IMPLEMENTASI METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VI DI MIS 01 BONEPUTE

SELVIANA, SELVIANA (2024) IMPLEMENTASI METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VI DI MIS 01 BONEPUTE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Selviana, 2023. “Implementasi Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Akidah
akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VI di MIS 01
Bonepute”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri palopo.
Dibimbing oleh H. M. Arief R, dan Ervi Rahmadani.
Skripsi ini membahas tentang peningkatan hasil belajar peserta didik kelas
VI dengan menggunakan metode card sort pada mata pelajaran akidah akhlak di
MIS 01 Bonepute. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui penerapan metode
card sort dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan hasil belajar
peserta didik di kelas VI di MIS 01 Bonepute, mengetahui peningkatan hasil belajar
pembelajaran Akidah Akhlak dengan metode card sort di kelas VI di MIS 01
Bonepute.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada tiap siklus
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas VI sebanyak 9 peserta didik di MIS 01 Bonepute. Instrumen
penelitian meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar
observasi peserta didik dan soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterlaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan metode card sort dalam pembelajaran akidah
akhlak, dilihat dari observasi keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh
persentase 71,25% masuk pada kategori cukup sedangkan siklus II diperoleh
persentase 87,5% masuk pada kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik dengan
menggunakan metode card sort dalam pembelajaran akidah akhlak pada siklus I
diperoleh persentase 71% masuk pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II
diperoleh persentase 89% masuk pada kategori sangat baik. Hasil tes belajar peserta
didik pada siklus I mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode
card sort diperoleh ketuntasan 55,5% yang tuntas dengan nilai mencapai KKM
sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar yang diperoleh adalah 100%.
Kata Kunci: Akidah Akhlak, Hasil Belajar, Metode Card Sort
xxiii
ABSTRACT
Selviana, 2023. "Implementation of the Card Sort Method in Learning Moral
Creeds to Improve Class VI Learning Outcomes at MIS 01 Bonepute".
Thesis of the Islamic Religious Education Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic Institute.
Supervised by H. M. Arief R, and Ervi Rahmadani,
This thesis discusses improving the learning outcomes of class VI students
by using the card sort method in the subject of moral beliefs at MIS 01
Bonepute.This research aims to: determine the application of the card sort method
in learning Aqidah Akhlak in improving the learning outcomes of students in class
VI at MIS 01 Bonepute, find out the increase in learning outcomes in learning
Aqidah Akhlak using the card sort method in class VI at MIS 01 Bonepute.
The type of research used is classroom action research (PTK) which is
carried out in two cycles consisting of four stages in each cycle, namely planning,
implementation, observation and reflection. The research subjects were 9 class VI
students at MIS 01 Bonepute. Research instruments include learning
implementation observation sheets, student observation sheets and test questions.
Data collection techniques use observation, tests and documentation.
The results of the research showed that there was an increase in the
implementation of learning using the Card Sort method in learning aqidah akhlak.
Judging from the teacher’s activities in cycle I, the percentage of 71,25% was in the
fail category, while in cycle II, the percentage of 87,5% was in the very good
category. Student activities using the Card Sort method in learning Aqidah Akhlak
in cycle I obtained a percentage of 71% which was in the sufficient category, while
in cycle II obtained a percentage of 89% which was in the very good category. The
results of students' learning tests in cycle I of the Aqidah Akhlak subject using the
Card Sort method obtained 55.5% completeness with a score reaching KKM, while
in cycle II the learning completeness obtained was 100%.
Keywords: Moral Creeds, Learning Outcomes, Card Sort Method

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X3 Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:29
Last Modified: 26 Apr 2024 06:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8689

Actions (login required)

View Item View Item