PENGEMBANGAN VIDEO KONTEN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MULTI-PLATFORM DI SDN 22 MURANTE KOTA PALOPO

YUSUF, INSYIRA (2023) PENGEMBANGAN VIDEO KONTEN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MULTI-PLATFORM DI SDN 22 MURANTE KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Insyira Yusuf, 2023. “Pengembangan Video Konten Kreatif Dalam
Pembelajaran Tematik Bebasis Multi-Platform SDN 22 Murante
Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1) Firman dan pembimbing (II)
Lilis Suryani
Skripsi ini membahas sebuah penelitian pengembangan mengenai video
konten kreatif dalam pembelajaran tematik berbasis multi-platform di SDN 22
Murante Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui analisis
karakter peserta didik pada pembelajaran tematik berbasis video konten kreatif di
SDN 22 Murante Kota Palopo (2) mengetahui Proses pengembangan video
konten kreatif untuk pembelajaran tematik berbasis multi-platform di SDN 22
Murante Kota Palopo (3) mengetahui Evaluasi video konten kreatif menggunakan
metode VBL pada pembelajaran tematik berbasis multi-platform di SDN 22
Murante Kota Palopo. Pada pengembangan video konten kreatif dalam
pembelajaran tematik pada materi nilai-nilai pancasila setiap butir pancasila
contoh yang diambil hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga
peserta didik mudah dalam memahami nilai-nilai dari setiap butir pancasila. Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian pengembangar Research and Development
(R & D). Pada penelitian bahan ajar ini menggunakan model pengembangan VBL
(Video Based Learning) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Student
Characteristic analysis, (2) prepare video script, (3) specify video type, (4) define
audio, (5) manufacturing process. Pada tahapan analisis karakter dilakukan untuk
mengetahui bakat, minat, umur dan jenis kelamin peserta didik. Pada tahap proses
pengembangan video konten kreatif ini terdiri atas 4 tahap mulai dari prepare
video script, (3) specify video type, (4) define audio, (5) manufacturing process.
Evaluasi pengembangan vidio konten kreatif dengan uji validasi oleh tiga
validator yang dinyatakan valid dengan revisi kecil dan mendapatkan penilaian
kevalidan desain, materi dan bahasa kisaran 0,78- 1,00. Kemudian efektivitas
pengembangan video konten kreatif ini dalam 2 tahap yaitu pre test dan post test.
Kata Kunci: Video Konten Kreatif, Pembelajaran Tematik dan Multi-Platform.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 21 May 2024 00:11
Last Modified: 21 May 2024 00:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8849

Actions (login required)

View Item View Item