ANALISIS KESALAHAN SISWA UPT SMPN 1 MASAMBA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

MUSA, ALFIA ANDINI (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA UPT SMPN 1 MASAMBA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of skripsi Alfia Andini Musa (REPOSITORY).pdf] Text
skripsi Alfia Andini Musa (REPOSITORY).pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Alfia Andini Musa, 2023. ―Analisis Kesalahan Siswa UPT SMPN 1 Masamba
dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Berdasarkan Kriteria
Watson ditinjau dari Gaya Belajar”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Nasaruddin dan Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang kesalahan siswa UPT SMPN 1 Masamba
dalam menyelesaikan soal kontestual berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari
gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang
dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual berdasarkan kriteria
Watson ditinjau dari gaya belajar dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang
menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal kontekstual
berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari gaya belajar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek berdasarkan 2 siswa dengan masing-
masing gaya belajar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket
gaya belajar, lembar tes kontestual, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data dalam penelitian ini diperoleh
jenis kesalahan siswa kelas IX.4 UPT SMPN 1 Masamba yaitu pada gaya belajar
visual jenis kesalahan yaitu data hilang (ommited data/od), konflik level respon
(response level conflict/rlc), dan masalah hirarki keterampilan (skills hirarchy
problem/shp). Gaya belajar auditorial yakni data hilang (ommited data/od),
kesimpulan hilang (ommited conclution/oc), dan masalahan hirarki keterampilan
(skills hirarchy problem/shp). Terakhir gaya belajar kinestetik yaitu prosedur
tidak tepat (inappropriate procedure/ip) masalah hirarki ketrampilan (skills
hirarchy problem), kesimpulan hilang (ommited conclution/oc), manipulasi tidak
langsung (undirected manipulation/um) dan selain ketujuh kriteria (above
other/ao). Faktor-faktor siswa kelas IX.4 UPT SMPN 1 Masamba adalah siswa
kurang menguasai materi Sistem persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan
tidak mengulang kembali pelajaran materi SPLDV di rumah sehingga cara yang
digunakan kurang tepat, siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal atau tidak
teliti, siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan, dan siswa tidak
memahami cara yang digunakan untuk menyelesaikan soal sehingga waktu yang
diberikan sudah habis dan tidak menuliskan jawaban.
Kata Kunci: Analisi Kesalahan, Soal Kontekstual, Kriteria Waston, Gaya
Belajar.
xxi
ABSTRACT
Alfia Andini Musa, 2023. "Analysis of Errors of UPT SMPN 1 Masamba
Students in Solving Contextual Problems Based on Watson
Criteria in terms of Learning Style". Thesis of the
Mathematics Education Study Program, Faculty of Tarbiyah
and Teacher Training at the Palopo State Islamic Institute.
Guided by Nasaruddin and Muhammad Ihsan.
This thesis discusses the mistakes of UPT SMPN 1 Masamba students in
solving contestual questions based on Watson criteria in terms of learning style.
This study aims to determine the types of mistakes made by students in solving
contextual problems based on Watson criteria in terms of learning style and find
out what factors cause students to make mistakes in solving contextual problems
based on Watson criteria in terms of learning style.
This research uses a type of qualitative research with a qualitative
descriptive approach. Subject retrieval based on 2 students with each learning
style. The research instruments used were learning style questionnaire sheets,
contestual test sheets, and interview guidelines. Data analysis techniques used
include data reduction, data presentation, and conclusions.
Based on the results of the description and data analysis in this study, the
types of errors obtained by grade IX.4 students of UPT SMPN 1 Masamba,
namely the visual learning style of the types of errors, namely ommited data (od),
response level conflict (rlc), and skills hierarchy problem (shp). Auditorial
learning styles include ommited data (od), ommited conclution (oc), and skills
hierarchy problems (shp). Finally, kinesthetic learning styles are inappropriate
procedures (ip), skills hierarchy problems, ommited conclusions (OC), indirect
manipulation (um), and other than seven criteria (above other / ao). The factors of
grade IX.4 UPT SMPN 1 Masamba students are that students do not master the
Two Variable Linear Equation System (SPLDV) material and do not repeat the
SPLDV material lessons at home so that the method used is not right, students are
in a hurry to do the questions or are not careful, students are less careful in doing
calculations, and students do not understand the method used to solve the
questions so that the time given has run out and they do not write down the
answers.
Keywords: Error Analysis, Contextual Problems, Waston Criteria, Learning
Style.
i
تجرٌدي
ألفٍا أندٌن ً موسى ،0202."
رح١ٍ ً أخطبء طَلةUPT SMPN 1 Masamba
ف ٟ ح ً اٌّؾىَلد اٌغ١بل١خ ثٕبء ػ ٍٝ ِؼب١٠شWatson
ِٓ ح١ش أعٍٛة اٌزؼٍُ".أطشٚحخ َِٟل
ثشٔبِج دساعخ رؼ١ٍ ُ اٌش٠بض١بد ، و١ٍخ اٌزشث١خ ٚرذس٠ت اٌّؼ١ٍّ ٓ ف ٟ ِؼٙذ ثبٌٛث ٛ اإلعٛ
اٌحىِٟ. ثزٛج١ ٗ ِٓ ٔصش اٌذ٠ ٓ ٚدمحم إحغبْ.
رٕبلؼ ٘ز ٖ األطشٚحخ أخطبء طَلةUPT SMPN 1 Masambaف ٟ ح ً األعئٍخ
اٌّزٕبفغخ ثٕبء ػ ٍٝ ِؼب١٠شWatsonِٓ ح١ش أعٍٛة اٌزؼٍُ. رٙذف ٘ز ٖ اٌذساعخ إ ٌٝ رحذ٠ذ
أٔٛاع األخطبء اٌز ٟ ٠مغ ف١ٙب اٌطَلة ف ٟ ح ً اٌّؾىَلد اٌغ١بل١خ ثٕبء ػ ٍٝ ِؼب١٠ش ِٓ ْٛٚارغ ً
ح١ش أعٍٛة اٌزؼ ٍُ ِٚؼشفخ اٌؼٛا ًِ اٌز ٟ رزغجت ف ٟ اسرىبة اٌطَلة أخطبء ف ٟ ح
اٌّؾىَلد اٌغ١بل١خ ثٕبء ػ ٍٝ ِؼب١٠ش ٚارغ ْٛ ِٓ ح١ش أعٍٛة اٌزؼٍُ.
ِٓ اٌجحش إٌٛػ ٟ ثّٕٙج ٚصف ٟ ٔٛػٟ. اعزشجبع ٠غزخذ َ ٘زا اٌجحش ٔٛػب
اٌّٛضٛع ػ ٍٝ أعبط2ٟ٘ طَلة ِغ و ً ّٔظ اٌزؼٍُ. وبٔذ أدٚاد اٌجحش اٌّغزخذِخ
أٚساق اعزج١ب ْ أعٍٛة اٌزؼ ٍُ ، ٚأٚساق االخزجبس اٌزٕبفغ ٟ ، ٚإسؽبداد اٌّمبثٍخ. رؾ ًّ رم١ٕبد
رح١ٍ ً اٌج١بٔبد اٌّغزخذِخ رم١ٍ ً اٌج١بٔبد ٚػشض اٌج١بٔبد ٚاالعزٕزبجبد.
ثٕبء ػ ٍٝ ٔزبئج اٌٛصف ٚرح١ٍ ً اٌج١بٔبد ف ٟ ٘ز ٖ اٌذساعخ ، ر ُ رحذ٠ذ أٔٛاع األخطبء
اٌز ٟ حص ً ػ١ٍٙب طَلة اٌصف اٌزبعغ4ِٓUPT SMPN 1 Masambaأعٍٛة ٟ٘ٚ ، ٟ٘ٚ
اٌزؼ ٍُ اٌّشئ ٟ ألٔٛاع األخطبء ،
اٌج١بٔبد اٌّحزٚفخ (od، )
ٚرؼبسض ِغز ٜٛ االعزجبثخ
(RLC، )
ِٚؾىٍخ اٌزغٍغ ً اٌٙش ِٟ ٌٍّٙبساد (SHP ٟ). رزض ّٓ أعب١ٌت اٌزؼ ٍُ اٌغّؼ
اٌج١بٔبد اٌّحزٚفخ (od، )
ٚاعزٕزبجommitrd (oc، )
ِٚؾبو ً اٌزغٍغ ً اٌٙش ِٟ ٌٍّٙبساد
(shp ٟ٘). أخ١شا ، أعب١ٌت اٌزؼ ٍُ اٌحشو١خ
إجشاءاد غ١ش ِٕبعجخ (IP، ) ً
ِٚؾبو ً اٌزغٍغ
اٌٙش ِٟ ٌٍّٙبساد،
ٚاالعزٕزبجبد اٌّحزٚفخ (OC، )
ٚاٌزَلػت غ١ش اٌّجبؽش (um
) ، ٚغ١ش
عجؼخ ِؼب١٠ش (
فٛق أخش ٜ /ao.)ػٛا ًِ اٌصفIX.4 UPT SMPN 1 Masamba
ٟ٘ أ ْ اٌطَلة ال ٠زم ْٕٛ ِبدح ٔظب َ اٌّؼبدالد اٌخط١خ اٌّزغ١شح ( اٌطَلةSPLDV) ٚال
٠ىشس ْٚ دسٚط ِبدحSPLDVف ٟ إٌّضي ثح١ش رى ْٛ اٌطش٠مخ اٌّغزخذِخ غ١ش صح١حخ ،
ٚاٌطَلة ف ٟ ػجٍخ ِٓ أِش ُ٘ ٌٍم١ب َ ثبألعئٍخ أ ٚ ١ٌغٛا حزس٠ ٓ ، ٚاٌطَلة أل ً حزسا ف ٟ إجشاءٍّ
اٌؼ١بد اٌحغبث١خ ، ٚاٌطَلة ال ٠ف ّْٙٛ اٌطش٠مخ اٌّغزخذِخ ٌح ً األعئٍخ ثح١ش ٠ى ْٛ اٌٛلذ
اٌّؼط ٝ لذ ٔفذ ٚال ٠ىزج ْٛ اإلجبثبد.
الكلمات المفتاحٍة:األخطبء ، اٌّؾىَلد اٌغ١بل١خ ، ِؼب١٠شWaston ٍُ، أعٍٛة اٌزؼ

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 515 Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:25
Last Modified: 28 Mar 2024 02:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8610

Actions (login required)

View Item View Item