UPAYA PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI ETIKA BURUK DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

ISLAM, MUHAMMAD FAHRUL (2024) UPAYA PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI ETIKA BURUK DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Fahrul Islam, 2024. Upaya Penerapan Teknik Self Management
untuk Mengurangi Etika Buruk dalam Proses Pembelajaran Siswa di
Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Palopo”. Skripsi Program Studi
Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan
Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Baso
Hasyim dan Sabaruddin.
Skripsi ini membahas tentang penerapan teknik self management terhadap
etika buruk siswa di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik self-management berpengaruh
positif dan signifikan terhadap etika buruk peserta didik terkhusus kelas XI
Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
pre eksperiment dengan desain one group pretest postest design. Hasil
menunjukkan; (1) gambaran etika buruk siswa sebagian besar berada pada kategori
tinggi dengan persentase 65,83%, sedangkan dalam kategori rendah dengan
persentase 34,17%, (2) proses penerapan teknik self management dilaksanakan
sesuai dengan prosedur yang telah disusun dengan 8 kali pertemuan, dan (3) hasil
menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik self management
dengan etika buruk siswa. Hal ini berdasarkan dari hasil uji t menggunakan Paired
Sample t Tes yang menghasilkan nilai t hitung 27,92 mean 36,13, kemudian t hitung
dibandingkan dengan t tabel dengan ketentuan t hitung > t tabel (27,92 > 1,294)
dengan demikian etika buruk siswa mengalami perubahan setelah diberikan
perlakuan berupa penerapan teknik self management dengan signifikan 0,000 <
0,05. Berdasarkan hal tersebut, maka H1 diterima yang artinya penerapan teknik
self management berpengaruh terhadap etika buruk siswa di sekolah Madrasah
Aliyah Negeri Palopo.
Kata Kunci: Siswa, Self Management, Etika Buruk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2024 00:26
Last Modified: 19 Jul 2024 00:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9096

Actions (login required)

View Item View Item