KIKI, KIKI (2024) ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPONEN-KOMPONEN INFORMATION TECHNOLOGY DI SDN 25 RADDA KECAMATAN BELOPA KEBUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kiki, 2024. “Analisis Penggunaan Sistem Pembelajaran Berbasis Komponen�komponen Information Tehnology di SDN 25 Radda Kecamatan
Belopa Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Firman dan Lilis Suryani.
Skripsi ini membahas tentang analisis penggunaan komponen-komponen
information technology di SDN 25 Radda. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana gambaran penggunaan komponen-komponen information
tehnology dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan
komponen-komponen information technology di SDN 25 Radda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan cara observasi, observasi
dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat sarana dan prasarana yang
menunjang penggunaan it guru, wawancara dilakukan dengan cara memberikan
pertanyaan secara langsung kepada guru, dan dokumentasi dilakukan untuk
mengetahui keadaan umum lokasi penelitian dan memperkuat berbagai data yang
diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan
dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran penggunaan komponen�komponen information tehnology di SDN 25 Radda sudah baik, hal ini dilihat
dari ketersediaan perangkat keras (Hardware) yang sudah cukup memadai dan
dalam penggunaan perangkat keras tersebut guru menggunakan berbagai macam
perangkat lunak (Software) serta aplikasi untuk menunjang proses pembelajaran.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan komponen-komponen
information technology di SDN 25 Radda ada dua faktor yaitu faktor pendukung
dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu tersedianya fasilitas sarana dan
prasarana yang memadai, tersedianya jaringan wifi, kemudahan akses internet,
banyaknya aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan serta lokasi sekolah yang
strategis, sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyak siswa yang memiliki
keterbatasan jaringan dan kuota internet, keterbatasan sarana pribadi siswa,
waktu pembelajaran daring yang terbatas, tingkat daya paham siswa yang
berbeda dalam pembelajaran daring dan gangguan fokus siswa saat
menggunakan alat information technology.
Kata Kunci : Pembelajaran di sekolah dasar, pembelajaran berbasis IT.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.E Irwansyah Muchtar |
Date Deposited: | 16 May 2024 02:07 |
Last Modified: | 16 May 2024 02:07 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8770 |
Actions (login required)
View Item |