PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG PADA MATERI KONSEP OPERASI HITUNG BAGI SISWA KELAS 3 SDN 305 LANGKIDI KEC. BAJO KAB. LUWU

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG PADA MATERI KONSEP OPERASI HITUNG BAGI SISWA KELAS 3 SDN 305 LANGKIDI KEC. BAJO KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of PSTKA.pdf] Text
PSTKA.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, 2023. “Pengembangan Media Papan Hitung pada Materi Konsep
Operasi Hitung bagi Siswa kelas 3 SDN 305 Langkidi Kec. Bajo Kab.
Luwu”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Nasaruddin dan Ervi Rahmadani.
Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui analisis kebutuhan media
papan hitung. untuk mengetahui validitas media papan hitung dikelas 3. Untuk
mengetahui praktikalitas media papan hitung yang dikembangkan di kelas 3 SDN
305 Langkidi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah
yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis kebutahan, perencanaan,
pengembangan produk, uji validitas dan praktikalitas. Subjek penelitian ini adalah
guru dan siswa kelas 3 dengan jumlah 27 siswa yang menggunakan media
pembelajaran papan hitung yang dikembangkan. Objek penelitian ini adalah
media pembelajaran papan hitung muatan pelajaran Matematika pada materi
operasi hitung. Teknik yang digunakan oleh peneliti dalam pengumpulan data
adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitaf.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah analisis kebutuhan
berada pada kategori sangat butuh dimana persentase yang diperoleh adalah
85,7% dalam proses pembelajaran yang berlangsung dibutuhkan madia papan
hitung pada materi operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian yang dapat menjadikan siswa tertarik dan memudahkan siswa dalam
memahami materi. Berdasarkan hasil validitas media papan hitung telah divalidasi
dengan kategori diantaranya ahli desain mendapatkan presentase nilai 71,87%
dengan kategori valid, sedangkan ahli materi mendapatkan nilai presentase
84,37% dengan kategori sangat valid. Hasil yang sangat memuaskan dan positif
dengan dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar 97,6%
dengan kategori sangat praktis berdasarkan respon uji coba dengan 27 peserta
didik dan seorang pendidik yakni guru kelas 3 dengan nilai akhir yang diperoleh
dari hasil uji kepraktisan sebesar 98,21% dengan kategori sangat praktis.
Kata Kunci: Media, Papan Hitung, Operasi Hitung, Penjumlahan, Pengurangan,
Perkalian, Pembagian
xxv
ABSTRACT
Rahmawati, 2023. “Development of Calculating Board Media on the Concept of
Counting Operations for Grade 3 Students at SDN 305 Langkidi, Bajo
District, Luwu Regency." Thesis for Madrasah Ibtidaiyah Teacher
Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training,
Palopo State Islamic Institute. Supervised By Nasaruddin and Ervi
Rahmadani.
The objectives of this research are to determine the analysis of the needs for
calculating board media, material for the counting operations of addition,
subtraction, multiplication and division, and to determine the validity and
practicality of the calculating board media developed in 3rd grade at Alementary
Cchool three zero five Langkidi.
This Research And Development (R&D) type of research by using the
ADDIE model. The steps taken ini this research are:(1) resistance analysis, (2)
planning, (3) product development, (4) validity and practicality testing. The
subjects of this research werw 3rd grade teachers and student with a total of 27
students who used the developed counting boatds learning media. The object of
this research is the learning media for counting boards for mathematics subjects,
material for arithmetic operations for grade 3 students at Alementary.The
techniques used by researchers in collecting data are observation, interviews,
questionnaires and documentation.
The result of this research and development is that the needs analysis is in
the need category where the percentage obtained is 85,7%. In the ongoing
learning process, a calculating board media is needed in the arithmetic
operations material of addition, subration, multication, and division which can
make students interested and make it easier for students in understanding the
material. Based on the results, the validity of the counting board media has been
validated in categories, including design experts getting a percentage of 71.87%
in the valid category, while material experts get a percentage value of 84.37% in
the very valid category. The results are very satisfying and posing with the final
value obtainened from the practicality results of 97.6% with the very practical
category based on the responses of the trial with 27 students and an educator,
namely a grade 3 teacher with the final results obtained from the practicality test
results amounting to 98.21% with very practical category.
Keywords: Media, Calculating Board, Counting operation, Addition,
Subtraction, Multiaplication, Division.
xxiii
خالصخ
سؽّبٚارٟ، .0202 "رط٠ٛش ٚعبئظ ٌٛؽخ اٌؾغبة ؽٛي ِفَٛٙ ِٛاد ػ١ٍّبد اٌؼذ ٌطالة
اٌصف اٌضبٌش فٟ اٌّذسعخ االثزذائ١خ اٌؾى١ِٛخِٕ٥٠٣طمخ الٔغى١ذ.ٞ ِٕطمخ ثبع.ٛ .ٌٚٛ"
ثشٔبِظ دساعخ رؼُ١ٍ اٌّؼٓ١ٍّ ثبٌّذسعخ اإلثزذاػ١خ، و١ٍخ اٌزشث١خ ٚرذس٠ت اٌّؼ،ٓ١ٍّ ِؼٙذ
ثبٌٛثٛ اإلعالِٟ اٌؾىِٟٛ. إششاف ٔصش اٌذٓ٠ ٚأسفٟ اٌشؽّذأٟ
٠غزخذَ ٘زا اٌجؾش ٛٔع اٌجؾش ٚاٌزط٠ٛش )R&D )ثبعزخذاَ ّٛٔرط ADDIE. اٌخطٛاد
اٌّزخزح فٟ ٘زا اٌجؾش ٟ٘ رؾً١ٍ االؽز١بعبد ٚاٌزخط١ظ ٚرط٠ٛش إٌّزظ ٚاٌصالؽ١خ ٚاخزجبس
اٌزطج١ك اٌؼٍّٟ. وبٔذ ِٛضٛػبد ٘زا اٌجؾش ٟ٘ ِؼٍّٟ ٚطالة اٌصف اٌضبٌش ثإعّبٌٟ 06
طبٌجًب اعزخذِٛا ٚعبئً اٌزؼٍُ اٌّطٛسح ػٍٝ ٌٛؽخ اٌؼذ. اٌٙذف ِٓ ٘زا اٌجؾش ٛ٘ اٌٛعبئً
اٌزؼ١ّ١ٍخ ٌؾغبة ِؾزٜٛ دسط اٌش٠بض١بد ؽٛي اٌؼ١ٍّبد اٌؾغبث١خ. اٌزم١ٕبد اٌزٟ ٠غزخذِٙب
اٌجبؽضْٛ فٟ عّغ اٌج١بٔبد ٟ٘ اٌّالؽظخ ٚاٌّمبثالد ٚاالعزج١بٔبد ٚاٌٛصبئك. رغزخذَ رم١ٕبد
رؾً١ٍ اٌج١بٔبد رؾً١ٍ اٌج١بٔبد إٌٛػ١خ ٚرؾً١ٍ اٌج١بٔبد اٌى١ّخ.
ٚوبٔذ ٔز١غخ ٘زا اٌجؾش ٚاٌزط٠ٛش أْ رؾً١ٍ االؽز١بعبد ٠مغ فٟ اٌفئخ اٌضشٚس٠خ ٌٍغب٠خ ؽ١ش
ثٍغذ إٌغجخ اٌّزؾصً ػٙ١ٍب ،%74.6 ٚفٟ ػ١ٍّخ اٌزؼٍُ اٌّغزّش ٕ٘بن ؽبعخ إٌٝ ٚعبئظ
عجٛسح ؽغبث١خ فٟ ِبدح اٌؼ١ٍّبد اٌؾغبث١خ ِٓ عّغ ٚطشػ ٚضشة ٚ اٌمغُ اٌزٞ ّ٠ىٓ أْ
ًء ػٍٝ إٌزبئظ، رُ اٌزؾمك ِٓ صؾخ
٠ض١ش ا٘زّبَ اٌطالة ٠ٚغًٙ ػٍٝ اٌطالة فُٙ اٌّبدح. ثٕب
ٚعبئظ ٌٛؽخ اٌؼذ فٟ اٌفئبد، ثّب فٟ رٌه ؽصٛي خجشاء اٌزصُ١ّ ػٍٝ ٔغجخ ِئ٠ٛخ لذس٘ب
%68.76 فٟ اٌفئخ اٌصبٌؾخ، ثّٕ١ب ؽصً خجشاء اٌّٛاد ػٍٝ ٔغجخ ِئ٠ٛخ لذس٘ب %73.26
فٟ اٌفئخ اٌصبٌؾخ عذًا. ٚوبٔذ إٌزبئظ ِشض١خ ٚإ٠غبث١خ ٌٍغب٠خ ؽ١ش ثٍغذ اٌذسعخ إٌٙبئ١خ اٌزٟ
ًء ػٍٝ
رُ اٌؾصٛي ػٙ١ٍب ِٓ ٔزبئظ اخزجبس اٌزطج١ك اٌؼٍّٟ %86.5 ِغ فئخ اٌؼٍّٟ عذًا ثٕب
اعزغبثبد اٌزغشثخ ِغ 06 طبٌجًب ِٚؼٍ ًّب، أٞ ِؼٍُ اٌصف اٌضبٌش، ِغ اٌؾصٛي ػٍٝ اٌذسعخ
إٌٙبئ١خ ِٓ االخزجبس اٌؼٍّٟ. ٚوبٔذ ٔزبئظ اخزجبس اٌزطج١ك اٌؼٍّٟ %87.08 فٟ اٌفئخ اٌؼ١ٍّخ
عذًا.
اٌىٍّبد اٌّفزبؽ١خ9 اٌٛعبئظ، ٌٛؽخ اٌؾغبة، ػ١ٍّبد اٌؼذ، اٌغّغ، اٌطشػ، اٌضشة، اٌمغّخ

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:24
Last Modified: 26 Mar 2024 05:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8541

Actions (login required)

View Item View Item