IRVAN, IRVAN (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMK NEGERI 1 PALOPO. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (145kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text
TESIS IRVAN (REPOSITORY).pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nama : Irvan
Program Strudi Pascasarjana IAIN Palopo : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Judul : Strategi Guru Pendidikan Agama
Islam dalam Pengembangan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di SMK Negeri
1 Palopo.
Masalah pokok penelitian tesis ini adalah Implementasi Nilai-Nilai
Pendidikan Multikultural di SMK Negeri 1 Palopo. Kemudian Strategi Guru PAI
dalam Pengembangan Nilai-Nilai Pendidian Multikultural, dan apa Faktor
Pendukung dan Penghambat dalam Proses Pengembangan Nilai-Nilai Pendidikan
Multikultural di SMK Negeri 1 Palopo.
Penelitian tesis ini menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Lokasi
penelitian di SMK Negeri 1 Palopo. Dengan metode observasi, wawancara,
dokumentasi. Data analisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan
vrifikasi data. Keabsahan data dengan menggunakan Atlas.ti
Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa di SMK Negeri 1 Palopo
telah mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan multikultural sebagai mana
terdapat pendidikan dalam Islam yang mencakup nilai kedamaian, nilai toleransi,
nilai keadilan, nilai kejujuran, nilai demokratis, nilai religius dan nilai
kebersamaan. Strategi pengembangan nilai-nilai pendidikan mutikultural di SMK
Negeri 1 Palopo menggunakan beberapa stratrgi meliputi metode ber-do‟a, baca
Al-Qur‟an setiap siswa, metode kerja kelompok, metode diskusi, dan metode
kerjasama duru dan orang tua murid. Hasil dari strategi pengembangan nilai-nilai
pendidikan multikultiral pada siswa yakni tumbuhnya sikap demokratis, toleransi,
keadilan, kedamaian, kejujuran, religius, kebersamaan, tidak terjadinya konflik
karena perbrdaan kultur budaya, ras, suku, status sosila dan agama. Sekolah
merupakan salah satu wadah pendidikan yang akan mencetak generasi bangsa dan
menentukan nasip bangsa dimasa yang akana datang dengan menggunakan
metode pembelajarang yang tepat.
Pendidikan terutama pendidikan agama merupakan sendi utama pengetahuan
dalam penerapan dan pengembangan pendidikan multikultural demi membentuk
sikap kepribadian siswa. Dalam proses pembelajaran tentu tidak akan berjalan
sesuai dengan keinginan pendidikan, mesti ada faktor pendukung dan
penghambat. Adapun faktor pendukung yang dialami guru PAI dalam proses
pengembangan nilai-nilai pendidikan multikultral mencakup lingkungan sekolah
stertegis dan mendukung, guru dan para staf sekolah mendukung serta kerja sama
dengan baik, perealisasian kurikulum jaga baik dan siswa meneriman metode
pembelajaran dangan baik. Adapun hal yang menjadi penghambat yaitu faktor
kurangnya sosialisasi mengenai multikultural, tidak adanya pamplet di mading
yang berbasis pendidikan multikultural, dan kurangnya keratifitas siswa tentang
pentingnya pendidikan multikutural.
ABSTRACT
Nam :Irvan
IAIN Palopo Postgraduate Study Program :Islamic Religious Education (PAI)
Title :Strategy for Islamic Religious
Education Teachers in the Development of Multicultural Education Values at
SMK Negeri 1 Palopo.
The main problem of this thesis research is how to implement the values of
multicultural education at SMK Negeri 1 Palopo. Then what is the PAI teacher's
strategy in developing multicultural educational values, and what are the
supporting and inhibiting factors in the process of developing multicultural
educational values at SMK Negeri 1 Palopo.
This thesis research uses descriptive qualitative research. The research
location is at SMK Negeri 1 Palopo. With the method of observation, interviews,
documentation. Data analysis by reducing data, presenting data, and verifying
data. Data validity using the Atlas.ti application
The findings in this study indicate that at SMK Negeri 1 Palopo it has
implemented the values of multicultural education as there is education in Islam
which includes tolerance values, peace values, tolerance values, justice values,
honesty values, democratic values, religious values and togetherness values. The
strategy for developing multicultural education values at SMK Negeri 1 Palopo
uses several strategies including prayer methods, reading the Koran for each
student, group work methods, discussion methods, and collaborative methods
between parents and students. The results of the strategy for developing
multicultural educational values in students are the growth of democratic attitudes,
tolerance, justice, peace, honesty, religion, togetherness, the absence of conflicts
due to differences in culture, race, ethnicity, social and religious status. School is a
place of education that will print the nation's generation and determine the nation's
destiny in the future by using appropriate learning methods.
Education, especially religious education, is the main joint of knowledge in
the application and development of multicultural education in order to shape
students' personality attitudes. In the learning process, of course, it will not go
according to the wishes of education, there must be supporting and inhibiting
factors. The supporting factors experienced by PAI teachers in the process of
developing multicultural educational values include a strategic and supportive
school environment, teachers and school staff who are supportive and work well
together, realize good curriculum and students accept learning methods well. As
for the things that become obstacles, namely the lack of socialization regarding
multiculturalism, the absence of pamphlets in magazines based on multicultural
education, and the lack of student creativity about the importance of multicultural
educati
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan psikologi > 153.4 Pemikiran, Pertimbangan, Intuisi, Nilai |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S.E Irwansyah Muchtar |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 00:52 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 00:52 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8596 |
Actions (login required)
View Item |