PENGARUH BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL PADA PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR CABANG PALOPO

YUSUF, ROSTINA (2024) PENGARUH BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL PADA PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR CABANG PALOPO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Rostina Yusuf. 2023. “Pengaruh Bauran Pemasaran (4p) Terhadap Keputusan
Pembelian Mobil Pada PT Bosowa Berlian Motor Cabang Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Burhan Rifuddin,S.E.,M.M.
Penelitian ini membahas permasalahan yang berkenan dengan keputusan
pembelian, dan permasalahan yang ada didalam penelitian ini yaitu apakah produk
ada pengaruh terhadap keputusan pembelian mobil pada PT Bosowa Berlian
Motor Cabang Kota Palopo, apakah harga ada pengaruh terhadap keputusan
pembelian mobil pada PT Bosowa Berlian Motor Cabang Kota Palopo, apakah
lokasi ada pengaruh terhadap keputusan pembelian mobil pada PT Bosowa
Berlian Motor Cabang Kota Palopo dan apakah promosi ada pengaruh terhadap
keputusan pembelian mobil pada PT Bosowa Berlian Motor Cabang Kota Palopo.
Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran
pemasaran (4p) terhadap keputusan pembelian mobil pada PT Bosowa Berlian
Motor Cabang Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Populasinya dalam
penelitian ini yaitu konsumen yang melakukan pembelian mobil pada PT Bosowa
Berlian Motor Cabang Kota Palopo. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik probability sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 71 orang.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan membagikan kuesioener.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi
linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji t variabel produk
berpengaruh signifikan nilai thitung 5,915 > ttabel 1,668, uji t variabel harga
berpengaruh signifikan nilai thitung 2.205 > ttabel 1,668, uji t variabel promosi
berpengaruh signifikan nilai thitung 2,359 > ttabel 1,668, dan uji t variabel lokasi
berpengaruh signifikan nilai thitung 3,363 > ttabel 1,668, jadi variabel produk, harga,
promosi, dan lokasi terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian mobil pada
PT Bosowa Berlian Motor Cabang Kota Palopo. Terdapat pengaruh produk,
harga, promosi dan lokasi secara simultan terhadap keputusan pembelian mobil
pada PT Bosowa Berlian Motor Cabang Kota Palopo.
Kata Kunci : Produk, Harga, Lokasi, Promosi, keputusan pembelian
xxiii
ABSTRACT
Rostina Yusuf. 2023 "The Influence of Marketing Mix (4p) on Car Purchasing
Decisions at PT Bosowa Berlian Motor, Palopo City
Branch". Sharia Business Management Study Program
Thesis, Faculty of Economics and Islamic Business, Palopo
State Islamic Institute. Supervised by Burhan Rifuddin,
S.E., M.M.
This research discusses problems related to purchasing decisions, and the
problems in this research are whether the product has an influence on the decision
to purchase a car at PT Bosowa Berlian Motor Palopo City Branch, whether price
has an influence on the decision to purchase a car at PT Bosowa Berlian Motor
City Branch Palopo, does location have an influence on the decision to purchase a
car at PT Bosowa Berlian Motor, Palopo City Branch and does promotion have an
influence on the decision to purchase a car at PT Bosowa Berlian Motor, Palopo
City Branch.
Thus, this research aims to determine the influence of the marketing mix (4p) on
car purchasing decisions at PT Bosowa Berlian Motor, Palopo City Branch. The
type of research used in this research is descriptive research with a quantitative
approach. The population in this research is consumers who purchase cars at PT
Bosowa Berlian Motor, Palopo City Branch. Sampling was carried out using
probability sampling technique. The sample used was 71 people. Data collection
was carried out by observation and distributing questionnaires.
The data analysis technique used in this research is multiple linear regression
analysis. The results of the research show that in the t test the product variable has
a significant effect on the value of tcount 5.915 > ttable 1.668, the t test on the
price variable has a significant effect on the value of tcount 2.205 > ttable 1.668,
the t test on the promotion variable has a significant effect on the value of tcount
2.359 > ttable 1.668, and the t test on the location variable has an effect The
significant value of tcount is 3.363 > ttable 1.668, so the product, price, promotion
and location variables have an influence on car purchasing decisions at PT
Bosowa Berlian Motor, Palopo City Branch. There is a simultaneous influence of
product, price, promotion and location on car purchasing decisions at PT Bosowa
Berlian Motor, Palopo City Branch.
Keywords: Product, Price, place, Promotion, purchasing decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 04 Apr 2024 01:17
Last Modified: 04 Apr 2024 01:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8655

Actions (login required)

View Item View Item