PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN MENULIS CEPAT (FASTWRITING) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA POKOK BAHASAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09 MATTEKKO PALOPO

HASNATANG, HASNATANG (2022) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN MENULIS CEPAT (FASTWRITING) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA POKOK BAHASAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09 MATTEKKO PALOPO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of SKRIPSI HASNATANG (REPOSITORY).pdf] Text
SKRIPSI HASNATANG (REPOSITORY).pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Hasnatang, 2022. “Pengembangan Metode Pembelajaran Menulis Cepat
(fastwriting) Berbasis Multiple Intelligences pada Pokok
Bahasan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V
Sekolah Dasar Negeri 09 Mattekko Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Abdul Pirol
dan Edhy Rustan.
Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Metode Pembelajaran
Fastwriting Berbasis Multiple Intelligences Pokok Bahasan Menulis
Karangan Narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur
validitas pengembangan metode pembelajaran fastwriting berbasis
multiple intelligences. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
atau research and development (R&D) yang berorientasi mengembangkan
metode fastwriting berbasis multiple intelligences mengacu kepada model
pengembangan modifikasi Dick and Carrey dan Joyce and weil dengan
tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan desain, validasi ahli dan
revisi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 09 Mattekko
Palopo dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V. Untuk mengetahui
tingkat kevalidan produk yang dikembangkan dilakukan uji validitas oleh
validator ahli materi, ahli bahasa dan guru mata pelajaran. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran fastwriting berbasis
multiple intelligences termasuk kategori sangat valid berdasarkan
penilaian ahli materi dengan persentase 87,5%, ahli bahasa 75% dan ahli
pembelajaran di kelas V dengan persentase 100%.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Menulis Cepat, Multiple Intelligences,
Menulis Karangan Narasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 03 Apr 2024 00:41
Last Modified: 03 Apr 2024 00:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8645

Actions (login required)

View Item View Item