LAELI, NUR (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI KOGNITIF SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
REPO.pdf Download (4MB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
Abstract
ABSTRAK
Nur Laeli, 2023. “Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Potensi kognitif
Siswa Kelas VII Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 8 Palopo”. Skripsi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing Oleh Hj. St. Marwiyah dan Pertiwi Kamariah Hasis
Skripsi ini membahas tentang Kreativitas Guru dalam mengembangkan
potensi kognitif siswa Kelas VII pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk:
mengetahui bentuk kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam
mengembangkan potensi kognitif siswa kelas VII di SMPN 8 Palopo dan
mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam
menegmbangkan potensi kognitif siswa kelas VII di SMPN 8 Palopo, dengan
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan pedagogis dan
psikologis dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berfokus pada sesuatu
yang terjadi dilokasi penelitian. informan pada penelitian ini diantaranya Guru
Pendidikan Agama Islam kelas VII dan siswa- siswi kelas VII di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 8 Palopo. Penelitian dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan data dari Sekolah Menengah
Pertama Negeri 8 Palopo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kreativitas guru Pendidikan
Agama Islam di SMPN 8 diantaranya terdapat dua bentuk kreativitas guru yaitu:
1) kreativitas dalam mengelola kelas dan 2). Kreativitas dalam menggunakan
metode pembelajaran. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam
mengembangkan potensi kognitif siswa ialah dengan 1). Menciptakan
pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dengan mengedepankan
penggunakan metode dan teknik belajar yang bervariasi. 2). Memotivasi siswa
serta 3). Mendorong siswa untuk aktif dan mandiri dalam pembelajaran.
Perkembangan potensi kognitif siswa dapat diukur melalui evaluasi dan rivew
pembelajaran dengan tujuan agar guru dapat mengetahui sejauh mana tingkat
perkembangan kognitif siswa yang dilakukan baik melalui tes harian maupun tes
pada saat semester.
Kata Kunci: Kreativitas, Pendidikan Agama Islam, Potensi Kognitif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 06:21 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 06:21 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8991 |
Actions (login required)
View Item |