PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN STATISTIKA PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LUWU UTARA

MARIA, MARIA (2024) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN STATISTIKA PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB)

Abstract

ABSTRAK
Maria, 2024.”Pengembangan Alat Peraga Papan Statistika pada Materi Statistika
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2
Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh Sumardin Raupu dan Nilam
Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas mengenai pengembangan alat peraga papan statistika
pada materi statistika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri
2 Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prototype akhir, validitas,
praktikalitas, dan mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan
dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D),
dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan yaitu: analisis
(Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 41 siswa
kelas X SMAN 2 Luwu Utara. Instrumen yang digunakan adalah pedoman
wawancara, lembar observasi, lembar validasi produk (media dan materi), angket
respon siswa, dan soal tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif
kuantitatif.
Hasil pengembangan media alat peraga papan statistika menunjukkan
bahwa rata-rata hasil validasi ahli media dan materi dengan kategori “sangat valid”.
Uji praktikalitas oleh siswa dengan kategori “sangat praktis”. Hasil uji N-Gain
menunjukkan bahwa media alat peraga papan statistika efektif digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Luwu Utara.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Alat Peraga, Mean Median Modus, Hasil
Belajar Siswa.
xxii
ABSTRAK
Maria, 2024."Development of Statistics Board Teaching Aids on Statistics
Material to Improve Learning Outcomes for Class X Students of
SMA Negeri 2 North Luwu". Thesis of the Mathematics Education
Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State
Islamic Institute (IAIN) Palopo. Supervised by Sumardin Raupu and
Nilam Permatasari Munir.
This thesis discusses the development of a statistics board tool on statistics
material to improve the learning outcomes of class X students at SMA Negeri 2
North Luwu. This research aims to determine the final prototype, validity, and
practicality, and also determine the effectiveness of the learning media developed
in improving student learning outcomes.
The type of research used is Research and Development (R&D), with the
ADDIE development model consisting of stages, namely: analysis, design,
development, implementation, and evaluation. The subjects of this research were
41 class X students of SMAN 2 North Luwu. The instruments used were interview
guides, observation sheets, product validation sheets (media and materials), student
response questionnaires, and learning outcomes test questions (pretest and posttest).
The data analysis technique used is qualitative descriptive analysis and quantitative
descriptive analysis.
The results of the development of media for statistical board teaching aids
show that the average validation results from media and material experts are in the
”very valid” category. Practicality test by students in the ”very practical” category.
The results of the N-Gain test show that the statistics board teaching aid media is
effectively used to improve the learning outcomes of class X students at SMAN 2
North Luwu.
Keywords: Learning Media, Teaching Aids, Mean Median Mode, Student
Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:43
Last Modified: 17 Jul 2024 05:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9075

Actions (login required)

View Item View Item