PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS FLASHCARD DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 PALOPO

HIKMIA, HIKMIA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS FLASHCARD DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Hikmia A., 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Tentang Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram Berbasis
Flashcard di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Palopo. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
oleh Hisban Thaha dan Muh. Agil Amin.
Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Tentang Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram
Berbasis flashcard di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Palopo. Berdasarkan
observasi yang dilakukan peneliti, penelitian pengembangan media berbasis
flashcard ini dilator belakangi oleh kurangnya penggunaan media pendukung
pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar
peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tahapan
pengembangan media pembelajaran berbasis flashcard. 2) Menguji kevalidan
media pembelajaran berbasis flashcard. 3) Menguji praktikalitas media
pembelajaran berbasis flashcard.
Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) sebagai
jenis penelitian. Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan. Adapun tahapan
pada model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan
evaluation. Spesimen penelitian ini adalah peserta didik di kelas VIII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 11 Palopo yang berjumlah 9 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar praktikalitas, lembar validasi
angket minat belajar peserta didik. Teknik analisis data adalah analisis data
deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil uji kevalidan yang diperoleh dari ahli media 87,5% kategori sangat
valid dan dari ahli materi 91% kategori sangat valid, rata-rata kevalidan produk
yaitu 89,2% kategori sangat valid. Hasil uji Kepraktisan media pembelajaran
flashcard yakni 91% kategori sangat praktis dan praktikalitas oleh peserta didik
yakni 84% kategori sangat praktis. Hasil uji minat belajar peserta didik sebelum
menggunakan media pembelajaran flashcard adalah 79,6% kriteria sedang
sesudah menggunakan media pembelajaran flashcard adalah 93,8% kriteria
Tinggi, dari hasil penelitian minat belajar peserta didik mengalami peningkatan
sebesar 14,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
media pembelajaran flashcard materi Makanan dan Minuman yang Halal dan
Haram dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 11 Palopo.
Kata kunci: Pengembangan media Flashcard, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 16 May 2024 02:52
Last Modified: 16 May 2024 02:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8783

Actions (login required)

View Item View Item