشٚحخ َثشٔبِظ َدساعخ َرؼ١ٍَ
اٌش٠بض١بد َ، َو١ٍخ َاٌزشث١خ َٚرذس٠ت َاٌّؼ١ٍّ َٓف َِٟؼٙذ َثبٌٛث َٛاإلعال َِٟاٌحىِٟٛ. َإؽشاف َػ١ٍبء
١ٌٝغزبس١ٌَٚٞضاَأد٠ز١بَد٠ٚبٔغ١بَِٛع.َ
رٕبلؼَ٘زَٖاألطشٚحخَفؼب١ٌخَرطج١كَّٔٛرطَاٌزؼٍَُاٌزؼب ََِٟٚٔٓإٌٛعَاٌغبوَٓفَٟرحغ١َِٓٙبسادِٓ
االرصبيَاٌش٠بضٌَٟطالةَاٌصفَاٌضبSMP Negeri 8 Palopo. َ٘ذفذَ٘زَٖاٌذساعخَإٌَٝرحذ٠ذَأٔؾطخََّٛٔ
اٌّؼ١ٍّ َٓٚاٌطٍجخ َاٌز٠ َٓر َُرذس٠غ َُٙثبعزخذاَرط َاٌزؼ ٍَُاٌزؼب ََِٟٚٔٓإٌٛع َاٌغبو َٓاٌطبئؼ، ٌَزحذ٠ذََ
ِٙبسادَاالرصبيَاٌش٠بضٌَٟذَٜاٌطٍجخَاٌز٠َٓرَُرذس٠غَُٙثّٕبرطَاٌزؼٍَُاٌزم١ٍذ٠خَٚاٌز٠َٓرَُرذس٠غَُٙثبعزخذاٍَُ
ّٔٛرط َاٌزؼ ٍَُاٌزؼب ََِٟٚٔٓإٌٛع َاٌغبو َٓاٌطبئؼ. َوّب َ٘ذفذ َ٘ز َٖاٌذساعخ َاٌَٝرحذ٠ذ َفبػ١ٍخ َّٔٛرط َاٌزؼٔٚ
اٌزؼبََِِٟٓٓإٌٛعَاٌغبوَٓاٌطبئؼَفَٟرحغ١َِٓٙبسادَاالرصبيَاٌش٠بضٌَٟذَٜطٍجخَاٌصفَاٌضبSMP
Negeri 8 Palopo.َ
اعزخذِذ َ٘ز َٖاٌذساعخ َرص١ّ َُثحش َؽج َٗرغش٠ج َِٟغ َٔٛع َغ١ش َِىبفئ ََِٓرص١ّ َُاٌّغّٛػخَ
اٌضبثطخ.َوبٔذَرم١ٕخَأخزَاٌؼ١ٕبدَفَٟ٘زَٖاٌذساعخََٟ٘أخزَاٌؼ١ٕبدَاٌٙبدفَ،َٚوبٔذَاٌؼ١ٕخَاٌّخزبسحََِٓاٌفئخَ
اٌضبِٕخ2ٌََِٝب٠َصًَإ02ََطبٌجبَوفصًَرغش٠جَٟٚاٌفئخَاٌضبِٕخ6ٌََِٝب٠َصًَإ02ََُطبٌجبَوفئخَضبثطخ.٠َزَ
اٌحصٛي َػ ٍَٝاٌج١بٔبد ََِٓخالي َاالخزجبساد َٚاٌّالحظبد. َص ٠َُز َُرح١ٍ ًَاٌج١بٔبد َثبعزخذا ََاإلحصبءاد
اٌٛصف١خَٚاإلحصبءادَاالعزذال١ٌخ.
أظٙشدَ٘زَٖاٌَذساعخَأَْٔزبئظَِالحظخَأٔؾطخَاٌّؼٍَُٚاٌطبٌتَع١ذحَعذاَ،َح١شَأظٙشدَِٙبسادِٓ
االرصبيَاٌش٠بض١خٌَطالةَاٌصفَاٌضبSMP Negeri 8 Palopo َاٌز٠َٓرَُرذس٠غَُٙثبعزخذأََّٛرط
اٌزؼٍَُاٌزؼبََِٟٚٔٓإٌٛعَاٌغبوَٓاٌضبيَِزٛعظَإٌزبئظَاٌّصٕفخَفَٟاٌفئخَاٌؼب١ٌخَعذاَث١ّٕبَأظٙشدَِٙبسَادٍَٝ
االرصبيَاٌش٠بض١خٌٍَطالةَاٌز٠َٓرَُرذس٠غَُٙثبعزخذأََّبرطَاٌزؼٍَُاٌزم١ٍذ٠خَِزٛعظَإٌزبئظَاٌّصٕفخَػَ
أٔٙب َفئخ َِٕخفضخ. َأصجذ َّٔٛرط َاٌزؼ ٍَُاٌزؼب ََِٟٚٔٓإٌٛع َاٌضبي َفؼب١ٌز َٗف َٟرحغ١ َِٓٙبساد َاالرصبيٟ
اٌش٠بضٌَٟطالةَاٌصفَاٌضبَِٓفSMP Negeri 8 Palopo.٠ّىَِٓالحظخَرٌَه ََِِٓزٛعظَدسعبدٍََِٓٝ
ِٙبسادَاالرصبيَاٌش٠بضٌٍَٟطالةَاٌز٠َٓرَُرذس٠غَُِٙغَّٔٛرطَاٌزؼٍَُاٌزؼبََِٟٚٔٓإٌٛعَاٌضبيَأػ
اٌطالةَاٌز٠َٓ٠زَُرذس٠غَُٙثبعزخذأََّبرطَاٌزؼٍَُاٌزم١ٍذ٠خ.
الكلمات المفتاحية: الفعالية ، النوع الثاني يبقى اثنين نموذج تعاوني ، التواصل الرياضي

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 548.7 Kristalografi Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 26 Mar 2024 00:43
Last Modified: 26 Mar 2024 00:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8518

Actions (login required)

View Item View Item