PENGARUH MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP KARAKTER SISWA DI MTs NEGERI PALOPO

KRISBIANTORO, FATUR (2024) PENGARUH MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP KARAKTER SISWA DI MTs NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB)

Abstract

ABSTRAK
Fatur K,2024“Pengaruh Manajemen Kurikulum Terhadap Karakter Siswa di MTs Negeri Palopo”.
Skripsi Program Studi manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo, dibimbing oleh
Hisban Thaha dan Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang manajemen kurikulum terhadap karakter siswa Di MTs Negeri
Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh manajemen kurikulum di MTS Negeri
Palopo: Untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara manajemen kurikulum terhadap
karakter siswa di MTs Negeri Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-deskriptif. Sampel yang digunakan sebesar
30 peserta didik yang diambil dengan metode probability sampling dari populasi 295 peserta didik
dan 10 tenaga Kurikulum. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial
dengan menggunakan persamaan regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS vers.
29 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian secara analisis bahwa manajemen kurikulum di MTs Negeri
Palopo termasuk dalam kategori baik dengan persentase 30%. Sedangkan Karakter Siswa di MTs
Negeri Palopo termasuk dalam kategori baik dengan persentase 60%. Selain itu, diperoleh Thitung
3,416 > Ttabel 1.701 sehingga dapat disimpulkan Manajemen Kurikulum berpengaruh terhadap
Karakter Siswa dengan R2 (R square) sebesar 0,593 atau 59,3% pengaruh positif dan signifikan
terhadap manajemen kurikulum di MTs Negeri Palopo sedangkan sisanya 41,7% dipengaruh
variabel lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum Dan Karakter Siswa
xvi
ABSTRACT
Fatur K, 2024 "The Influence of Curriculum Management on Student Character at MTs Negeri
Palopo". Islamic Education Management Study Program Thesis, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic Institute, supervised by
Hisban Thaha and Alimuddin.
This thesis discusses curriculum management towards student character at MTs Negeri
Palopo. This research aims: To determine the level of student satisfaction at MTS Negeri Palopo:
To determine the positive and significant influence of curriculum management on student character
at MTs Negeri Palopo.
This research uses quantitative-descriptive methods. The sample used was 30 students taken
using a probability sampling method from a population of 295 students and 10 curriculum staff. The
instruments used are questionnaires and documentation. The data analysis technique used is
descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis using simple linear regression
equations using SPSS vers. 29 for windows.
Based on analytical research results, curriculum management at MTs Negeri Palopo is
included in the good category with a percentage of 30%. Meanwhile, student character at MTs
Negeri Palopo is included in the good category with a percentage of 60%. Apart from that, we
obtained Tcount 3.416 > Ttable 1.701 so it can be concluded that Curriculum Management has an
influence on Student Character with R2 (R square) of 0.593 or 59.3% of the positive and significant
influence on curriculum management at MTs Negeri Palopo while the remaining 41.7% is
influenced by variables others that cannot be explained in this study.
Keywords: Curriculum Management and Student Character

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2024 00:39
Last Modified: 10 Jul 2024 00:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9033

Actions (login required)

View Item View Item