PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK SUBTEMA CARA TUBUH MENGELOLAH UDARA BERSIH TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA KELAS V MI 21 AL-MANAR LAMONE KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU

BINTANG, BINTANG (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK SUBTEMA CARA TUBUH MENGELOLAH UDARA BERSIH TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA KELAS V MI 21 AL-MANAR LAMONE KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of SKRIPSI BINTANG (REPOSITORY).pdf] Text
SKRIPSI BINTANG (REPOSITORY).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Bintang, 2024. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Subtema Cara
Tubuh Mengelolah Udara Bersih Terintegrasi Ayat-ayat al-Qur‟an
Pada Kelas V MI 21 Al-Manar Lamone”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Muhaemin dan Mirnawati.
Skripsi ini merupakan penelitian Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Subtema Cara Tubuh Mengelolah Udara Bersih Terintegrasi Ayat-ayat al-Qur‟an
Pada Kelas V MI 21 Al-Manar Lamone. Penelitian yang dilakukan peneliti
bertujuan untuk: mengetahui analisis kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja
Peserta Didik Subtema Cara Tubuh Mengelolah Udara Bersih Terintegrasi Ayat-
ayat al-Qur‟an Pada Kelas V MI 21 Al-Manar Lamone; melakukan
pengembangan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Subtema Cara Tubuh
Mengelolah Udara Bersih Terintegrasi Ayat-ayat al-Qur‟an Pada Kelas V MI 21
Al-Manar Lamone; dan mengevaluasi validitas dan praktikalitas Pengembangan
Lembar Kerja Peserta Didik Subtema Cara Tubuh Mengelolah Udara Bersih
Terintegrasi Ayat-ayat al-Qur‟an Pada Kelas V MI 21 Al-Manar Lamone.
Penelitian yang dilakukan berjenis R&D (Research and Development) dengan
model pengembangan 4D (Four-D). Penelitian dilaksanakan di MI 21 Al-Manar
Lamone dengan cara mengobservasi proses pembelajaran serta mewawancarai
guru kelas. Dimana peserta didik sebagai subjek dan Lembar Kerja Peserta Didik
yang dikembangkan menjadi objeknya. Penilaian validitas produk menggunakan
instrumen angket dengan skala likert yang diisi oleh dosen ahli.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik yang
dievaluasi oleh 3 orang ahli yaitu ahli Agama dengan nilai 85% (kategori valid),
ahli materi dengan nilai 91,7% (kategori valid), dan ahli bahasa dengan nilai
91,7% (kategori valid) serta persentase rata-rata nilai dari ketiganya sebesar
89,3% (kategori valid). Sedangkan hasil uji praktikalitas menghasilkan nilai
persentase 82% (kategori sangat praktis). Nilai validitas dan praktikalitas yang
diperoleh tersebut menghasilkan simpulan bahwa produk Lembar Kerja Peserta
didik yang dikembangkan telah memenuhi aspek kelayakan dan kepraktisan serta
telah dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Penggunaan
tersebut berimplikasi pada mudahnya guru dalam memberikan pembelajaran dan
menjadi materi pembelajaran lebih efektif dipahami.
Kata kunci: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, Media Pembelajaran,
Materi IPA terintegrasi ayat-ayat al-Qur‟an Kelas V di MI 21 Al-
Manar Lamone
xxiii
ABSTRACT
Bintang, 2024. “Development of Student Worksheets on the Subtheme How the
Body Processes Clean Air, Integrated with al-Qur'an Verses in Class V
MI 21 Al-Manar Lamone”. Thesis for Madrasah Ibtidaiyah Teacher
Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training,
Palopo State Islamic Institute. Supervised by Muhaemin and Mirnawati.
This thesis is research into the development of a student worksheet on the
subtheme How the Body Manages Clean Air, Integrated with al-Qur'an Verses in
Class V MI 21 Al-Manar Lamone. The research carried out by the author aims to:
determine the needs analysis for developing student worksheets for the sub-theme
How the Body Manages Clean Air Integrated with al-Qur'an Verses in Class V MI
21 Al-Manar Lamone; carrying out the development of Student Worksheet
Development for the Subtheme How the Body Manages Clean Air Integrated with
al-Qur'an Verses in Class V MI 21 Al-Manar Lamone; and evaluating the validity
and practicality of developing a student worksheet on the subtheme How the Body
Manages Clean Air, Integrated with al-Qur'an Verses in Class V MI 21 Al-Manar
Lamone.
The research carried out is of the R&D (Research and Development) type with a
4D (Four-D) development model. The research was carried out at MI 21 Al-
Manar Lamone by observing the learning process and interviewing the class
teacher. Where students are the subject and the Student Worksheets that are
developed are the object. Product validity assessment uses a questionnare
instrument with a likert scale filled in by expert lecturers.
This research produced a product in the form of a Student Worksheet which was
evaluated by 3 experts, namely a Religion expert with a score of 85% (valid
category), a material expert with a score of 91.7% (valid category), and a
language expert with a score of 91.7% (valid category). valid) and the average
percentage value of the three is 89.3% (valid category). Meanwhile, the results of
the practicality test produced a percentage value of 82% (very practical category).
The validity and Practicality values obtained result in the conclusion that the
student worksheet product developed has fulfilees the feasibility and practicality
aspect and can be used as a tool in learning. This use has implications for making
it easier for teacher to provide learning and making learning material more
effectively understood.
Keywords: Development of Student Worksheets, Instructional Media, Integrated
Science Material with al-Qur‟an verses for Class V at MI 21 Al-
Manar Lamone
xxiv
خالصح
Bintang ،2024. "تطىير أوراق ػًم انطانثح حىل انًىضىع انفرػي كيف يتحكى انجسى في انهىاء
انُظيف، انًتكايم يغ اآلياخانقرآَيحنهصف انخايس MI 21 انًُار نًىٌ."
أطروحح نثرَايج دراسح تؼهيى انًؼهًي ٍ تانًذرسح اإلتتذاػيح، كهيح انترتيح وتذرية
انًؼهًيٍ، يؼهذ تانىتى اإلساليي انحكىيي. إشراف يهي ًٍ وييرَاواتي.َ
َْزَِاﻷطشٔحخَػجبسحَػٍَثحشَفَٙرطٕٚشَأٔساقَػًمَانطَلةَحٕلَانًٕضٕعَانفشػَٙكٛفَٚذٚشَانغغى
انٕٓاءَانُظٛفَانًزكبيمَيغَاٜٚبدَانمشآَٛخَفَٙانصفَانخبيظMI 21ََ٘انًُبسَاليٌٕ.َٚٓذفَانجحشَانز
َأعشا َِانجبحض ٌَٕئنٗ: َرحذٚذ َرحهٛم َاالحزٛبعبد َنزطٕٚش َأٔساق َػًم َانطَلة َنهًٕضٕع َانَفشػَٙكٛف َٚذٚش
انغغىَانٕٓاءَانُظٛفَانًزكبيمَيغَاٜٚبدَانمشآَٛخَفَٙانصفَانخبيظMI 21َََٙانًُبسَاليٌٕ؛َرُفٛزَرطٕٚش
َٔسلخ َػًم َانطبنت َنهًٕضٕع َانفشػ َٙكٛف َٚذٚش َانغغى َانٕٓاء َانُظٛف َانًزكبيم َيغ َاٜٚبد َانمشآَٛخ َف
انصفَانخبيظMI 21َََٛانًُبسَنًٌٕ؛َٔرمٕٚىَيذَٖصَلحٛخَٔئيكبَخَرطٕٚشَأٔساقَػًمَانطبنجخَنهًٕضٕع
انفشػَٙكٛفََٚذٚشانغغىَانٕٓاءَانُظٛفَانًزكبيمَيغَاٜٚبدَانمشآَٛخَنهصفَانخبيظMI 21َانًُبسَنًٌٕ. َ
َٙانجحشَانزَ٘رىَئعشاؤ ََِْٕيٍََٕعَانجحشَٔانزطٕٚشَ(انجحشَٔانزطٕٚش)َيغًََٕرطَرطٕٚشَسثبػَٙاﻷثؼبد
(سثبػَٙاﻷثؼبد).َرىَئعشاءَانجحشَفMI 21َََانًُبسَنًٌَٕيٍَخَللَيَلحظخَػًهٛخَانزؼهىَٔيمبثهخَيؼهى
انفصم.َحٛشَٚكٌَٕانطَلةَْىَانًٕضٕعَٔأٔساقَػًمَانطبنتَانزَٙرىَرطٕٚشْب ََْٙانكبئٍ.َٚغزخذوَرمٛٛى
صَلحٛخَانًُزظَأداحَاعزجٛبٌَيغَيمٛبطَنٛكشدَانزَ٘رىَيهإَِثٕاعطخَيحبضشٍَٚخجشاء.
َٗشك َْزا َانجحش َي ُزغًب َػه َأ َزظمَٔسلخَػًمَنهطَلةَرىَرمًٛٛٓبَيٍَلجم3ٍََٚخجشاء،َْٔىَخجٛشَانذَثذسعخ58ََ%َ(فئخ
صبنحخ)،َٔخجٛشَانًٕادَثذسعخ7..9َ%َ(فئخَصبنحخ)،َٔخجٛشَانًٕادَثذسعخ7..9ََ%َ(فئخَصبنحخ)،ََٔخجٛش
نغخ َثذسعخ7..9َ% َ(فئخ َصبنحخ) َٔيزٕعطَلًٛخَانُغجخَانًئٕٚخََْٕنهضَلصخ57.8(َ %َفئخَصبنحخ.)َُٛثًَب
حصهذ ََزبئظ َاالخزجبس َانؼًه َٙػه ََٗغجخ َيئٕٚخ َلذسْب58ََلح ٛخ َ٘ل ٛى َانص َٙعذاً). َرإد َ% َ(فئخ َانؼ ًه
ٍَٔانزطجٛكَانؼًهَٙانزَٙرىَانحصٕلَػهٛٓبَئنَٗاعزُزبطَيفبدَِأٌَيُزظَٔسلخَػًمَانطبنتَانزَ٘رىَرطٕٚشَِلذ
ّاعزٕف َٗعٕاَت َانغذ َٖٔٔانزطجٛك َانؼًه ًَٙٔٚكَاعزخذايََٗكأداح َف َٙانزؼهى.ْٔزا َاالعزخذاو َن َّآصبس َػه
رغٓٛمَلٛبوَانًؼهًٍَٛثزٕفٛشَانزؼهىَٔعؼمَانًٕادَانزؼهًٛٛخَيفٕٓيخَثشكمَأكضشَفؼبنٛخ.
ٌ انكهًاخ انًفتاحيح:تطىير أوراق ػًم انطالب، وسائم انتؼهى، يادج انؼهىو انًتكايهح يغ آياخ ي ٍ انقرآ
انكريى نهصف انخايس فيMI 21انًُار اليىَي

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 27 Mar 2024 00:55
Last Modified: 27 Mar 2024 00:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8563

Actions (login required)

View Item View Item