ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA SISWA KELAS III SDN 5 KATOI KABUPATEN KOLAKA UTARA

RAFIKA, RAFIKA (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA SISWA KELAS III SDN 5 KATOI KABUPATEN KOLAKA UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

xxiv
ABSTRAK
Rafika, 2023. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada
Siswa Kelas III SDN 5 Katoi Kabupaten Kolaka Utara”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Rosdiana
dan Hisbullah.
Skripsi ini membahas sebuah penelitian tentang analisis mengenai
Pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk,
(1) Mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran tatap muka terbatas pada
siswa kelas III SDN 5 Katoi Kabupaten Kolaka Utara. (2) Mendeskripsikan
hambatan dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa kelas III
SDN 5 Katoi Kabupaten Kolaka Utara. Jenis penelitian dalam skripsi ini
menggunakan penelitian kualitatif atau penelitian lapangan (fieldresearch).
Penelitian ini menggunakan 4 tahapan antara lain: pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses pengumpulan data
menggunakan alat bantu seperti obsevasi dan melakukan wawancara untuk
mendapatkan informasi secara lisan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa analisis
pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SDN 5 meliputi kegiatan
perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Merencanakan pembelajaran tatap muka
terbatas mengenai perangkat khusus pembelajaran online, RPP, silabus dan
program penilaian dilakukan oleh guru, penyusunan dilakukan secara mandiri dan
kerja sama antar guru lainnya. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas,
guru mata pelajaran mengajar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelum
Pandemi Covid-19 akan tetapi jumlah jam mengajar berbeda dengan jam
mengajar tatap muka. Evaluasi pembelajaran tatap muka terbatas, pelaksanaan
pembelajaran dilakukan evaluasi per pecan kemudian direkap pelaksanaan BDR
nya. Faktor pendukung dalam pembelajaran tatap muka terbatas adalah keaktifan
siswa, pendampingan orang tua serta motivasi guru. Adapun faktor penghambat
dalam pembelajaran tatap muka terbatas adalah tidak ada pertemuan langsung
atau bertatap muka dalam pembelajaran, kurangnya antusias siswa juga
berpengaruh pada pemahaman materi ajar bagi siswa itu sendiri, tugas-tugas yang
diberikan juga masih banyak yang tidak mengumpulkan, kewajiban menuntaskan
UKBM pun apabila guru tidak bertindak langsung kepada siswa maka
kemungkinan besar mereka juga akan melupakannya.
Kata Kunci: Analisis Pelaksanaan, Pelaksanaan Pembelajaran, Tatap Muka
Terbatas.
xxv
ABSTRACT
Rafika, 2023. “Analysis of Implementation face-to-face learning Limited to Class
III Students at SDN 5 Katoi, North Kolaka Regency”. Thesis of Teacher
Education Study Program for Madrasah Ibtidaiyah, Faculty of Tarbiyah
and Teacher Training Palopo State Islamic Institute. Supervised by
Rosdiana and Hisbullah.
This thesis discusses a research on the analysis ofImplementationface-to-
face learning to students. This study aims to, (1)Describe the description of the
face-to-face learning process limited to class III students at SDN 5 Katoi, North
Kolaka Regency. (2) Describe the obstacles in the face-to-face learning process
limited to class III students at SDN 5 Katoi, North Kolaka Regency.This type of
research in this thesis uses qualitative research or field research (field research).
This study used 4 stages including: data collection, data condensation, data
presentation and conclusion. The process of collecting data uses tools such as
observation and conducting interviews to obtain information orally.The results of
this study showed that the analysis of the implementation of limited face-to-face
learning at SDN 5 included implementation planning and evaluation activities.
Planning limited face-to-face learning regarding special online learning tools,
lesson plans, syllabus and assessment programs is carried out by the teacher,
preparation is carried out independently and in collaboration with other teachers.
Implementation of face-to-face learning is limited, subject teachers teach
according to the schedule set before the Covid-19 Pandemic, but the number of
teaching hours is different from face-to-face teaching hours. Evaluation of face-
to-face learning is limited, the implementation of learning is evaluated per week
and then the implementation of the BDR is recapitulated. Supporting factors in
limited face-to-face learning are student activity, parental assistance and teacher
motivation.
Keywords: Analysis of Implementation, Implementation of Learning, Limited
Face to Face

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:37
Last Modified: 30 Apr 2024 03:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8708

Actions (login required)

View Item View Item