PENERAPAN METODE SCAFFOLD ING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs SATAP DATOK S U L A I M A N P A L O P O

MISKA, MISKA (2023) PENERAPAN METODE SCAFFOLD ING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs SATAP DATOK S U L A I M A N P A L O P O. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Miska, 2016. “Penerapan Metode Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas VII MTs Satap Datok Sulaiman Palopo”
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri IAIN Palopo,
dibimbing oleh Mardi Takwim dan Sumardin Raupu.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika
siswa kelas VII MTs Satap Datok Sulaiman Palopo Tahun Ajaran 2022/2023
melalui metode scaffolding.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIIB MTs Satap Datok Sulaiman Palopo yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti berupa observasi, tes dan
dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan
kualittaif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh hasil
belajar matematika siswa materi penyajian data dengan rata-rata 69,75 dan
termasuk kategori “rendah” Jumlah siswa yang tuntas 11 siswa dengan
persentase ketuntasan klasikal 55% dan yang tidak tuntas 9 siswa sedangkan pada
siklus II diperoleh hasil belajar matematika siswa materi penyajian data dengan
rata-rata 80 25 dan termasuk kategori “tinggi” Jumlah siswa yang tuntas 16 siswa
dengan persentase ketuntasan klasikal 80% dan yang tidak tuntas 4 siswa.
Adapun rata-rata persentase aktvitas siswa pada siklus I sebesar 58,12%
tergolong kategori “cukup” dan rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus II
se esar 78 75% tergolong pada kategori “ aik” sedangkan rata-rata persentase
aktvitas guru pada siklus I se esar 72 05% tergolong kategori “ aik” dan rata-rata
persentase aktivitas siswa pada siklus II sebesar 81,61% tergolong pada kategori
“ aik sekali” Dari hasil penelitian ini metode scaffolding dapat meningkatkan
hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Satap Datok Sulaiman Palopo.
Kata Kunci: Metode scaffolding, Hasil Belajar Matematika, Penyajian Data
xxi
ABSTRACT
Miska, 2016. "Application of the Scaffolding Method to Increase Interest and
Learning Outcomes in Mathematics for Grade VII Students of MTs
Satap Datok Sulaiman Palopo" Thesis for the Mathematics
Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training. State Islamic Institute of IAIN Palopo, supervised by
Mardi Takwim and Sumardin Raupu.
This study aims to increase the interest and learning outcomes of class VII
students of MTs Satap Datok Sulaiman Palopo Academic Year 2022/2023
through the scaffolding method.
This research is a class action research (PTK) which was carried out in two
cycles. The subjects of this study were students of class VIIB MTs Satap Datok
Sulaiman Palopo, totaling 20 students. Data collection techniques carried out by
researchers in the form of observation, tests and documentation. The collected
data were then analyzed quantitatively and qualitatively.
The results of this study indicate that in the first cycle the results of
students' mathematics learning in data presentation material were obtained with an
average of 69.75 and included in the "low" category. The number of students who
completed 11 students with a percentage of classical completeness was 55% and 9
students who did not complete, while in cycle II the results of students'
mathematics learning on data presentation material were obtained with an average
of 80.25 and included in the "high" category. The number of students who
completed 16 students with a percentage of 80% classical completeness and 4
students who did not complete. The average percentage of student activity in cycle
I was 58.12% belonging to the "enough" category and the average percentage of
student activity in cycle II was 78.75% belonging to the "good" category while the
average percentage of teacher activity in cycle I was 72.05% belonging to the
"good" category and the average percentage of student activity in cycle II was
81.61% belonging to the "very good" category. From the results of this study, the
scaffolding method can increase the interest and learning outcomes of class VII
students of MTs Satap Datok Sulaiman Palopo.
Keywords: Scaffolding method, Interest, Mathematics Learning Outcomes, Data
Presentation
xxii
ملخص
ميسكا، .6102 "رطجٍك طشٌمخ اٌغمبالد ٌزؾغٍٓ ِخشعبد رؼٍُ اٌشٌبضٍبد
ٌطالة اٌصف اٌغبثغ MTs عبربة دارٛن عٍٍّبْ ثبٌٛثٛ" أطشٚؽخ
ثشٔبِظ دساعخ رؼٍٍُ اٌشٌبضٍبد ، وٍٍخ اٌزشثٍخ ٚرذسٌت اٌّؼ.ٍٍّٓ
اٌّؼٙذ اإلعالًِ اٌؾىًِٛ Palopo IAIN ، رؾذ إششاف ماردي
تاكويم وسوماردين راوبو.
رٙذف ٘زٖ اٌذساعخ إٌى رؾغٍٓ ِخشعبد رؼٍُ اٌشٌبضٍبد ٌطالة اٌصف اٌغبثغ
ِٓ 2023/2022 ًذساعٌا َؼبٌٍ MTs Satap Datok Sulaiman Palopo
خالي طشٌمخ اٌغمبالد.
٘زا اٌجؾش ػجبسح ػٓ ثؾش إعشائً عّبػً )PTK )ٌزُ إعشاؤٖ فً دٚسر.ٍٓ
وبٔذ اٌّٛضٛػبد فً ٘زٖ اٌذساعخ ً٘ طالة اٌصف اٌغبثغ فً Satap MTs
Palopo Sulaiman Datok اٌزٌٓ ثٍؾ ِغّٛػُٙ 20 طبٌجب. رمٍٕبد عّغ
اٌجٍبٔبد اٌزً ٌمَٛ ثٙب اٌجبؽضْٛ فً شىً اٌّالؽظخ ٚاالخزجبساد ٚاٌزٛصٍك. صُ ٌزُ
رؾًٍٍ اٌجٍبٔبد اٌزً رُ عّؼٙب وٍّب ٛٔٚػٍب.
أظٙشد ٔزبئظ ٘زٖ اٌذساعخ أٗٔ فً اٌذٚسح األٌٚى ؽصٍٛا ػٍى ٔزبئظ ِبدح ػشض
ثٍبٔبد رؼٍُ اٌشٌبضٍبد ٌٍطالة ثّؼذي 69.75 ٚشٍّذ اٌفئخ "إٌّخفضخ".
ٚؽصً ػذد اٌطالة اٌزٌٓ أٛٙٔا 11 طبٌجب ثٕغجخ اوزّبي والعٍىٍخ ٪55 ٚاٌزٌٓ ٌُ
ٌىٍّٛا 9 طالة أصٕبء ٚعٛدُ٘ فً اٌذٚسح اٌضبٍٔخ ػٍى ٔزبئظ ِبدح ػشض ثٍبٔبد
رؼٍُ اٌشٌبضٍبد ٌٍطالة ثّؼذي 80.25 ٚضّٓ اٌفئخ "اٌؼبٌٍخ". ػذد اٌطالة
اٌزٌٓ أٛٙٔا 16 طبٌجب ثٕغجخ إرّبَ والعٍىٍخ ٪80 ٚاٌزٌٓ ٌُ ٌىٍّٛا 4 طالة.
ٌصٕف ِزٛعظ ٔغجخ إٌشبط اٌطالثً فً اٌؾٍمخ األٌٚى اٌجبٌؾ ٪58.12 ػٍى أٙٔب
فئخ "وبفٍخ" ِٚؼذي ٔغجخ إٌشبط اٌطالثً فً اٌذٚسح اٌضبٍٔخ اٌجبٌؾ ٪78.75
ٌصٕف ػٍى أٗٔ "عٍذ" ثٍّٕب ٌصٕف ِزٛعظ ٔغجخ ٔشبط اٌّؼٍُ فً اٌذٚسح األٌٚى
اٌجبٌؾ ٪72.05 ػٍى أٗٔ فئخ "عٍذ" ِٚزٛعظ ٔغجخ إٌشبط اٌطالثً فً اٌذٚسح
اٌضبٍٔخ اٌجبٌؾ ٪81.61 ٌصٕف ػٍى أٗٔ "عٍذ عذا". ِٓ ٔزبئظ ٘زٖ اٌذساعخ ، ٌّىٓ
ٌطشٌمخ اٌغمبالد رؾغٍٓ ٔزبئظ رؼٍُ اٌشٌبضٍبد ٌطالة اٌصف اٌغبثغ MTs
.Satap Datok Sulaiman Palopo
اٌىٍّبد اٌّفزبؽٍخ: طشٌمخ اٌغمبالد ، ِخشعبد رؼٍُ اٌشٌبضٍبد ، ػشض
اٌجٍبٔبد

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.72 Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:19
Last Modified: 26 Mar 2024 02:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8534

Actions (login required)

View Item View Item