YUNIARTI. R, SABDA (2024) PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA MINUMAN TUUK TEA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sabda Yuniarti. R, 2023. “Pemanfaatan digital marketing pada usaha minuman
TUUK tea Kota Palopo”. Skripsi Program Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muzayyanah Jabani, S.T.,M.M.
Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan digital marketing pada usaha
minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan digital
marketing pada usaha minuman TUUK tea di Kota Palopo dan pemanfaatan
digital marketing pada usaha minuman TUUK tea dalam meningkatkan penjualan.
Pendekatan penelitian adalah Deskriptif dan jenis metode penelitian Kualitatif.
Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Dimana subjek penelitian adalah karyawan TUUK tea Kota Palopo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan digital marketing pada
usaha minuman TUUK tea Kota Palopo memiliki karyawan yang bertugas untuk
melaksanakan kegiatan promosi di media sosial. Pemanfaatan media sosial seperti
instagram, facebook dan twitter di pilih sebagai kegiatan marketing karena sasaran
produk ini lebih kepada mahasiswa dan pelajar anak sekolah. Pemanfaatan digital
marketing mampu meningkatkan penjualan secara online dari bulan Januari
sampai dengan November 2023. Penjualan yang di lakukan secara langsung hanya
34% sedangkan secara online mampu menembus angka 66% yang artinya bahwa
penjualan secara online mampu meningkatkan penjualan di TUUK tea.
Pemanfaatan digital marketing pada usaha minuman TUUK tea dalam
meningkatkan penjualan pada aspek Direct Marketing sudah digunakan oleh
pihak TUUK tea yang berupa pemanfaatan media internet untuk mempromosikan
produk dan jualan TUUK tea kepada masyarakat. Pada aspek Social Media
Marketing sudah di manfaatkan oleh pelaku usaha minuman TUUK tea dalam
melakukan penjualan dalam proses menawarakan minuman pada pembeli melalui
media sosial. Pada aspek Viral Marketing pelaku usaha minuman TUUK tea
belum sama sekali menerapkan Viral Marketing karena keterbatasan waktu untuk
membuat konten vidio untuk kegiatan Viral Marketing.
Kata Kunci: Digital marketing, SWOT, UMKM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 00:51 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 00:51 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9013 |
Actions (login required)
View Item |