PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBANTUAN DORATOON PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SDN 09 MATTEKKO

PAGENO, RAHMA BINTI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBANTUAN DORATOON PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SDN 09 MATTEKKO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (410kB)

Abstract

ABSTRAK
Rahma Binti Pageno, 2024, “Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan
Doratoon Pada Materi Ekosistem Kelas V SDN 09 Mattekko.” Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.” Dibimbing
oleh: Salmilah dan Arwan Wiratman.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media video animasi
berbasis doratoon pada materi ekosistem kelas V SDN 09 Mattekko Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media video animasi berbasis
doratoon pada materi ekosistem kelas V SDN 09 Mattekko, mengetahui validitas
media video animasi berbasis doratoon pada materi ekosistem kelas V SDN 09
Mattekko, dan mengetahui keprakraktisan media video animasi berbantuan
doratoon pada materi ekosistem kelas V SDN 09 Mattekko.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development
(R&D dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap
analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap
evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 09 Mattekko, subjek penelitian adalah
peserta didik kelas V yang berjumlah 17 orang dan wali kelas V serta 3 orang
validator ahli. Objek yang diteliti media video animasi berbatuan doratoon, teknik
pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik
analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media video
animasi berbantuan yang telah memenuhi kategori valid. Adapun hasil validasi
media video animasi menunjukkan bahwa hasil validasi media diperoleh nilai
90,9% dengan kategori sangat valid, hasil validasi materi diperoleh nilai 79,5%
dengan kategori valid, Sedangkan hasil validasi bahasa diperoleh nilai 79 % dengan
kategori valid, hasil uji praktikalitas terhadap guru kelas V SDN memperoleh nilai
92,5% dengan kategori sangat praktis, Sedangkan hasil uji praktikalitas terhadap 17
peserta didik Kelas V SDN 09 diperoleh nilai 87,8% dengan kategori sangat praktis.
Hal ini menunjukkan bahwa media video animasi yang dikembangkan oleh peneliti
layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Peneliti berharap produk yang
dikembangkan dapat memudahkan guru dalam proses pembelajaran dan peserta
didik mampu memahami materi ekosistem dengan baik.
Kata Kunci: Media, Video Animasi, Doratoon
xxiv
ABSTRACT
Rahma Binti Pageno, 2024, "Development of Animation Video Media with the
Assistance of Doratoon on Class V Ecosystem Material at SDN 09
Mattekko." "Thesis of Madrasah Ibtidayah Teacher Education Study
Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic
Institute." Supervised by: Salmilah and Arwan Wiratman.
This research discusses the development of doratoon-based animated video
media in class V ecosystem material at SDN 09 Mattekko. This research aims to
determine the procedure for developing doratoon-based animated video media in
class V ecosystem material at SDN 09 Mattekko, to find out the validity of
doratoon-based animated video media in class ecosystem material. V SDN 09
Mattekko, and find out the practicality of animated video media assisted by
Doratoon in class V ecosystem material at SDN 09 Mattekko.
This research produces learning media in the form of assisted animation
video media which meets the valid category. Meanwhile, the results of the animated
video media validation show that the media validation results obtained a score of
90.9% in the very valid category, the material validation results obtained a score of
79.5% in the valid category, while the language validation results obtained a score
of 79% in the valid category, the results of the practicality test The class V SDN
teachers scored 92,5% in the very practical category, while the results of the
practicality test for 17 Class V SDN 09 students scored 87,2% in the very practical
category. This shows that the animated video media developed by researchers is
suitable for use for learning activities. Researchers hope that the product developed
can make it easier for teachers in the learning process and students will be able to
understand ecosystem material well.
Keywords: Media, Animation Video, Doratoon

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2024 00:24
Last Modified: 19 Jul 2024 00:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9086

Actions (login required)

View Item View Item