PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU KOMIK BERBANTUAN CANVA PADA MATERI PUASA RAMADHAN SIT AL-HIKMAH PALOPO

SARRA, IDRIS (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU KOMIK BERBANTUAN CANVA PADA MATERI PUASA RAMADHAN SIT AL-HIKMAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK
Idris Sarra, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Komik
Berbantuan Canva Pada Materi Puasa Ramadhan SIT Al-Hikmah
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Salmilah dan Firman.
Skripsi ini membahas tentang peningkatan pengembangan media
pembelajaran berbasis buku komik berbantuan canva pada siswa kelas V SIT Al
Hikmah Palopo. penelitian ini bertujuan unutk mengetahui hasil rancangan media,
validasi, praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran berbasis buku komik ini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D),
dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: analisis (Analysis),
desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation),
evaluasi (Evaluation). Subjek pene;itian ini adalah siswa kelas V SIT Al Hikmah
Palopo. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan media,
angket kepraktisan untuk siswa, serta lembar soal pre-test dan post-test siswa
untuk mengetahui keefektifan produk dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis data
deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis buku komik. Hasil
rancangan media berbasis buku komik berbantuan canva yaitu menghasilkan
media pembelajaran berupa produk cetak. Hasil validasi media dan materi
memenuhi syarat kevalidan yaitu 86,6% dengan kategori sangat valid. Hasil uji
kepraktisn oleh guru dan siswa memenuhi syarat praktikalitas yaitu 85% dan
dengan kategori sangat praktis. Hasil efektifitas media pembelajaran berbasis
buku komik dapat dilihat dari skor pre-test dan post-test siswa diperoleh rata-rata
nilai N-gain sebesar 57,7% dengan kategori “sedang”. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis buku komik berbantuan
canva efektif digunakan. Pengembangan media berbasis buku komik dapat
mendukung terciptanya pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan
interaksi, serta meningkatkan minat belajar siswa ditinjau dari hasil belajar siswa.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Buku Komik.
xxv
ABSTRACT
Idris Sarra, 2023. "Development of Comic Book-Based Learning Media Assisted
by Canva on the Material of Ramadan Fasting SIT Al-Hikmah
Palopo". Thesis Islamic Religious Education Study Program, Faculty
of Tarbiyah and Teacher Science, Palopo State Islamic Institute.
Supervised by Salmilah and Firman.
This thesis discusses the improvement of canva-assisted comic book-based
learning media development for grade V students of SIT Al Hikmah Palopo. This
study aims to determine the results of media design, validation, practicality and
effectiveness of this comic book-based learning media development.
This type of research is a Research and Development (R&D) development,
with the ADDIE development model consisting of five stages, namely: Analysis,
Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this
research were fifth grade students of SIT Al Hikmah Palopo. The instruments
used were material and media expert validation sheets, practicality questionnaires
for students, and student pre-test and post-test questionnaires to determine the
effectiveness of the product in improving student learning outcomes. The data
analysis technique used was descriptive qualitative and quantitative descriptive
data analysis.
The results of developing comic book-based learning media. The results of
canva-assisted comic book-based media design are to produce learning media in
the form of printed products. The results of media and material validation meet the
validity requirements of 86.6% with a very valid category. The results of the
practicality test by teachers and students meet the practicality requirements,
namely 85% and with a very practical category. The results of the effectiveness of
comic book-based learning media can be seen from the pre-test and post-test
scores of students obtained an average N-gain value of 57.7% in the "medium"
category. Based on these results, it can be concluded that comic book-based
learning media assisted by Canva is effective to use. Comic book-based media
development can support the creation of interesting learning and can increase
interaction, and increase student interest in learning in terms of student learning
outcomes.
Keywords: Learning Media, Comic Book.
xxvi
الملخص
إدس٠ظ عبسح،0203. "رط٠ٛش اٌٛعبئظ اٌزع١ّ١ٍخ اٌّعزّذح ع ٍٝ اٌىزت اٌّصٛسح ثّغبعذح
Canvaٚ ف ٟ ِبدح ص١ب َ سِضب ْ عذ اٌحىّخ ثبٌٛثٛ". أطشحخ ثشٔبِح
دساعخ اٌزشث١خ اٌذ١ٕ٠خاإلعَل١ِخ، و١ٍخ اٌزشث١خ ٚرذس٠ت اٌّع١ٍّٓ، ِعٙذٜ
ثبٌٛث ٛ اإلع َلِٟ اٌحىِٟٛ. ٘ذْع١ٍٍّخ ٚفشِب .
رٕبلؼ ٘ز ٖ األطشٚحخ رحغ١ ٓ رط٠ٛش ٚعبئظ اٌزع ٍُ اٌّج١ٕخ ع ٍٝ اٌىزت اٌّصٛسح ثّغبعذح
Canva ٌطَلة اٌصف اٌخبِظ ف ٟ و١ٍخ اٌحىّخثبٌٛثٛ. ٠ٙذف ٘زا اٌجحش إ ٌٝ رحذ٠ذ ٔزبئح ٍٝ
رص١ّ ُ اٌٛعبئظ ٚاٌزحمك ِٕٙب ٚاٌزطج١ك اٌع ٍّٟ ٚفعب١ٌخ رط٠ٛش ٚعبئ ً اٌزع ٍُ اٌّج١ٕخ ع
اٌىزت اٌّصٛسح .
٘ٛ رط٠ٛش اٌجحش ٚاٌزط٠ٛش ِٓ اٌجحش ٘زا إٌٛع (R&D)ح١ش ٠زى ْٛ ّٔٛرج اٌزط٠ٛش
ADDIE ٛ ِٓ خّظ ِشاحً، ٟٚ٘: اٌزح١ًٍ، اٌزص١ُّ، اٌزط ْ٠ش، اٌزٕف١ز، اٌزم١١ُ. وبٟ
ِٛضٛع ٘زا اٌجحش طَلة اٌصف اٌخبِظ ف SIT اٌحىّخ ثبٌٛثٛ. ٚوبٔذ األدٚاد ٍّٟ
اٌّغزخذِخ ٟ٘ أٚساق اٌزحمك ِٓ صحخ خجشاء اٌّٛاد ٚاٌٛعبئظ، ٚاعزج١بٔبد اٌزطج١ك اٌعٌّٕ
ٌٍطَلة، ثبإلضبفخ إ ٌٝ أٚساق أعئٍخ االخزجبس اٌمج ٍٟ ٚاٌجعذ ٞ ٌزحذ٠ذ ِذ ٜ فعب١ٌخ ا ٟزح ف
ٟ٘ رح١ٍ ً اٌج١بٔبد اٌٛصف١خ رحغ١ ٓ ٔزبئح رع ٍُ اٌطَلة. رم١ٕخ رح١ٍ ً اٌج١بٔبد اٌّغزخذِخ
إٌٛع١خ ٚاٌى١ّخ .ٌٝ
ٔزبئح رط٠ٛش ٚعبئ ً اٌزع ٍُ اٌّج١ٕخ ع ٍٝ اٌىزبة اٌٙضٌٟ. ٔزبئح رص١ّ ُ اٌٛعبئظ اٌّغزٕذح إ
اٌىزت اٌّصٛسح ثّغبعذح Canva ِ ٟ٘ إٔزبج ٚعبئظ رع١ّ١ٍخ ف ٟ ؽى ً ِٕزدبدطجٛعخ. ٟ٘ٚ
ِٓ صحخ اٌٛعبئظ ٚاٌّٛاد ِع ِزطٍجبد اٌصَلح١خ، رزٛافك ٔزبئح اٌزحمك86.6 ٟ% ف
ٌّزط ٍجبد ا ٌزطج١ك ِغز ٛف١خ ٓ ٚا ٌط َلة ١ٍّ ا ٌّع ً لج ِٓ ٍّٟ فئخ صب ٌحخ خذًا. ٔزبئح االخزجبس ا ٌع ٟ٘ٚ ٍّٟ
اٌع85ٌّج ١ٕخ ٍُ ا ً ا ٌزع ٚعبئ ٓ سؤ٠خ ٔزبئح فعب ١ٌخ ٍّٟ خذاً. ٠ ّى ٟ فئخ ا ٌع ٚرمع ف %
عٍٝ اٌىزت اٌّصٛسح ِٓ خَلي دسخبد االخزجبس اٌمج ٍٟ ٚاٌجعذ ٞ ٌٍطَلة، ثّزٛعظل١ّخ N-
gain ٠جٍػ57.7ٌٛعبئظ ْ ا ٓ اعز ٕزبج أ ٍٝ ٘ز ٖ ا ٌٕزبئح، ٠ ّى ٚث ٕبء ً ع ٌّز ٛعطخ". ٟ ا ٌفئخ "ا % فِٓ
اٌزع١ّ١ٍخ اٌّج١ٕخ ع ٍٝ اٌىزت اٌّصٛسح ٚاٌّذعِٛخ Canvaْ فعبٌخ ف ٟ االعزخذاَ. ٠ّى ٓ أ
٠ذع ُ رط٠ٛش اٌٛعبئظ اٌّغزٕذح إ ٌٝ اٌىزت اٌّصٛسح إٔؾبء رع ٍُ ِث١ش ٌَل٘زّب َ ٠ّٚى ٓ أ ْ ٠ض٠ذ
ٍُ ا ٌط َلة ٍُ ِٓ ح١ش ٔزبئح رع ٓ ص٠بدح ا ٘ز ّب َ ا ٌط َلة ثب ٌزع َلً ع ِٓ ا ٌزفبع ً، فض .
اٌىٍّبد اٌّفزبح١خ: اٌٛعبئظ اٌزع١ّ١ٍخ، اٌىزت اٌّصٛسح

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 27 Jun 2024 00:02
Last Modified: 27 Jun 2024 00:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8907

Actions (login required)

View Item View Item