WIDIA, WIDIA (2024) MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM PADA SISWA KELAS VII MTs BATUSITANDUK KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
Text
REPO.PDF Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Widia, 2024. “Mengembangkan Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Bimbingan
Konseling Islam Pada Siswa Kelas VII MTs Batusitanduk Kabupaten
Luwu" Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Bapak Dr.
Baso Hasyim, M. Sos. I. dan Ibu Jumriani, S. Sos., M. I. Kom.
Penelitian ini membahas tentang mengembangkan kecerdasan emosional
melalui layanan bimbingan konseling islam pada siswa kelas VII MTs Batusitanduk
Kabupaten Luwu. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
gambaran kecerdasan emosional dan upaya yang dilakukan guru BK unyuk
mengembangkan kecerdasan emosional pada siswa kelas VII MTs Batusitanduk.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode
penelitian lapangan (field research). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif. Sumber data penelitian didapatkan dari data primer dan data
sekunder dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengembangkan kecerdasan
emosional melalui layanan bimbingan konseling islam pada siswa kelas VII MTs
Batusitanduk Kabupaten Luwu meliputi beberapa indikator yaitu: Gambaran Umum
Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Bimbingan Konseling seperti merasakan
emosi diri sendiri, mampu mengenali dan mengendalikan emosi dalam dirinya, juga
dapat memberi sudut pandang. Bagaimana Upaya guru BK untuk meningkatkan
kecerdasan emosional siswa Bimbingan Konseling, Merancang program
pembelajaran yang terstruktur agar tepat sasaran untuk mengembangkan kecerdasan
emosional siswa, Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran kecerdasan
emosional siswa, Mengajarkan siswa untuk memahami maupun menghargai emosi
orang lain, Mengajarkan teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam,
Membantu mengendalikan emosinya, Melatih siswa dalam keterampilan komunikasi
yang efektif, Mengajarkan siswa cara menyelesaikan konflik berdamai dengan orang
lain, Melakukan evaluasi teratur terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa
dapat memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka terus
berkembang. Dan faktor-faktor yang menghambat untuk mendukung perkembangan
emosional siswa, Kurangnya perhatian keluarga maupun orang tua, Kurangnya
kesadaran diri anak itu sendiri, Kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar.
Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Layanan bimbingan konseling islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:08 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:08 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9094 |
Actions (login required)
View Item |