AYUNI, SINDI (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM UPAYA MENARIK MINAT NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (101kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sindi Ayuni, 2024.”Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas dalam
Upaya Menarik Minat Nasabah di Pegadaian Syariah Kota Palopo".
Skripsi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Muh. Ruslan
Abdullah, S.EI.,M.A.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Strategi Pemasaran Produk
Tabungan Emas dalam Upaya Menarik Minat Nasabah di Pegadaian Syariah Kota
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk
tabungan emas di Pegadaian Syariah Kota Palopo dan untuk mengetahui
perkembangan Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Kota Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang merupakan
metode yang berusaha menggambarkan, menginterprestasikan suatu objek yang
sesuai dengan apa adanya dan berusaha menggambarkan secara sistematis fakta,
karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik; observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data dalam
penelitian ini ialah sumber data primer yaitu berasal dari wawancara langsung
nasabah tabungan emas Pegadaian Syariah Kota Palopo dan pegawai di Pegadaian
Syariah Kota Palopo. Analisis data dengan menggunakan tahap analisis; reduksi
data, penyajian data dan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Perkembangan Tabungan Emas
di Pegadaian Syariah Kota Palopo menunjukkan fluktuasi yang signifikan dari
tahun 2019 hingga 2023. Jumlah nasabah mengalami penurunan dari 43 nasabah
pada tahun 2019 menjadi 20 nasabah pada tahun 2020, mencerminkan penurunan
tajam sebesar 53%. Kemudian, terjadi peningkatan besar sebesar 175% pada tahun
2021 dengan jumlah nasabah mencapai 55. Pertumbuhan ini berlanjut dengan
peningkatan sebesar 9% pada tahun 2022 dengan jumlah nasabah 60, dan 22% pada
tahun 2023 dengan jumlah nasabah 73. (2). Strategi pemasaran produk tabungan
emas di Pegadaian Syariah Kota Palopo menggunakan pendekatan 7P yang
meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Produk
tabungan emas mereka telah disesuaikan dengan kebutuhan modern, mudah diakses
oleh semua kalangan, dan ditawarkan dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp.
50.000. Lokasi Pegadaian yang strategis memudahkan akses nasabah, sementara
promosi dilakukan melalui berbagai saluran seperti brosur dan seminar. Semua
pegawai terlibat dalam pemasaran, proses administrasi yang cepat dan mudah, serta
lingkungan fisik yang nyaman juga menjadi daya tarik. Evaluasi bulanan dilakukan
untuk memastikan strategi tetap efektif, yang terbukti dengan peningkatan jumlah
nasabah setiap tahun.
Kata Kunci: Minat Nasabah, Pegadaian Syariah, Produk Tabung Emas, Strategi
Pemasaran.
xxi
ABSTRACT
Sindi Ayuni, 2024."Analysis of Marketing Strategy of Gold Savings Products in an
Effort to Attract Customer Interest at Pegadaian Syariah Palopo
City". Sharia Banking Thesis, Faculty of Economics and Islamic
Business, Palopo State Islamic Institute. Supervised by Dr. Muh.
Ruslan Abdullah, S.EI.,M.A.
This thesis discusses the Analysis of Marketing Strategies for Gold Savings
Products in an Effort to Attract Customer Interest at Pegadaian Syariah Palopo
City. This study aims to determine the marketing strategy of gold savings products
at Pegadaian Syariah Kota Palopo and to find out the development of Gold Savings
at Pegadaian Syariah Kota Palopo.
This type of research is descriptive qualitative research which is a method
that seeks to describe, interpret an object that is in accordance with what it is and
seeks to describe systematically the facts, characteristics of the object or subject
under study precisely. Data collection is done by technique; observation,
interviews, documentation. The source of data in this study is the primary data
source, which comes from direct interviews with gold savings customers of
Pegadaian Syariah Palopo City and employees at Pegadaian Syariah Palopo City.
Data analysis using the analysis stage; data reduction, data presentation and
conclusion.
The results showed that (1). The development of Gold Savings at Pegadaian
Syariah Palopo City shows significant fluctuations from 2019 to 2023. The number
of customers decreased from 43 customers in 2019 to 20 customers in 2020,
reflecting a sharp decline of 53%. Then, there was a large increase of 175% in
2021 with the number of customers reaching 55. This growth continues with an
increase of 9% in 2022 with 60 customers, and 22% in 2023 with 73 customers. (2).
The marketing strategy of gold savings products at Pegadaian Syariah Kota Palopo
uses a 7P approach which includes products, prices, places, promotions, people,
processes, and physical evidence. Their gold savings products have been adapted
to modern needs, easily accessible to all circles, and offered at affordable prices
starting from Rp. 50,000. The strategic location of Pegadaian facilitates customer
access, while promotions are carried out through various channels such as
brochures and seminars. All employees are involved in marketing, the quick and
easy administration process, and the comfortable physical environment are also
attractions. Monthly evaluations are conducted to ensure the strategy remains
effective, as evidenced by the increase in the number of customers every year.
Keywords: Customer Interest, Sharia Pawnshop, Gold Tube Product, Marketing
Strategy.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 07:14 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:14 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9039 |
Actions (login required)
View Item |