ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KELAS IV SDN 51 SUMARAMBU KOTA PALOPO

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KELAS IV SDN 51 SUMARAMBU KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati. M, 2024 : “Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan
Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan Alat Peraga Kelas IV SDN
51 Sumarambu”.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin dan Lilis Suryani.
Skripsi ini membahas tentang analisis kesulitan belajar siswa dalam
menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat menggunakan alat peraga kelas IV
SDN 51 Sumarambu Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan operasi hitung, untuk mengetahui
faktor penyebab kesulitan belajar siswa dan untuk mengetahui upaya mengatasi
kesulitan belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa dalam
menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat yaitu: kesulitan pemahaman konsep
matematika, kesulitan dalam mengoperasikan matematika dan kesulitan dalam
pemecahan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar berasal dari faktor
internal dan faktor eksternal, faktor internal yang berasal dari diri siswa meliputi:
sikap dalam belajar, minat belajar dan motivasi belajar, sedangkan faktor eksternal
berasal dari variasi mengajar, sarana/prasarana dan lingkungan keluarga. Upaya
yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu: (1) Memberikan
variasi mengajar, (2) Memberikan perbaikan atau remedial, (3) Memberikan latihan
yang berulang.
Kata-kata kunci: Kesulitan Belajar, Operasi Hitung Bilangan Bulat, Alat Peraga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 515 Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 16 May 2024 01:50
Last Modified: 16 May 2024 01:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8766

Actions (login required)

View Item View Item