ANALISIS INTERIOR KELAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK DIDIK DI TKIT WALADUN SHALIH BATU KABUPATEN LUWU

ASTRIANI, ASTRIANI (2024) ANALISIS INTERIOR KELAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK DIDIK DI TKIT WALADUN SHALIH BATU KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of skripsi Astriani  (PIAUD 2019) (REPOSITORY).pdf] Text
skripsi Astriani (PIAUD 2019) (REPOSITORY).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Astriani, 2024 “Analisis Interior Kelas Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak
Didik Di TKIT Waladun Shalih Batu Kabupaten Luwu”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Dibimbing oleh: Dr. Fatmarida
Sabani., M.Ag. dan Pertiwi Kamariah Hasis.S.Pd.,M.Pd
Skripsi ini membahas tentang Analisis Interior Kelas Untuk Meningkatkan
Minat Belajar Anak Didik Di TKIT Waladun Shalih Batu Kabupaten Luwu.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran desain interior kelas di TKIT
Waladun Shalih Batu Kabupaten Luwu. Dan untuk mengetahui bagaimana desain
interior untuk meningkatkan minat belajar anak didik di TKIT Waladun Shalih Batu
kabupaten Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu metode
penelitian yang di tunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena,
peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara
inividual maupun kelompok. Sumber data yaitu: data primer dan data sekunder.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yakni: wawancara,
dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data,
Display Data, Conclusion Drawing/Verification.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) Tata Ruang, ada Sirkulasi Dan Zoning di
kelas B TKIT Waladun Shalih Batu sudah cukup baik karena memanfaat pemetaan
ruangan sesuai ukuran sehingga dapat memberikan akses keluar masuk yang
mudah. Sedangkan pada Sistem Tata Letak penyimpanan aksesoris/perabot
diruang penyimpanan sudah baik, namun saat pemakaaian seperti meja dan kursi
anak didik saat pembelajaran belum menciptakan Sistem Tata Letak yang baik.
Sehingga berpengaruh negatif terhadap minat belajar anak didik. (2) Dinding,
kondisi dinding di kelas B TKIT Waladun Shalih Batu saat ini juga memberikan
efek negatif terhadap fokus dan minat belajar anak didik karena adanya kebisingan
dari luar ruangan. (3) Dekorasi atau Aksesoris, dekorasi atau aksesoris di kelas B
TKIT Waladun Shalih Batu sudah cukup memadai dan memberikan rasa aman
nyaman. Namun perlu adanya peningkatan dan peninjauan kembali ke beberapa
dekorasi atau aksesoris yang penting bagi kenyamanan pembelajaran yaitu papan
tulis dan alas/karpet lantai. (4) Pencahayaan, pencahayaan di kelas B TKIT
Waladun Shalih Batu sudah memberikan efek positif yang cukup baik terhadap
minat belajar anak didik. (5) Suhu udara /sirkulasi, suhu udara atau sirkulasi di kelas
B TKIT Waladun Shalih Batu sudah sangat baik dan memberikan mengaruh positif
terhadap minat belajar anak didik
Kata Kunci: Desain Interior, Minat Belajar
xxii
ABSTRACT
Astriani, 2024. "Classroom Interior Analysis to Increase Students Interest in
Learning at TKIT Waladun Shalih Batu Luwu Regency". Early Childhood
Islamic Education Study Program Thesis. Supervised by: Dr. Fatmarida
Sabani., M.Ag. And Pertiwi Kamariah Hasis.S.Pd.,M.Pd
This thesis discusses classroom interior analysis to increase students' interest
in learning at TKIT Waladun Shalih Batu, Luwu Regency. This research aims to
provide an overview of classroom interior design at TKIT Waladun Shalih Batu,
Luwu Regency. And to find out how interior design can increase students' interest
in learning at TKIT Waladun Shalih Batu, Luwu Regency.
The research adopts a qualitative approach, a research method designed to
describe and analyze phenomena, events, social activities, attitudes, beliefs,
perceptions, and thoughts of individuals or groups. Data sources include primary
and secondary data, and the research instruments used for data collection are
documentation and observation. Data analysis involves data reduction, display,
conclusion drawing, and verification.
The research findings are as follows: (1) Spatial Arrangement, The
classroom B spatial arrangement at TKIT Waladun Shalih Batu is good, with
adequate circulation and zoning. However, the layout of furniture such as desks and
chairs during learning does not create an effective spatial arrangement, negatively
impacting students' learning interest. (2)Walls, The current condition of the walls
in classroom B at TKIT Waladun Shalih Batu has a negative effect on students'
focus and learning interest due to external noise. (3) Decoration or Accessories, The
decoration or accessories in classroom B at TKIT Waladun Shalih Batu are
sufficient and provide a sense of safety and comfort. However, there is a need for
improvement and reassessment of certain decorations or accessories important for
learning comfort, such as whiteboards and floor mats.(4) Lighting, The lighting in
classroom B at TKIT Waladun Shalih Batu has a positive effect on students'
learning interest. (5) Air Temperature/Circulation, The air temperature or
circulation in classroom B at TKIT Waladun Shalih Batu is excellent and positively
affects students' learning interest.
Keywords: Interior Design, Learning Interest
xxiii
خالصة
تت أستتتتتتتتتتت2024ل للل لت ل ال ا ت للل . "التحليلللل الللللافلل للدرلللللللللللللللل اللللل االللللللللللللل ل لللTKIT
Waladun Shalih Batu Luwu Regencyية ا الللللل مية االلللللة التر ". أطروحة رن مج
لللللا اللللللللللللللللل لللل نل. . لللل ط ر ل مرحلللللة ال دالللللة ال شرر . للللطملللللللللللللراM.Agلللل . و يرتياي كلللل مر
ايس.S.Pd.,M.Pd
ل لت ل ال ا ت ذه األطروحة التحليل اللافلل للدرللللللل الل االلللللل ل تن قشTKIT
Waladun Shalih Batu،Luwu Regency.لل مللة ل حللة للذا الشحللت دلم تمللل هللل
الترللل ي اللافلل للدرلللاا الل االللية لTKIT Waladun Shalih Batu،Luwu Regency.
ل لللل لت ل ال ا ت لللل للللل م اللللللافلل أال للترللللللللللللل ي ر لللة كيم ر ولTKIT Waladun
Shalih Batu، من مةLuwu.
ا الشحت النا ل، ناع الشحت ال سللللللللللللت لمة حت تسللللللللللللت ل لاظللللللللللللم وتحليل ال اا ر و ا طر
الن ك شللرل ر ي و ل م. ا و. تملاو والترللا او وأ ر ية وال ااقم وال واألحلاث واألنشلل ة اتمت
ل الشي ن و ل الشي ن و األولية والشي ن و الو نا ة. وأ واو الشحت ال سلللللللللللت لمة ل م الشي ن و مرللللللللللل
ح ة. تح التاثيق والا تمليل الشي ن و و رض الشي ن و و ا اتاتنت ج/التحمق. ليل الشي ن و ال ست ل
وت هر نت ئج الشحت؛ (1يط ال ر نل والتلاوا وتمسللللللللللللي ال ن طق ل الد ة ل الت )B TKIT
Waladun Shalih Batuتا ير ر حيت و م ًللح. اللللل فرائط اللر ميلًا ملًا ألنه سلللللت ل
اللللللللهالة الاة الت ر ال لحم و/األث ث ل يط لت الت ل ن ظللللللللاا وال روج. و ل الاقي ندسلللللللله،
يط ميل. ت ت دنشللللل ل ن وتو والرراالللللل أثن ل الت ل ، ل مول ال سلللللت لمه ال نلم ميلًا، ولر
لت ل . ( ال لم ا ت لذلك له تأثير اللللللللللللللشل2الح لل ل ) ال.ل اال، الاضلللللللللللللل.ل اال ل الدرللللللللللللللB
TKIT Waladun Shalih Batuسللللللش لت ل وا ت مه كي اللم تر له أ ضلللللل ًتأثير الللللللشل
ة. ( ف ج اللر م الضاض ل الر3أو ال لحم و ل الد ة أو ال لحم و، ال ف ) ال فB TKIT
Waladun Shalih Batuألم ال والرا من اللللللشة ت م ًوتا ر ملللللل ا ًان ك أال راال ذلك، . حة. وم
الللل را او أو ال لحملل و ال ه للة للت ل ال ر ، و ل السلللللللللللللشا او وحرلللللللللللللل ئر ومرام للة لل للل للل م تحسلللللللللللللي
األ ضللللية/السلللل. . (4ل الدرللللل ) ا ضلللل ل ، ا ضلللل لB TKIT Waladun Shalih Batuك ال له
لل لت ل . ( ال لم ا ت لل كشير تللأثير د .لل ل5مللة حرا )الهاال أو و انلله ل مللة حرا الهاال/تلللاوللله،
الدرلللللللللللللللB TKIT Waladun Shalih Batuال لم ا ت لل ميللل ملللًا ولهلل تللأثير د .لل ل
لت ل .
الكلم ت المف حية:لت ل

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 515 Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 27 Mar 2024 00:08
Last Modified: 27 Mar 2024 00:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8552

Actions (login required)

View Item View Item