PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 52 PATTEDONG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU

SARI, NURLIA INDAH (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 52 PATTEDONG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurlia Indah Sari, 2024. “Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas
IV di SDN 52 Pattedong di Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten
Luwu.”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru dan Madrasah Ibtidayah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muhammad Guntur. dan Hisbullah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan media
pembelajaran video animasi pada pembelajaran IPAS dan peningkatan hasil belajar
dengan menggunakan media pembelajaran video animasi pada pembelajaran IPAS
di SDN 52 Pattedong, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan dengan dua siklus. Peran dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas IV SDN 52 Pattedong dengan jumlah peserta didik 16 orang. Data diperoleh
dari observasi, dokumentasi tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan data
kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah peserta didik
yang mencapai standar penilaian mencapai 66,88. Namun dikarenakan belum
mencapai target peneliti melanjutkan ke siklus ke II, adapun jumlah peningkatan
yang terjadi pada siklus II yaitu mencapai 88,75. Dengan jumlah persentase tersebut
maka peneliti menghentikan tindakannya dan menarik kesimpulan bahwa
penggunaan video animasi saat proses pembelajaran dapat meningkatkan nilai
peserta didik kelas IV, dibuktikan dengan observasi pada siklus I yang belum
maksimal dengan nilai 36,6 % , sehingga dilanjutkan pada siklus II menjadi
maksimal dengan nilai 80%. Penelitian ini berimplikasi pada penggunaan media
video animasi oleh guru untuk meningkatnya hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Hasil Pembelajaran, Video Animasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 16 May 2024 03:28
Last Modified: 16 May 2024 03:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8790

Actions (login required)

View Item View Item