IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 3 PALOPO

MARUF, SAHRUL (2024) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 3 PALOPO. UNSPECIFIED thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)

Abstract

ABSTRAK
Sahrul Maruf, 2024. “Implementasi Kepemimpinan Transfomasional Kepala
Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 3 Palopo”.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Taqwa dan Alimuddin.
Skripsi
ini
membahas
tentang
Implementasi
Kepemimpinan
Transfomasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP
Negeri 3 Palopo. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui kinerja guru,
implementasi
kepemimpinan
transformasional
kepala
sekolah
dalam
meningkatkan kinerja guru, dan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal
yang berkontribusi dalam implementasi kepemimpinan transformasional kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan Teknik pengumpulan data
seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data
yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif dengan model analisis
interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kinerja guru di SMP Negeri 3
Palopo mengalami peningkatan, guru mampu merancang bahan ajar dengan baik,
guru mampu menguasai dan memahami bahan ajar, mampu menggunakan metode
yang bervariasi dan guru mampu memahami peserta didik. 2) implementasi
kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru
di SMP Negeri 3 Palopo di antaranya. kepemimpinan ideal/karismatik, dapat
memberikan daya tarik pribadi yang dimiliki oleh kepala sekolah, implementasi
inspirasional motivasi, memberikan dorongan semangat secara langsung kepada
pendidik melalui rapat forum mingguan, implementasi stimulasi intelektual,
kepala sekolah memberikan ilmu dan wawasan melalui MGMP dan worskop
pelatihan lainya, Implementasi Pertimbangan individual, kepala sekolah bermitra
dengan guru untuk memberikan solusi dari masalah yang di hadapi. 3) faktor
internal yang berkontribusi yaitu lingkungan sekolah yang kondusif, sarana dan
prasarana yang memadai, rasio guru dan siswa yang ideal. Faktor eksternal yang
berkontribusi dalam implementasi kepemimpinan transformasional adalah adanya
dukungan dari instansi dari luar dan pihak orang tua peserta didik.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah, Kinerja Guru.
xxii
ABSTRACT
Sahrul Maruf, 2024. "Implementation of Transformational Leadership by School
Principals in Improving Teacher Performance at SMP Negeri 3 Palopo".
Thesis of the Islamic Education Management Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised
by Taqwa and Alimuddin.
This thesis discusses the implementation of the principal's transformational
leadership in improving teacher performance at SMP Negeri 3 Palopo. This
research aims to determine teacher performance, how the principal implements
transformational leadership in improving teacher performance, and what internal
and external factors contribute to the principal's implementation of
transformational leadership in improving teacher performance at SMP Negeri 3
Palopo.
The type of research used in this research is descriptive qualitative. This
research was carried out at SMP Negeri 3 Palopo. The instruments used are
observation, interviews and documentation. In this research, the data analysis used
is descriptive analysis with the interactive analysis model from Miles and
Huberman.
The results of this research show that: 1) the performance of teachers at
SMP Negeri 3 Palopo includes. Teachers are able to design teaching materials,
teachers are able to master and understand teaching materials, and are able to use
varied methods. 2) implementation of the principal's transformational leadership
in improving teacher performance at SMP Negeri 3 Palopo, among others.
ideal/charismatic leadership, can provide the personal appeal of the principal,
implementation of inspirational motivation, providing direct encouragement to
educators through weekly forum meetings, implementation of intellectual
stimulation, principals providing knowledge and insight through MGMP and other
training workshops, Implementation Individual consideration, the principal
partners with teachers to provide solutions to the problems faced. 3) internal
factors that contribute, namely a conducive school environment, adequate
facilities and infrastructure, ideal teacher and student ratio. External factors that
contribute to the implementation of transformational leadership are support from
external agencies and the students' parents.
Keywords: Transformational leadership, Headmaster, Teacher Performance.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:43
Last Modified: 19 Jul 2024 01:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9102

Actions (login required)

View Item View Item