FASHION SEBAGAI BENTUK IDENTITAS SOSIAL MAHASISWA IAIN PALOPO

NURHIDAYAH, NURHIDAYAH (2024) FASHION SEBAGAI BENTUK IDENTITAS SOSIAL MAHASISWA IAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of REPOS.pdf] Text
REPOS.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhidayah, 2024. “Fashion Sebagai Bentuk Identitas Sosial Mahasiswa IAIN
Palopo”. Skripsi Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin
Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri. Dibimbing oleh Baso
Hasyim dan Saifur Rahman.
Skripsi ini membahas tentang fashion sebagai bentuk identitas sosial mahasiswa
IAIN Palopo. Penelitian ini bertujuan : 1)untuk mengetahui jenis fashion
dikalangan mahasiswa IAIN Palopo; 2)untuk mengetahui Faktor yang
mempengaruhi terjadinya pemilhan fashion mahasiswa; 3)untuk mengetahui
dampak sosial dari pemilihan fashion yang digunakan oleh mahasiswa. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini Teori Identitas Sosial. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi.
Informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang informan. Data penelitian ini
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1)fashion dikalangan mahasiswa IAIN Palopo ada dua jenis
yaitu fashion modern dan klasik. Fashion yang mendominasi dikalangan
mahasiswa IAIN Palopo itu sebagian besar fashion modern dengan bentuk
minimalist style, casual style, edgy style, urban chic style. dan sebagian juga lebih
suka fashion klasik dengan bentuk vintage style dan layering style klasik sebab
mempunyai daya tarik tersendiri. Penggunaan fashion sebagai penentu kelas sosial
dalam kelompok atau circle pertemanan sebagai suatu bentuk identitas sosial;
2)faktor penyebab yang mempengaruhi terjadinya pemilihan fashion pada
mahasiswa ialah a.sosial media, b. Kelompok pertemanan,c. Kepribadian;
3)Pemilihan fashion pada mahasiswa berdampak positif dengan peningkatan rasa
percaya diri dan solidaritas kelompok. Namun, juga dapat menimbulkan dampak
negatif seperti polarisasi, perbandingan antar kelompok, dan potensi
ketidaksetaraan sosial serta perasaan terkucil bagi yang tidak mengikuti tren.
Kata Kunci : Fashion, Identitas Sosial, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 302.072 Metode Riset Penelitian Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Sosiologi Agama
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:11
Last Modified: 28 Mar 2024 01:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8600

Actions (login required)

View Item View Item