FAKTOR-FAKTORYANGMEMPENGARUHI MINAT PELAKU UMKM TERHADAP PRODUK PUR YANG DITAWARKAN OLEH BANK SYARIAH (STUDI KASUSBSI KCP RATULANGI PALOPO)

BASRI, BASRI (2022) FAKTOR-FAKTORYANGMEMPENGARUHI MINAT PELAKU UMKM TERHADAP PRODUK PUR YANG DITAWARKAN OLEH BANK SYARIAH (STUDI KASUSBSI KCP RATULANGI PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)

Abstract

ABSTRAK
Basri, 2018, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pelaku UMKM
Terhadap Produk PUR Yang Di Tawarkan Bank Syariah (Studi Kasus BSI
KCP Palopo Ratulangi)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh M.Ikhsan Purnama, S.E.,Sy.M.E.
Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah
terhadap produk PUR di BSI KCP Palopo Ratulangi. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengusaha UMKM
terhadap PUR yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Palopo
Ratulangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode analisis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di BSI KCP Palopo
Ratulangi, dengan masa penelitian ± 1 bulan. Dengan populasi sebanyak 125
nasabah BSI KCP Palopo Ratulangi yang merupakan para pelaku UMKM.
sehingga memperoleh sampel sebesar 95 responden. Alat analisis yang
diguanakan adalah bantuan SPSS versi 20.Dari hasil pengolahan data tersebut
menunjukkan bahwa secara parsial kedelapan faktor dalam penelitian berpengaruh
terhadap minat nasabah (pelaku UMKM) dalam mengambil pembiayaan PUR
yang ditawarkan BSI KCP Palopo Ratulangi. Dimana faktor religius dengan
tingkat signifikan 0,019 dan nilai Thitung >Ttabel (2,396 > 0,677), sedangkan
faktor kelompok referensi memperoleh tingkat signifikan sebesar 0,000 dan nilai
Thitung>Ttabel (3,837 > 0,677), adapun faktor kondisi ekonomi memperoleh
tingkat signifikan sebesar 0,000 dan nilai Thitung >Ttabel (3,766 > 0,677), dan
faktor pelayanan dengan tingkat signifikan yaitu 0,000 serta nilai Thitung>Ttabel
(20,313 > 0,677), faktor keunggulan produk pada tingkat signifikan 0,000 dan
nilai Thitung >Ttabel (6,238 > 0,677), faktor promosi pada tingkat signifikan
0,002 dan nilai Thitung >Ttabel (1,821 > 0,677), faktor lokasi pada tingkat
signifikan 0,464 dan nilai Thitung >Ttabel (0,736 > 0,677), dan faktor sarana fisik
pada tingkat signifikan 0,007 dan nilai Thitung >Ttabel (-2,772 > 0,677). Secara
semultan juga menunjukkan hasil bahwa delapan variabel faktor tersebut minat
pengusaha UMKM terhadap PUR yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia
KCP Palopo Ratulangi dengan tingkat signifikan 0,000.
Kata Kunci: Pembuayaan Usaha Rakyat (PUR), Religius, Kelompok Referensi,
Kondisi Ekonomi, Pelayanan, Keunggulan Produk, Minat, UMKM.
xxiv
ABSTRACT
Basri, 2018, "Factors Influencing MSME Interest in KUR Products Offered by
Islamic Banks (Case Study of BSI KCP Palopo Ratulangi)". Thesis of
Islamic Banking Study Program Faculty of Economics and Islamic Business
Palopo State Islamic Institute. Supervised by M. Ikhsan Purnama, S.E.,
Sy.M.E.
This thesis discusses the factors that influence customer interest in PUR products
at BSI KCP Palopo Ratulangi. This study aims to describe the factors that
influence the interest of MSME entrepreneurs in PUR offered by Bank Syariah
Indonesia KCP Palopo Ratulangi. This type of research is quantitative research
using descriptive analysis method. The research location was carried out at BSI
KCP Palopo Ratulangi, with a research period of ± 1 month. With a population of
125 BSI KCP Palopo Ratulangi customers who are MSME actors. so as to obtain
a sample of 95 respondents. The analysis tool used was SPSS version 20. The
results of the data processing showed that partially the eight factors in the study
had an effect on the interest of customers (MSME actors) in taking PUR financing
offered by BSI KCP Palopo Ratulangi. Where is the religious factor with a
significant level of 0.019 and the value of Tcount>Ttable (2.396> 0.677), while
the reference group factor obtains a significant level of 0.000 and the value of
Tcount>Ttable (3.837> 0.677), while the factor of economic conditions obtains a
significant level of 0.000 and the value of Tcount >Ttable (3.766 > 0.677), and
service factor with a significant level of 0.000 and Tcount>Ttable (20.313 >
0.677), product excellence factor at a significant level of 0.000 and Tcount
>Ttable (6.238 > 0.677), promotion factor at a significant level 0.002 and Tcount
>Ttable (1.821 > 0.677), location factor at a significant level of 0.464 and Tcount
>Ttable (0.736 > 0.677), and physical facilities factor at a significant level of
0.007 and Tcount >Ttable (-2.772 > 0.677). Simultaneously it also shows the
results that the eight factor variables are the interest of MSME entrepreneurs in
PUR offered by Bank Syariah Indonesia KCP Palopo Ratulangi with a significant
level of 0.000.
Keywords: People's Business Culture (PUR), Religious, Reference Group,
Economic Condition, Service, Product Excellence, Interest, UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:25
Last Modified: 11 Jul 2024 01:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9054

Actions (login required)

View Item View Item