ANALISIS PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MELALUI PARIWISATA BERKELANJUTAN: BUKTI EMPIRIS TORAJA UTARA

FEBRIAN, DION (2024) ANALISIS PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MELALUI PARIWISATA BERKELANJUTAN: BUKTI EMPIRIS TORAJA UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Dion Febrian, 2024. ―Analisis Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui
Pariwisata Berkelanjutan: Bukti Empiris Kabupaten Toraja Utara‖.
Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muh. Nur
Alam Muhajir, Lc., M.Si.
Skripsi ini membahas mengenai Pengembangan Ekonomi Kreatif
melalui Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Ekonomi Kreatif melalui Pariwisata
Berkelanjutan di Kabupaten Toraja Utara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, data
diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi dan kajian
pustaka. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data,
penyajian data, pengujian dan penarikan kesimpulan. Sumber data ini diperoleh
dari data sekunder dan primer.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya pengembangan ekonomi
kreatif di objek wisata ke‘te kesu‘ telah mengalami perkembangan, hal ini terlihat
dari adanya perkembangan dari jenis produk yang dipasarkan oleh para pelaku
UMKM dan juga meningkatnya pengrajin dengan adanya pelatihan-pelatihan
yang di lakukan oleh pemerintah setempat. Pngembangan pariwisata
berkelanjutan juga telah sesuai dengan indikator yaitu memanfaatkan lingkungan
sekitar dengan memanfaatkan sumber daya alam dalam membuat kerajinan, tetap
menjaga keaslian budaya lokal dan juga memperhatikan dampak ekonomi yang
dirasakan oleh masyarakat sekitar. Namun dalam pemanfaatan teknologi
informasi dalam mengenalkan pariwisata dan memasarkan hasil kerajinannya ini
belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pengelolah yayasan maupun
pemerintah namun dalam pemasaran produk yang diperjual belikan para pelaku
UMKM memnfaatkan media sosial pribadi sebagai salah satu tempat memasarkan
dagangannya. Dengan adanya pariwisata berkelanjutan ini juga dapat membuat
para pengrajin untuk mengembangkan produk-produk yang belum ada
sebelumnya.
Kata Kunci : Ekonomi Kreatif, Pariwisata Berkelanjutan,Pengembangan
Ekonomi Kreatif,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:46
Last Modified: 08 Jul 2024 06:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9000

Actions (login required)

View Item View Item