PENGARUH HALAL AWARENESS DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI RESTORAN MYOUNG-GA EXPRESS DI KOTA PALOPO)

RAHMALIANTI, RAHMALIANTI (2024) PENGARUH HALAL AWARENESS DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI RESTORAN MYOUNG-GA EXPRESS DI KOTA PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmalianti, 2024 “Pengaruh Halal Awareness dan Preferensi Konsumen Terhadap Minat Beli
Produk Makanan Halal (Studi Restoran Myoung-Ga Express Di Kota Palopo)”. Skripsi
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Muzayannah Jabani.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Halal Awareness dan Preferensi Konsumen Terhadap
Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Restoran Myoung-ga Express di Kota Palopo).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial halal awareness terhadap minat
beli produk makanan halal, pengaruh secara parsial preferensi konsumen terhadap minat beli
produk makanan halal, serta pengaruh secara simultan halal awareness dan preferensi konsumen
terhadap minat beli produk makanan halal. Metode yang digunakan adalah metode penelitian
kuantitatif. Teknik pegumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah
konsumen Myoung-ga yang beragama Islam berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji
heterokedastisitas serta uji hipotesis yang terdiri dari uji parsial, uji simultan, dan koefisien
determinasi (R2). Hasil penelitian ini diketahui secara parsial variabel halal awareness tidak
berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini terlihat thitung < ttabel atau 0,848 < 1,984 dengan nilai
signifikansi 0,399 > 0,05 sedangkan secara parsial variabel preferensi konsumen berpengaruh
terhadap minat beli. Hal ini terlihat thitung > ttabel atau 11,293 > 1,984 dengan nilai signifikansi 0,000
< 0,05. Sementara Secara Simultan pengaruh variabel independent (X) terhadap variabel dependen
(Y) menunjukkan bahwa nilai ftabel 2.70 dengan fhitung 85,856 > 2.70 dengan signifikansi sebesar
0,000 < 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa variabel independen terdiri dari halal awareness (X1),
dan preferensi konsumen (X2), secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel
dependen atau minat beli (Y).
Kata Kunci: Halal Awareness, Preferensi Konsumen, Minat BelI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:38
Last Modified: 11 Jul 2024 01:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9055

Actions (login required)

View Item View Item