PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MALILI

NAIRINCY, TITIN (2024) PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MALILI. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of SKRIPSI Titin Nairincyy (REPOSITORY).pdf] Text
SKRIPSI Titin Nairincyy (REPOSITORY).pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Titin Nairincy, 2024 “ Profil Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah
Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 3 Malili” Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muh. Hajarul Aswad A dan Sitti Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang profil metakognisi siswa dalam
memecahkan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Malili. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan
kemampuan metakognisi siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang
dan rendah dalam memecahkan masalah matematika soal cerita pembahasan
SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 3 Malili.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatakan deskriptif. Instrument dalam penelitian ini yaitu lembar tes
kemampuan matematika, lembar tes kemampuan metakognisi dalam
memecahkan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan matematika, tes
kemampuan metakognisi dalam memecahkan masalah matematika dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan triangulasi yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil deskripsi dan analisis data dalam penelitian ini diperoleh bahwa: (1)
subjek metakognisi siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam
memecahkan masalah matematika memenuhi ketiga indikator metakognisi yaitu
baik. (2) subjek metakognisi siswa yang berkemampuan matematika sedang
dalam memecahkan masalah matematika memenuhi dua indikator metakognisi
yaitu cukup. (3) subjek metakognisi siswa yang berkemampuan matematika
rendah dalam memecahkan masalah matematika memenuhi satu indikator
metakognisi yaitu kurang.
Kata kunci : Metakognisi, Pemecahkan Masalah Matematika, Kemampuan
Matematika Siswa
xxiv
ABSTRACT
Titin Nairincy, 2024 “Profile of Students‟ Metacognition in Solving
Mathematical Problems on the Nathematical Abilities of Class VIII Students
SMP Negeri 3 Malili” Thesis of the Mathematics Education Study Program,
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic Institute.
Supervised by Muh. Hajarul Aswad A dan Sitti Zuhaerah Thalhah.
This thesis discusses the profile of students‟ metacognition in solving the
main mathematical on the mathematical abilities og grade VIII students SMP
Negeri 3 Malili. The aim of this thesis is to analyze students‟ metacognition in
solving mathematicals problems on the subject of two – variable linear equation
systems based on students‟ mathematical abilities.
This research uses qualitative research with a descriptive approach.
Research data sources are primary data sources and secondary data sources.
The instruments in this research are a mathematical ability test sheet, a
metacognition ability test sheet in solving mathematical problems and an intervie
guide. The data collection techniques used were mathematical ability tests,
metacognition ability tests in solving mathematical problems and interview. Data
analysis techniques using triangulation (data reduction, data presentation and
conclusion drawing).
Based on the analysis carried out, it as obtained that students‟
metacognitive abilities in solving mathematical problems were based on
students‟mathematical abilities as followa :(1) high category mathematical ability
subjects could fulfill all metacognitive indicators, namely good. (2) Mathematics
ability subjects in the moderate category were only able to fulfill two of the three
metacognition indocators, namely enough. (3) Low category mathematics ability
subjects can only meet one indicator of metacognition, namely not enough.
Keywords : Metacognition. Solving Mathematical Problems, Students‟
Mathematical Abilities
xxv
تجرٌدي
، ًِ ت ٍِت ٍِه ُ وَا ٌِرِوْس٠٢٠٢ ِ، "ﻣُﻠْف ُ حَفَكُّز ِ اﻟطُّالَب ِ فِي عَﻞ ِّ ﻣُشَكَّالَثاﻟزِّيَاضِيَّاث ِ بِﻨَاء ً عَﻠَى ِ
قُدْرَاحِﻬِﻢ ُ اﻟزِّيَاضِيَّت ِ ﻟِطُالَّب ِ اﻟصَّف ِّ اﻟزَّاﻣِﻦ ِ فِي ﻣَدْرَسَت ِ رَاﻧَﻮِيَّت ِ اﻟدُّﻭْﻟَت ِ رَقْﻢ٣ﻣَاﻟِيﻠِي"، ِ
رِسَاﻟَت ُ بَزْﻧَاﻣَش ِ ﺩرَاسَاث ِ اﻟخَّعْﻠِيﻢ ِ اﻟزِّيَاضِيِّ، كُﻠِّيَّت ِ اﻟخَّزْبِيَت ِ ﻭَعُﻠُﻮﻡ ِ اﻟخَّعْﻠ ِيﻢِ، صَاﻣِعَت ِ
ا ْلِْسْالَﻣِيَّت ِ اﻟْغُكُﻮﻣِيَّت ِ بَاﻟُﻮْبُﻮ. بِئِشْزَاف ِ كُﻞ ِّ ﻣُغَﻤَّد ِ عَضَز ِ األَْسْﻮَﺩ ِ ﻭَسِيخِي سُﻫَيْزَة ِ ﻁَﻠْغَت.
ح ِخخﻨاﻭالﻟدُّﻭْﻟَت ِ رَقْﻢ٣ِفِي ﻣَاﻟِيﻠِي. يَﻬْدِف ُ اﻟبَغْذ ُ إِﻟَى ﻭَصْف ِ قُدراث ِ "ﻣُﻠْف ِ حَفَكُّز
ﺫُﻭﻱ اﻟطُّالَبِ" ِِّ ﻣُشَكَّالَث عَﻞ ِ فِي ِ ﻭَاﻟﻤُﻨْخَفِضَت ِ ﻭَاﻟﻤُخَﻮَسِّطَت ِ اﻟعَاﻟِيَت ِ اﻟزِّيَاضِيَّت اﻟقُدْرَاث َّ
اﻟزِّيَاضِيَّاثِ، ﻣَزْﻞ َ ﻣُشَكَّالَث ِ اﻟضَبْز ِ ﻭَاﻟخَّفَاضُﻞ ِ ﻭَاﻟخَّكَاﻣُﻞِ، فِي اﻟصَّف ِّ اﻟزَّاﻣِﻦ ِ فِي ﻣَدْرَسَت ِ رَاﻧَﻮِي ِت ِ
اﻟدُّﻭْﻟَت ِ رَقْﻢ٣فِي ﻣَاﻟِيﻠِي.ِﻫذﻩ اﻟزساﻟت ﺩراست "ﻣُﻠْف ُ حَفَكُّز ِ اﻟطُّالَبِ" في عَﻞ ِّ ﻣُشَكَّالَث ِ
اﻟزِّيَاضِيَّاث ِ بِﻨَاء ً عَﻠَى قُدْرَاحِﻬِﻢ ُ اﻟزِّيَاضِيَّت ِ ﻟِطُالَّب ِ اﻟصَّف ِّ اﻟزَّاﻣِﻦ ِ في ﻣَدْرَسَت ِ رَاﻧَﻮِيَّتِ
اﻟْبَغْذ ُ اسْخَخَدَﻡ َ ﻧَﻮْعًا ﻣِﻦ ْ أَﻧْﻮَاﻉ اﻟْبَغْذاﻟﻨَّﻮْعِي َّ بِﻨَﻬْش ٍ ﻭَصْفِيّ. األَْﺩَﻭَاث ُ اﻟْﻤُسْخَخْدَﻣَت ُ فِي
اﻟْبَغْذ ِ حَشْﻤَﻞ ُ ﻭَرَقَت ُ اخْخِبَار ِ اﻟْقُدْرَة ِ اﻟزِّيَاضِيَّتِ، ﻭَرَقَت ُ اخْخِبَار ِ اﻟْقُدْرَة ِ عَﻠَى اﻟخَّفَكُّز ِ اﻟذَّا ِّحِي ِّ فِي عَﻞ
ﻣُشْكِالَث ِ اﻟزِّيَاضِيَّاثِ، ﻭَﺩَﻟِيﻞ ُ اﻟْﻤُقَا ِبَﻠَتِ. حَقْﻨِيَاث ُ صَﻤْع ِ اﻟْبَيَاﻧَاث ِ اﻟخِّي اسْخُخْدِﻣَج ْ ﻫِي َ اخْخِبَار ُ اﻟْقُدْرَة َ
اﻟزِّيَاضِيَّتِ، ﻭَاخْخِبَار ُ اﻟْقُدْرَة ِ عَﻠَى اﻟخَّفَكُّز ِ اﻟذَّاحِي ِّ فِي عَﻞ ِّ ﻣُشْكِالَث ِ اﻟزِّيَاضِيَّاثِ، ﻭَاﻟْﻤُقَاب ُﻠَتِ. حَقْﻨِيَاث ِ
حَغْﻠِيﻞ ِ اﻟْبَيَاﻧَاثَحَشْﻤَﻞ ُ اﻟخَّزْﻠِيذَ، ﻭَاﻟَّذِﻱ يَخْضَﻤَّﻦ ُ حَقْﻠِيﻞ َ اﻟْبَيَاﻧَاثِ، ﻭَحَقْدِيﻢ َ اﻟْبَيَاﻧَاثِ، ﻭَاسْخِخْزَاس ِ
االِسْخِﻨْخَاصَاث.
ﻧَخَائِش ُ اﻟْﻮَصْف ِ ﻭَحَغْﻠِيﻞ ِ اﻟْبَيَاﻧَاث ِ فِي ﻫَذِﻩ ِ اﻟدّراسَت حُﻮضِظ ُ ﻣَا يَﻠِي:(١) اﻟطّالب اﻟّذِيﻦ ْ
يَﻤْخَﻠِكُﻮﻥ َ قُد ِرَاث ٍ رِيَاضِيَّت ً عَاﻟِيَت ً فِي عَﻞ ِّ اﻟْﻤَسَائِﻞ ِ اﻟزِّيَاضِيَّت ِ يَسْخَﻮْفُﻮﻥ َ اﻟزَّالَرَت َ ﻣُؤَشِّزَاث ِ اﻟْﻮَعْي
اﻟذَّاحِي ِّ بِشَكْﻞ ٍ صَيِّد(٢ ِ) اﻟطّالب اﻟّذِيﻦ َ يَﻤْخَﻠِكُﻮﻥ َ قُدْرَاث ٍ رِيَاضِيَّت ً ﻣُخَﻮَسِّطَت ً فِي عَﻞ ِّ اﻟْﻤَسَائِﻞ ِ
اﻟزِّيَاضِيَّتيَسْخَﻮْفُﻮﻥ َ ارْﻨَيْﻦ ِ ﻣِﻦ ْ ﻣُؤَشِّزَاث ِ اﻟْﻮَعْي ِ اﻟذَّاحِي ِّ بِشَكْﻞ ٍ ﻣُقَبَّﻞٍ(٣ َ) اﻟطّالب اﻟّذِيﻦ يَﻤْخَﻠِكُﻮﻥ َّ
قُدْرَاث ٍ رِيَاضِيَّت ً ﻣُﻨْخَفِضَت ً فِي عَﻞ ِّ اﻟْﻤَسَائِﻞ ِ اﻟزِّيَاضِيَّت ِ يَسْخَﻮْفُﻮﻥ َ ﻣُؤَشِّزًا ﻭَاعِدًا ﻟِﻠْﻮَعْي ِ اﻟذ ِّاحِي ٍ
بِشَكْﻞٍغَيْز ِ كَاف.
انكهمات انرئٍسٍة ِ: اﻟﻤَيْخاكُﻮصيﻨِيسِي، عَﻞ ُّ اﻟْﻤُشَاكِﻞ ِ اﻟزِّيَاضِيَّتِ، قُدْرَاث ُ ﻁُالَّب ِ اﻟزِّيَاضِيَّاث

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:26
Last Modified: 28 Mar 2024 01:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8603

Actions (login required)

View Item View Item