STRATEGI INOVASI PADA PELAKU USAHA DI KECAMATAN SULI (STUDI ANALISIS SWOT)

HAMID, YUSNILA (2023) STRATEGI INOVASI PADA PELAKU USAHA DI KECAMATAN SULI (STUDI ANALISIS SWOT). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Yusnila Hamid, 2024.“Strategi Inovasi Pada Pelaku Usaha di Kecamatan Suli
(Studi Analisis SWOT)”. Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Fasiha.
Di Indonesia, ekonomi kreatif diakui memiliki peran yang sangat strategis
dalam pembangunan ekonomi dan pembangunan bisnis. Strategi dan inovasi
merupakan dua hal yang sangat penting dalam mempertahakan usaha kreatif pada
saat ini, UMKM memegang peranan penting dalam kaitannya dengan
pertumbuhan ekonomi di negara-negara Kawasan Asia. UMKM juga di percaya
memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi
stabilitas sistem keuangan dan perekonomian . Tujuan penelitian ini adalah Untuk
Menganalisa Strategi Inovasi Pada Pelaku Usaha di Kecamatan Suli (Studi
Analisis SWOT). Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif dipilih untuk mempermudah
peneliti mendeskripikan masalah yang berkaitan dengan tema yang diangkat
secara lebih mendalam. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisi data dilakukan
dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, penarikan
kesimpulan dan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi
UMKM Kecamatan Suli berada pada Kuadran III, pada posisi ini meggambarkan
bahwa perusahaan menghadapi peluang pasar yang besar, tetapi dilain pihak, ia
juga menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Agar dapat
mengembangkan usaha UMKM Kecamatan Suli, maka prioritas strateginya
adalah meningkatkan kualitas produk dengan melakukan inovasi terhadap produk,
mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam memasarkan produk, melakukan
pemeliharaan terhadap lingkungan sekitar, bermitra dengan pelaku usaha yang
lain ataupun dengan pemerintah, meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan
meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan atau
pendampingan serta potensi pengembangan UMKM Kecamatan Suli adalah
sumber daya alam, lokasi strategi, ketersediaan tenaga kerja lokal, dukungan
infrastruktur, potensi pasar, kebijakan dukungan dan inovasi teknologi.
Kata Kunci: Strategi, Inovasi, Ekonomi Kreatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 30 Apr 2024 05:21
Last Modified: 30 Apr 2024 05:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8711

Actions (login required)

View Item View Item