IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 1 LALEBBATA KOTA PALOPO

ADAWIYAH, GITA (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 1 LALEBBATA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB)

Abstract

ABSTRAK
Gita Adawiyah, 2024, “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN
1 Lalebbata Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K dan Ahmad Munawir.
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan projek penguatan profil
pelajar Pancasila, Mendeskripsikan dampak implementasi projek penguatan profil pelajar
Pancasila terhadap karakter peserta didik SDN 1 Lalebbata kota Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan
penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan 2 orang
wali kelas pada kelas IV SDN 1 Lalebbata kota Palopo.
Hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar
Pancasila di SDN 1 Lalebbata kota Palopo tahun ajaran 2023/2024 diketahui bahwa dalam
penerapan P5 ini ada 3 tahapan yaitu meliputi tahap Perencanaan, Pelaksanaan, dan
Evaluasi. 1) Tahap perencanaan adalah kegiatan yang dimana merencanakan suatu
pembelajaran yang didalamnya yaitu membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat
kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema, alokasi waktu P5, menyusun modul
projek, dan merancang pelaporan hasil projek. 2) Tahap pelaksanaan menggunakan sintaks
yaitu mempersipakan sumber belajar dalam hal ini adalah alat dan bahan, membentuk
kelompok, mengerjakan projek yang meliputi pengenalan, kontekstualisasi, aksi, tahap
refleksi dan tindak lanjut. 3) Tahap evaluasi, dalam mengevaluasi kegiatan projek yang
dilakukan berupa evaluasi proses dengan cara mengamati peerkembangan peserta didik
selama proses pelaksanaan projek. Dampak implementasi projek penguatan profil pelajar
Pancasila terhadap karakter peserta didik SDN 1 Lalebbata kota Palopo tahun ajaran
2023/2024 nilai-nilai karakter dimensi P5 antara lain: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, peserta didik melakukannya dengan cara berdoa,
membaca surah pendek sebelum memulai pembelajaran, dan sholat dzhur berjamaah, 2)
Berkebinekaan global dalam hal ini semua peserta didik duduk saling berhadapan tanpa
membedakan teman yang berbeda agama, suku, dan kemampuan pemahaman yang di
miliki peserta didik, 3) Bergotong-royong dalam hal ini peserta didik saling bekerja dalam
melaksanakan kegiatan projek dengan baik, 4) Mandiri dalam hal ini peserta didik
menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, 5) Bernalar Kritis dalam hal ini peserta
didik memberikan pendapat mengenai suatu informasi yang berkaitan dengan projek, 6)
Kreatif dalam hal ini peserta didik menghasilkan karya tanaman hidroponik menggunakan
botol bekas.
Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar
xxiv
ABSTRACT
Gita Adawiyah, 2024, "Implementation of the Project for Strengthening the Profile of
Pancasila Students at SDN 1 Lalebbata, Palopo City". Thesis for Madrasah
Ibtidaiyah Teacher Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised by Nurdin K and Ahmad
Munawir.
This research aims to describe the implementation of the project to strengthen
the profile of Pancasila students. Describe the impact of the implementation of the project
to strengthen the profile of Pancasila students on the character of students at SDN 1
Lalebbata, Palopo city.
This research uses a qualitative descriptive research type. Data collection
techniques were carried out by means of observation, interviews and documentation. Data
analysis techniques are carried out by collecting data, condensing data, displaying data, and
drawing conclusions. The subjects of this research were the principal and 2 homeroom
teachers in class IV of SDN 1 Lalebbata, Palopo city.
The results of the research show that in the implementation of the project to
strengthen the profile of Pancasila students at SDN 1 Lalebbata, Palopo city, in the
2023/2024 academic year, it is known that in implementing P5 there are 3 stages, namely
the Planning, Implementation and Evaluation stages. 1) The planning stage is an activity
which involves planning a lesson which includes forming a facilitator team, identifying the
level of readiness of the educational unit, designing dimensions, themes, P5 time allocation,
compiling project modules, and designing reporting of project results. 2) The
implementation stage uses syntax, namely preparing learning resources, in this case tools
and materials, forming groups, working on projects which include introduction,
contextualization, action, reflection and follow-up stages. 3) The evaluation stage, in
evaluating project activities, is carried out in the form of a process evaluation by observing
the development of students during the project implementation process. The impact of
implementing the project to strengthen the profile of Pancasila students on the character of
students at SDN 1 Lalebbata, Palopo city for the 2023/2024 academic year, the character
values of the P5 dimension include: 1) Have faith, be devoted to God Almighty and have
noble character, students do this by praying , reading a short surah before starting learning,
and midday prayers in congregation, 2) Global diversity in this case all students sit facing
each other without distinguishing between friends of different religions, ethnicities, and the
students' understanding abilities, 3) Working together in in this case students work with
each other in carrying out project activities well, 4) Independently in this case students
complete the tasks given by the teacher, 5) Critical Reasoning in this case students provide
opinions regarding information related to the project, 6) Creative In this case, students
produce hydroponic plant works using used bottles.
Keywords: Pancasila Student Profile, Elementary School

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:01
Last Modified: 17 Jul 2024 06:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9077

Actions (login required)

View Item View Item