PERSEPSI NASABAH TERHADAP PRODUK AR-RAHN PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG LUWU (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Ponjalae Kota Palopo)

RAMADANI, SUCI (2024) PERSEPSI NASABAH TERHADAP PRODUK AR-RAHN PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG LUWU (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Ponjalae Kota Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Suci Ramadani, 2024. “Persepsi Nasabah Terhadap Produk Ar Rahn Pada
Pegadaian Syariah Cabang Luwu (Studi Pada Masyarakat
Kelurahan Ponjalae, Kota Palopo)”. Skripsi Program Studi
Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Takdir, S.H.,
M.H.
Skripsi ini membahas tentang Persepsi Nasabah Kelurahan Ponjalae, Kota
Palopo Menggunakan Produk Ar Rahn Pada Pegadaian Syariah Cabang Luwu
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaiamana persepsi nasabah
kelurahan Ponjalae, kota Palopo terhadap produk Ar Rahn, dan produk gadai
syariah sangat berpengaruh terhadap persepsi nasabah menggunakan produk Rahn
pada Pegadaian Syariah Cabang Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research) yaitu penelitian langsung kepada informan. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun teknik uji keabsahan
data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi
waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi nasabah menggunakan
produk ar rahn pada pegadaian syariah cabang Luwu karena mampu melepaskan
nasabah/masyarakat untuk tidak melakukan pembiayaan pada lembaga atau
seseorang yang tidak berbasis syariah. Informan juga merasa bahwa ar rahn
adalah layanan untuk membantu masyarakat atau nasabah memenuhi kebutuhan
ekonomi mereka seperti modal usaha dan transaksi lainnya dengan didukung
dengan beberapa alasan, yaitu pelayanan, promosi, dan ekonomi.
Kata Kunci: Persepsi, Nasabah, Ar Rahn, Pegadaian Syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2024 00:56
Last Modified: 10 Jul 2024 00:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9036

Actions (login required)

View Item View Item