KEPRAKTISAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI PENCERNAAN MANUSIA BERBASIS PEMBELAJARAN INTERAKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DI KELAS V MIS KADUAJA TANA TORAJA

WAHYUDI, NUR (2024) KEPRAKTISAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI PENCERNAAN MANUSIA BERBASIS PEMBELAJARAN INTERAKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DI KELAS V MIS KADUAJA TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Wahyudi, 2024. “Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada
Materi Pencernaan Manusia Berbasis Pembelajaran Interaktif Guru
dan Peserta Didik di Kelas V MIS Kaduaja Tana Toraja”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Firman dan Hisbullah.
Skripsi ini membahas mengenai kepraktisan LKPD pada Materi
Pencernaan Manusia Berbasis Pembelajaran Interaktif Guru dan Peserta Didik di
Kelas V MIS Kaduaja Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan; untuk mengetahui
spesifikasi LKPD pada materi pencernaan manusia berbasis pembelajaran
interaktif guru dan peserta didik di kelas V MIS Kaduaja Tana Toraja; untuk
mengetahui kepraktisan LKPD pada materi pencernaan manusia berbasis
pembelajaran interaktif guru dan peserta didik di kelas V MIS Kaduaja Tana
Toraja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode mix method yaitu dengan
menggabungkan dua metode yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di MIS Kaduaja Tana Toraja, subjek penelitian adalah kelas V yang
melibatkan 15 orang peserta didik dan wali kelas V. Data penelitian dikumpulkan
melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis pembelajaran
interaktif dengan spesifikasi yaitu pemilihan tema yang relevan dengan materi
pencernaan manusia, menggunakan desain dengan warna yang menarik untuk
menarik perhatian peserta didik, menggunakan teks dan bahasa yang ringkas, jelas
dan mudah dipahami oleh peserta didik, serta menggunakan gambar yang jelas
untuk menjelaskan setiap bagian-bagian organ pencernaan manusia dengan benar.
Berdasarkan uji praktikalitas yang dilakukan, LKPD berbasis pembelajaran
interaktif masuk dalam kategori praktis berdasarkan hasil wawancara guru
diperoleh persepsi yang baik terhadap penggunaan LKPD berbasis pembelajaran
interaktif dan angket peserta didik yang memperoleh nilai 75,2% dengan kategori
praktis. Berdasarkan hal tersebut, LKPD ini dapat digunakan dalam pembelajaran.
Penelitian ini berimplikasi pada kreatifitas dan daya tarik dimana LKPD
memungkinkan peserta didik untuk mengekspresikan kreativitas merekaa dengan
cara yang menyenangkan.
Kata kunci : Kepraktisan, LKPD

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 16 May 2024 02:37
Last Modified: 16 May 2024 02:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8779

Actions (login required)

View Item View Item