SELVIANA, SELVIANA (2024) IMPLEMENTASI METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VI DI MIS 01 BONEPUTE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Abstract
ABSTRAK
Selviana, 2023. “Implementasi Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Akidah 
akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VI di MIS 01 
Bonepute”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas 
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri palopo. 
Dibimbing oleh H. M. Arief R, dan Ervi Rahmadani.
Skripsi ini membahas tentang peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 
VI dengan menggunakan metode card sort pada mata pelajaran akidah akhlak di 
MIS 01 Bonepute. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui penerapan metode 
card sort dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan hasil belajar 
peserta didik di kelas VI di MIS 01 Bonepute, mengetahui peningkatan hasil belajar 
pembelajaran Akidah Akhlak dengan metode card sort di kelas VI di MIS 01 
Bonepute.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada tiap siklus 
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 
peserta didik kelas VI sebanyak 9 peserta didik di MIS 01 Bonepute. Instrumen 
penelitian meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar 
observasi peserta didik dan soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan 
observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterlaksanaan 
pembelajaran dengan menggunakan metode card sort dalam pembelajaran akidah 
akhlak, dilihat dari observasi keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh 
persentase 71,25% masuk pada kategori cukup sedangkan siklus II diperoleh 
persentase 87,5% masuk pada kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik dengan 
menggunakan metode card sort dalam pembelajaran akidah akhlak pada siklus I 
diperoleh persentase 71% masuk pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II 
diperoleh persentase 89% masuk pada kategori sangat baik. Hasil tes belajar peserta 
didik pada siklus I mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode 
card sort diperoleh ketuntasan 55,5% yang tuntas dengan nilai mencapai KKM 
sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar yang diperoleh adalah 100%.
Kata Kunci: Akidah Akhlak, Hasil Belajar, Metode Card Sort
xxiii
ABSTRACT
Selviana, 2023. "Implementation of the Card Sort Method in Learning Moral 
Creeds to Improve Class VI Learning Outcomes at MIS 01 Bonepute". 
Thesis of the Islamic Religious Education Study Program, Faculty of 
Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic Institute. 
Supervised by H. M. Arief R, and Ervi Rahmadani,
This thesis discusses improving the learning outcomes of class VI students 
by using the card sort method in the subject of moral beliefs at MIS 01 
Bonepute.This research aims to: determine the application of the card sort method 
in learning Aqidah Akhlak in improving the learning outcomes of students in class 
VI at MIS 01 Bonepute, find out the increase in learning outcomes in learning 
Aqidah Akhlak using the card sort method in class VI at MIS 01 Bonepute.
The type of research used is classroom action research (PTK) which is 
carried out in two cycles consisting of four stages in each cycle, namely planning, 
implementation, observation and reflection. The research subjects were 9 class VI 
students at MIS 01 Bonepute. Research instruments include learning 
implementation observation sheets, student observation sheets and test questions. 
Data collection techniques use observation, tests and documentation.
The results of the research showed that there was an increase in the 
implementation of learning using the Card Sort method in learning aqidah akhlak. 
Judging from the teacher’s activities in cycle I, the percentage of 71,25% was in the 
fail category, while in cycle II, the percentage of 87,5% was in the very good 
category. Student activities using the Card Sort method in learning Aqidah Akhlak 
in cycle I obtained a percentage of 71% which was in the sufficient category, while 
in cycle II obtained a percentage of 89% which was in the very good category. The 
results of students' learning tests in cycle I of the Aqidah Akhlak subject using the 
Card Sort method obtained 55.5% completeness with a score reaching KKM, while 
in cycle II the learning completeness obtained was 100%.
Keywords: Moral Creeds, Learning Outcomes, Card Sort Method
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X3 Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah | 
| Date Deposited: | 26 Apr 2024 06:29 | 
| Last Modified: | 26 Apr 2024 06:29 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8689 | 
