PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI PALOPO

RISNAYANTI, RISNAYANTI (2024) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Risna Yanti, 2024 “Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri Palopo”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Taqwa dan Tasdin
Tahrim.
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Bimbingan Konseling dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri Palopo. Permasalahan
dalam penelitian ini guru bimbingan dan koseling ini memiliki keterbatasan dalam
hal yang berkaitan terhadap kurangnya waktu untuk betatap muka dengan siswa hal
ini karena tenaga bimbingan konseling masih terbatas sehingga untuk memberika
pelayanan terhadap siswa dalam jumlah yang cukup banyak tidak bisa di lakukan
secara intensif, sehingga tidak mungkin dapat memberikan bentuk pelayanan
seperti memberikan pengajaran untuk bidang studi tertentu. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri Kota Palopo.
Jenis dan pendekatan penelitian yang di gunakan yaitu pendekatan
penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang
diperoleh dari instrument wawancara kepada responden yaitu guru bimbingan
konseling dan peserta didik di SMP Negeri Palopo yaitu SMP Negeri 2 Palopo,
SMP Negeri 12 Palopo, SMP Negeri 5 Palopo dan SMP Negeri 8 Palopo.
Hasil penelitian ini yaitu peran guru bimbingan dan konseling dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri Palopo adalah dengan
memberikan bantuan terhadap siswanya yang memiliki masalah, memberikan
teguran dan nasehat, memberikan hukuman kepada siswa ketika siswanya
melakukan kesalahan serta memberikan bimbingan berupa bimbingan kelompok,
bimbingan individu dan bimbingan orang tua. Implikasi dari penelitian ini yaitu
dengan merujuk pada hasil penelitian ini, peran guru sebaiknya ditingkatkan lagi
supaya guru tidak hanya memberi ilmu saja, tetapi juga memberikan bimbingan
kepada siswanya untuk melaksanakan kedisiplinan.
Kata Kunci : Guru Bimbingan Konseling, Kedisiplinan Peseta Didik.
xvii
ABSTRACT
Risna Yanti, 2024. "The Role of Guidance and Counseling Teachers in Improving
Student Discipline at Palopo State Middle School". Islamic
Education Management Study Program Thesis, Palopo State
Islamic Institute. Supervised by Taqwa and Tasdin Tahrim.
This thesis discusses the role of guidance and counseling teachers in
improving student discipline at Palopo State Middle School. The problem in this
research is that guidance and counseling teachers have limitations in terms of the
lack of time to meet face to face with students, this is because guidance and
counseling personnel are still limited so providing services to a large number of
students cannot be done intensively, so it is impossible to provide forms of service
such as providing teaching in certain fields of study. This research aims to
determine the role of guidance and counseling teachers in improving student
discipline at Palopo City State Middle School
The type and research approach used is descriptive research approach. The
data source used is primary data obtained from interview instruments with
respondents, namely guidance and counseling teachers and students at Palopo
State Middle School, namely Palopo State Middle School 2, Palopo State Middle
School 12, Palopo State Middle School 5 and Palopo State Middle School 8.
The results of this research are that the role of guidance and counseling
teachers in improving student discipline at Palopo State Middle School is by
providing assistance to students who have problems, giving warnings and advice,
giving punishment to students when students make mistakes and providing guidance
in the form of group guidance, individual guidance and parental guidance. The
implication of this research is that by referring to the results of this research, the
role of teachers should be increased so that teachers not only provide knowledge,
but also provide guidance to their students to carry out discipline.
Keywords: Counseling Guidance Teacher, Student Discipline

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 16 May 2024 01:59
Last Modified: 16 May 2024 01:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8769

Actions (login required)

View Item View Item