HASDA, HASDA (2024) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR DENGAN TEKNIK MODELING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 WALENRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (116kB) |
|
Text
pustaka.pdf Download (237kB) |
|
Text
REPOS.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hasda, 2024. “Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Mengurangi Kejenuhan
Belajar dengan Teknik Modeling pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5
Walenrang"Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Hj.
Nuryani, M.A dan Bapak Bahtiar S.Sos.M.Si
Penelitian ini membahas tentang upaya guru bimbingan konseling dalam
mengurangi kejenuhan belajar dengan teknik modeling pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 5 Walenrang. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu untuk
mengetahui upaya guru bimbingan konseling dalam mengurangi kejenuhan
belajar penerapan dengan teknik modelling pada peserta didik SMP Negeri 5
Walenrang.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode
penelitian lapangan (field research). Pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian didapatkan dari data
primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kejenuhan belajar pada siswa
kelas VIII SMP Negeri 5 Walenrang meliputi beberapa indikator seperti: tidak
mengerjakan tugas yang diberikan guru, hasil ujian semester rendah dalam
beberapa mata pelajaran, tidur di dalam kelas, mengganggu teman saat jam
pelajaran berlangsung, tidak bersemangat dalam mengerjakan tugas, ribut ketika
guru menjelaskan, dan memainkan handphone saat proses belajar. Adapun upaya
guru bimbingan konseling dalam mengurangi kejenuhan belajar dengan teknik
modeling pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Walenrang meliputi pertama:
memberikan konseling untuk mengurangi kejenuhan belajar dengan teknik
modeling penokohan simbolik menggunakan video. Kedua, menjelaskan tujuan
kegiatan agar siswa mengetahui penyebab kejenuhan belajar yang terjadi pada
dirinya, kemudian mengarahkan siswa untuk meniru model yang ditampilkan
dalam mengurangi kejenuhan belajar. Ketiga, memberikan pekerjaan rumah
kepada siswa yang berisi tentang perilaku yang harus dilakukan. Setelah semua
tahap kegiatan terlaksana kemudian diadakan evaluasi.
Kata Kunci: Bimbingan konseling, kejenuhan belajar, modeling
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 05:50 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 05:50 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8618 |
Actions (login required)
View Item |