PAMUNGKAS, RICKYBAMBANG (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL GURU UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH PENGGERAK DI SMP NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ricky Bambang Pamungkas, 2024. “Peran Kepala Sekolah dalam
Pengembangan Literasi Digital Guru untuk Mewujudkan Sekolah
Penggerak di SMP Negeri 3 Palopo”, Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Alauddin dan Firmansyah.
Skripsi ini membahas mengenai peran kepala sekolah dalam pengembangan
literasi digital guru untuk mewujdukan sekolah penggerak di SMP Negeri 3 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mewujudkan
sekolah penggerak, bagaimana peran kepala sekolah dalam mengembangkan
literasi digital guru untuk mewujudkan sekolah penggerak, dan apa saja faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan literasi digital guru untuk
mewujudkan sekolah penggerak di SMP Negeri 3 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Fokus
penelitian pertama – educator, manajer, administrator, supervisor, leader,
innovator, dan motivator; Sedangkan fokus kedua – social networking, maintening
privacy, creating content; dan fokus ketiga – faktor internal dan faktor eksternal.
Penelitian ini ditujukan pada SMP Negeri 3 Palopo. Instrumen yang digunakan
adalah pedoman wawancara. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan
yaitu menggunakan analisis deskriptif dengan model analisis interaktif dari Miles
dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah untuk
mewujudkan sekolah penggerak di SMP Negeri 3 Palopo di antaranya; Peran kepala
sekolah sebagai inovator dalam meningktkan budaya literasi, peran kepala sekolah
sebagai leader dalam meningkatkan budaya literasi, peran kepala sekolah sebagai
motivator dalam meningkatkan budaya literasi, peran kepala sekolah sebagai
educator dalam meningkatkan budaya literasi, peran kepala sekolah sebagai
manajer dalam meningkatkan budaya literasi, peran kepala sekolah sebagai
supervisor dalam meningkatkan budaya literasi, peran kepala sekolah sebagai
administrator dalam meningkatkan budaya literasi; (2) Pengembangan literasi
digital guru untuk mewujudkan sekolah penggerak di SMP Negeri 3 Palopo yaitu
dengan meliputi beberapa proses di antaranya (a) social networking (Jaringan
sosial) dan Transliteracy (Transliterasi); (b) Maintening Privacy (Menjaga privasi),
dan Managing digital identity (Mengelola identitas) (d)creating content (Membuat
konten) (3) faktor yang menjadi pendukung dalam pengembangan literasi digital
guru untuk mewujudkan sekolah penggerak di SMP Negeri 3 Palopo yaitu (a)
adanya kerja sama yang baik dan kekompakan antara seluruh komponen di sekolah,
sarana dan prasarana sekolah yang memadai, adanya visi misi sekolah yang harus
dicapai; (b) Adapun faktor penghambatnya yaitu, rendahnya minat literasi guru dan
siswa.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Literasi Digital, Sekolah Penggerak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S.E Irwansyah Muchtar |
Date Deposited: | 16 May 2024 03:08 |
Last Modified: | 16 May 2024 03:08 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8788 |
Actions (login required)
View Item |