MODELPROBLEMSOLVINGUNTUKMENGATASIPERILAKU MENUNDAPEKERJAANRUMAHPADASISWADISDN213BAMBA KECAMATANBONE-BONE

SYAIRAH, FIRGA (2024) MODELPROBLEMSOLVINGUNTUKMENGATASIPERILAKU MENUNDAPEKERJAANRUMAHPADASISWADISDN213BAMBA KECAMATANBONE-BONE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK
Firga Syairah, 2024. “Model Problem Solving Untuk Mengatasi Perilaku
Menunda Pekerjaan Rumah Pada Siswa di SDN 213 Bamba,
Kecamatan Bone-Bone.” Skripsi Program Studi Bimbingan
dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan
Dakwah Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Hamdani Thaha, S.Ag., M.Pd. dan Nur Mawakhira
Yusuf, S.Pd.I., M.Psi.
Skripsi ini membahas tentang model problem solving untuk mengatasi perilaku
menunda pekerjaan rumah (PR) pada siswa di SDN 213 Bamba Kecamatan
Bone-Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model problem solving
yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi perilaku menunda pekerjaan rumah
pada siswa di SDN 213 Bamba. Serta mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku menunda siswa di SDN 213 Bamba. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa guru di SDN 213 Bamba khususnya pada kelas V dan VI memberikan
serangkaian langkah-langkah problem solving jenis model problem solving six
sigma kepada siswa yang memiliki perilaku menunda pekerjaan rumah sesuai
dengan masalah yang dihadapi siswa. Langkah-langkah problem solving yang
digunakan guru adalah identifikasi masalah, analisis penyebab, membuat rencana
tindakan, pelaksanaan tindakan kemudian evaluasi. Model problem solving yang
dilakukan oleh guru terbukti efektif pada siswa yang memiliki perilaku menunda
yang ditandai dengan penyelesaian tugas yang lebih tepat waktu, peningkatan
motivasi, peningkatan pemahaman materi, pemahaman dalam perilaku belajar,
respon positif dari orang tua, peningkatan kinerja akademis. Faktor yang
mempengaruhi perilaku menunda mengerjakan PR pada siswa adalah dukungan
orang tua dan guru, tingkat kesulitan tugas, terlalu percaya diri, motivasi dan
minat, keterampilan manajemen waktu, kurang percaya diri.
Kata Kunci: Model Problem Solving, Perilaku Menunda Mengerjakan PR

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:42
Last Modified: 16 Jul 2024 06:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9068

Actions (login required)

View Item View Item