ANALISIS PERSAINGAN BISNIS USAHA KUE GAMBUNG DI KECAMATAN SULI

YANI, NINING NOVI ANALISIS PERSAINGAN BISNIS USAHA KUE GAMBUNG DI KECAMATAN SULI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK
Nining Novi Yani, 2024. “Analisis Persaingan Bisnis Usaha Kue Gambung di
Kecamatan Suli”. Skripsi Program Studi Ekonomi
Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nur
Ariani Aqidah, S.E., M.Sc.
Skripsi ini membahas tentang persaingan bisnis usaha kue gambung di Kecamatan
Suli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persaingan bisnis usaha kue
gambung dan menganalisis struktur pasar, perilaku industri, kinerja industri serta
kondisi permintaan dan penawaran pada usaha Kue Gambung di Kecamatan Suli.
Penelitian ini merupakan penelitian yang mengunakan metode penelitian kualitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik
analisis data melalui reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan menarik
kesimpulan dengan keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber,
menggunakan data referensi serta mengadakan membercek. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: persaingan bisnis yang digunakan pada usaha kue gambung
di Kecamatan Suli dalam menghadapi persaingan bisnis menggunakan struktur
pasar, perilaku industri, kinerja industri serta kondisi permintaan dan penawaran.
Struktur pasar yang ditetapkan pada usaha kue gambung di Kecamatan Suli yaitu
jumlah pesaing yang terdiri dari 29 usaha kue gambung, hambatan masuk bagi
pesaing baru yakni modal, perilaku industri mencakup strategi harga yang
bervariasi berdasarkan produk, mengutamakan kualitas produk untuk kepuasan
konsumen demi mencapai loyalitas pelanggan, membuat menu baru serta
memasarkannya di pasar dan melakukan promosi yaitu melalui orang-orang
terdekat yang disebarluaskan secara lisan kepada masyarakat dan penggunaan
media sosial WhatsApp dan Facebook. Kinerja industri yang ditetapkan adalah
profitabilitas yang modal usahanya di tentukan oleh pengusaha dan efisiensi
operasional terhadap pengeluaran serta pendapatan sudah diatur sebagaimana
mestinya. Kondisi permintaan dan penawaran yang ditetapkan adalah elastisitas
harga yang diminta konsumen kepada pengusaha. Kue gambung yang paling
banyak di sukai masyarakat yaitu kue gambung durian milik Hj. Naderah.
Ketersediaan sumber daya mudah ditemui oleh pengusaha serta lokasi yang
mudah dijangkau oleh masyarakat.
Kata Kunci: Persaingan Bisnis, Usaha Kue Gambung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:26
Last Modified: 05 Jul 2024 06:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8955

Actions (login required)

View Item View Item