PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS VIII.A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 KOTA PALOPO

HAMSA, HAMSA (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS VIII.A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (4MB)

Abstract

xv
ABSTRAK
Hamsa,2022. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan AgamaIslam Melalui Model
PembelajaranSnowball Throwing di Kelas VIII.A Sekolah Menengah Pertama
Negeri 9 kota Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas
Tarbiyah, dan llmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Di
bimbing oleh Pembimbing I,Bapak Hisban Thaha dan Pembimbing II,
Bapak Hisbullah.
Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan
Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Snowbal Throwing di Kelas VIII.A
Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kota Palopo. Penelitian ini menjawab 1
pertanyaan peneliti yakni: Apakah Model Pembelajaran Snowball Throwing ini
dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII.A
Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kota Palopo.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah khusus siswa di kelas VIII.A Sekolah
Menengah Pertama Negeri 9 Kota Palopo, Pada semester genap tahun ajaran
2021-2022, jumlah peserta didik 25 orang 12 laki-laki dan 13 perempuan.
Prosedur penelitian ini terdiri atas 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan
tindakan dan refleksi. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan
dengan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing indikator hasil
belajar pada penelitian ini yaitu berupa peningkatan ketuntasan hasil belajar
individu dan klasikal. Untuk mempermudah data, penulis menggunakan Teknik
wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar berupa soal pilihan
ganda. Data hasil pengamatan tes evaluasi diolah dengan analisis deskriptif untuk
menggambarkan keadaan peningkatan keberhasilan tiap-tiap siklus dan untuk
menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran snowball throwing. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif
kuantitatif (teknik persentase) dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama
Islam di kelas VIII.A Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kota Palopo, sebelum
diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing ketuntasan belajar klasikal
hanya 43% dengan nilai rata-rata 6,9 (Cukup) dan setelah diterapkannya model
pembelajaran Snowball Throwing siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 57,6%
dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 7,56 (Baik) dengan ketuntasan belajar
klasikal 97,14%. Kemudian aktivitas belajar siswa dengan guru sebesar 70%.
Sedangkan, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,16 %
dengan nilai rat-rata hasil belajar siswa adalah 8,82 (Baik sekali) dengan
ketuntasan belajar klasikal 100%. Dengan demikian, penerapan model
pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan
Agama Islam di kelas VIII.A Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kota Palopo
Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Model
Pembelajaran Snowball Throwing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 28 May 2024 01:16
Last Modified: 28 May 2024 01:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8874

Actions (login required)

View Item View Item