ANJASMARA, ANJASMARA (2022) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V MI AS’ADIYAH BELAWA BARU PADA MUATAN BAHASA INDONESIA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
|
Text
REPO.PDF Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Anjasmara 2022 : “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Mi
As‟adiyah Belawa Baru Pada Muatan Bahasa Indonesia”.
Skripsi Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo di Bimbing oleh Nursyamsi dan Edhy Rustan.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui bagaimana
gambaran umum kemampuan berbicara siswa kelas V MI As‟adiyah Belawa Baru
pada muatan Bahasa Indonesia? 2. Bagaimana hasil tingkat pengukuran berbicara
siswa melalui praktek ceramah pada siswa kelas V MI Asadiyah Belawa Baru
pada muatan Bahasa Indonesia?. Dan 3. Untuk mengetahui bagaimana analisis
kesalahan kaidah berbicara siswa kelas V MI As‟adiyah Belawa Baru pada
muatan Bahasa Indonesia?.
Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Penelitian
dilakukan di MI As‟Adiyah Belawa Baru. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa 1) Tingkat kemampuan
berbicara siswa sudah baik tetapi perlu ditingkatkan lagi untuk aspek keterampilan
berbicara dan aspek pelafalan tersebut perlu ditingkatkan karena keterampilan
berbicara merupakan salah satu faktor penunjang dan pendukung dalam
keberhasilan proses pembelajaran di kelas. 2) Tingkat keterampilan berbicara
siswa melalui praktek ceramah pada siswa dapat dilihat pada Aspek penilaian
keterampilan berbicara yang menunjukkan bahwa tingkat berbicara siswa yang
dijelaskan pada masing-masing aspek memperoleh hasil yang baik. Maka, hasil
tersebut menyatakan, keterampilan berbicara siswa kelas V secara keseluruhan
memperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori baik. 3) Terdapat beberapa
siswa yang kurang dalam keterampilan berbicara. Hal ini dipengaruhi oleh banyak
faktor yang membuat kelemahan kaidah berbicara siswa tersebut. Faktor yang
mempengaruh keterampilan berbicara siswa ini berasal dari faktor internal dan
ekternal faktor ini tidak lain dan tidak bukan berasal dari lingkungan siswa dan
berasal dari siswa itu sendiri.
Kata Kunci : Keterampilan, Berbicara, Bahasa Indonesia
xx
ABSTRACT
Anjasmara 2022: "Analysis of the Speaking Skills of Class V Students of Mi
As'adiyah Belawa Baru in Indonesian Language". Thesis of
the Masters Study Program for Madrasah Ibtidaiyah
Teachers, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the
Palopo State Islamic Institute under guidance by Nursyamsi
and Edhy Rustan.
The objectives of this study are: 1. To find out how the general description
of the speaking ability of fifth grade students of MI As'adiyah Belawa Baru in
Indonesian content is? 2. How are the results of measuring students' speaking
levels through lecture practices for fifth grade students of MI Asadiyah Belawa
Baru on Indonesian language content?. And 3. To find out how to analyze the
errors in speaking rules for fifth grade students of MI As'adiyah Belawa Baru on
Indonesian language content?.
The method used is descriptive qualitative analysis. The research was
conducted at MI As'Adiyah Belawa Baru. Data collection techniques used are
test, interview and documentation techniques. The data analysis technique uses
data reduction, data presentation, and verification.
The results of this study suggest that 1) The level of students' speaking
ability is good but needs to be improved again for aspects of speaking skills and
aspects of pronunciation that need to be improved because speaking skills are one
of the supporting and supporting factors in the success of the learning process in
the classroom. 2) The level of students' speaking skills through practice lectures
on students can be seen in the aspect of speaking skills assessment which shows
that the students' speaking levels described in each aspect get good results. Thus,
these results state that the speaking skills of fifth grade students as a whole get a
percentage of 85% in the good category. 3) There are some students who are
lacking in speaking skills. This is influenced by many factors that make the
students' speaking rules weak. Factors that influence students' speaking skills
come from internal and external factors, this factor is none other than the
student's environment and comes from the students themselves.
Keywords: Skills, Speaking, Indonesian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 499.221 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 05:47 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 05:47 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8543 |
Actions (login required)
View Item |