STRATEGI HALAL CENTER IAIN PALOPO DALAM UPAYA MENINGKATKAN UMKM BERSERTIFIKAT HALAL

MANGIN, RAHMI (2024) STRATEGI HALAL CENTER IAIN PALOPO DALAM UPAYA MENINGKATKAN UMKM BERSERTIFIKAT HALAL. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (4MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmi Mangin, 2024. “Strategi Halal Center IAIN Palopo Dalam Upaya
Meningkatkan UMKM Bersertifikat Halal”. Skripsi Studi Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing oleh Bapak Dr. Takdir, S.H., M.H.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Halal Center IAIN
Palopo dalam upaya meningkatkan UMKM bersertifikat halal.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskripstif kualitatif, fokus penelitian
lapangan(field resereach), dengan metode pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peneiliti menarik temuan berikut
setelah menjelaskan penelitian diatas tentang Staregi Halal Center IAIN Palopo
dalam Meningkatkan UMKM Bersertifikat Halal Setelah melakukan analisis
dengan menggunakan matriks EFI (Evaluasi Faktor Internal) dan EFE (Evaluasi
Faktor Eksternal) diketahui faktor strategis internal terhadap Halal Center IAIN
Palopo yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan menunjukan skor tertimbang 2,1
dan faktor strategis eksternal terhadap Halal Center IAIN Palopo terdiri dari
peluang dan ancaman menunjukan skor tertimbang sebesar 2,31. Pada factor
internal memiliki 3 poin kekuatan dan 3 poin kelemahan. Kekuatan. memiliki
pendamping pph (p3h), publikasi dan layanan online, kualitas pengurus.
Kelemahan organisasi tata kelola, tidak adanya jam kerja, tidak adanya kantor
Sedangkan dari sisi eksternal terdapat 4 poin peluang dan 3 poin ancaman. Peluang
peningkatan umkm secara signifikan, percepatan digital dan sosial media,
mayoritas penduduk islam, lph yang terdaftar secara resmi di kota palopo.
Ancaman pemahaman pelaku usaha, minat umkm, kurangnya minat sdm untuk
bekerja. Kekuatan yang paling besar yang dimiliki halal center IAIN Palopo adalah
adalah Publikasi dan Layanan Online.
Kata Kunci: Strategi, Halal Center, UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 05 Jul 2024 00:53
Last Modified: 05 Jul 2024 00:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8941

Actions (login required)

View Item View Item