TANGGUNG JAWAB GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BAGI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PALOPO

SINTA, SINTA (2023) TANGGUNG JAWAB GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BAGI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB)

Abstract

ABSTRAK
Sinta, 2023. “ Tanggung Jawab Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi
Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Siswa di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 8 Palopo”. Skripsi Progran Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Hj. St Marwiyah dan Hasriadi.
Skripsi ini membahas tentang Tanggung Jawab Guru Pendidikan Agama
Islam dalam Mengatasi Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Siswa di Sekolah
Menengah Pertama Negeri Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui
bentuk tanggung jawab guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi dampak
perkembangan teknologi bagi siswa di SMPN 8 Palopo dan mengetahui kendala
guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi dampak perkembangan teknologi
bagi siswa di SMPN 8 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berfokus pada sesuatu
yang terjadi dilokasi penelitian. Informan dalam penelitian ini diantaranya guru
pendidikan agama Islam VII dan siswa kelas VII.4 di SMPN 8 Palopo. Penelitian
dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan
dengan data dari sekolah SMPN 8 Palopo. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk tanggung jawab guru
pendidikan agama Islam dalam mengatasi dampak perkembangan teknologi bagi
siswa di SMPN 8 Palopo diantaranya terdapat empat bentuk tanggung jawab guru
yaitu pertama tanggung jawab intelektual dengan memberikan arahan motivasi
dan nasehat terkait penggunaan gawai, kedua tanggung jawab profesi dimana guru
memberikan pemahaman mengenai dampak dari penggunaan teknologi, ketiga
tanggung jawab sosial dengan terjalinnya komunikasi guru dan siswa dengan
baik, keempat tanggung jawab moral dan spiritual yaitu dengan menanamkan hal
hal positif kepada siswa dalam penggunaan gawai dan menanamkan nilai-nilai
agama dan moral. 2) Kendala guru pendidikan agama Islam dalam memberikan
tanggung jawab untuk mengatasi dampak perkembangan teknologi bagi siswa di
SMPN 8 Palopo diantaranya terdapat dua kendala yaitu kendala internal
kurangnya perhatian guru dalam mengontrol kelas dan kendala eksternal yaitu
masih banyak siswa yang tidak mau mendengar ketika diberikan nasehat oleh
guru, adanya pengaruh lingkungan misalnya teman-teman atau pergaulan lainnya.
Kata Kunci: Tanggung jawab guru PAI, dampak teknologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:17
Last Modified: 08 Jul 2024 03:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8981

Actions (login required)

View Item View Item