PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI AJAR MARI MENGENAL RASUL-RASUL ALLAH DI SD NEGERI 035 AWO-AWO KECEMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA

HASYIM, MUH. JAMIL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI AJAR MARI MENGENAL RASUL-RASUL ALLAH DI SD NEGERI 035 AWO-AWO KECEMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of pustaka.pdf] Text
pustaka.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Eva, 2024.”Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular
Tangga pada Materi Ajar Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah di SD
Negeri 035 Awo-Awo Kecematan Baebunta Kabupaten Luwu Utara."
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Munir Yusuf dan Syamsu Sanusi.
Skripsi ini membahas tentang media pembelajaran berbasis permainan ular
pada materi ajar mari mengenal Rasul-rasul Allah di SD Negeri 035 Awo-awo, Kec
Baebunta, Kab. Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada
materi ajar mari mengenal Rasul-Rasul Allah.
Jenis penelitian adalah penelitian research and development (R&D) dengan
model pengembangan 4D yaitu (1) pendefinisian (Define), (2) perencanaan
(Design), (3) pengembangan (Develop), (4) penyebaran (Disseminate). Subjek pada
penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V di SD Negeri 035 Awo-awo. Objek
dalam penelitian yaitu pembelajaran PAI dalam materi ajar mari mengenal Rasul
Rasul Allah swt. di kelas V SD Negeri 035 Awo-awo. Teknik Pengumpulan data
dalam penelitian dengan menggunakan lembar validasi media, lembar validasi
materi dan angket kepraktisan. Teknik analisis data dalam penelitian ada dua yaitu
teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan pengembangan media
pembelajaran berbasis ular tangga menggunakan model 4D pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 035 Awo-awo meliputi tahap Define untuk
analisis kondisi pembelajaran dan kebutuhan peserta didik, Design untuk
perancangan instrumen dan desain media interaktif, Develop untuk implementasi
dengan validasi dan revisi, serta Disseminate untuk penyebaran media dan evaluasi
terbatas. Media pembelajaran berbasis permainan ular tangga dengan materi Mari
Mengenal Rasul-Rasul Allah di SD Negeri 035 Awo-awo sangat valid dengan rata
rata nilai validasi ahli dan media sebesar 93,75%. Media pembelajaran permainan
ular tangga di SD Negeri 035 Awo-awo juga sangat praktis dengan rata-rata
presentase kepraktisan sebesar 92,235%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan
bahwa media pembelajaran berbasis permainan ular tangga yang dikembangkan
layak digunakan dalam pembelajaran pada materi ajar mari mengenal Rasul-rasul
Allah.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Mengenal Rasul-Rasul
Allah.
xxii
ABSTRACT
Eva, 2024. “Development of Learning Media Based on Snakes and Ladders Game
on the Teaching Material of Let's Know the Messengers of God at Public
Elementary School 035 Awo-Awo Kecematan Baebunta Kabupaten Luwu
Utara." Thesis Islamic Religious Education Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Science, Palopo State Islamic Institute. Supervised
by Munir Yusuf and Syamsu Sanusi.
This thesis discusses the snake game-based learning media on the teaching
material of let's get to know the Apostles of God at the State Dasae School 035 Awo
awo, Baebunta Kec. North Luwu Kab. This study aims to determine the level of
validity and practicality of learning media based on snakes and ladders games on
teaching materials let's get to know the Apostles of God.
The type of research is research and development (R&D) with the 4D
development model, namely (1) Define, (2) Planning, (3) Develop, (4) Disseminate.
The subjects in the study were fifth grade teachers and students at Public
Elementary School 035 Awo-awo. The object of the research is PAI learning in the
teaching material let's recognize the Messengers of Allah swt. in class V of Public
Elementary School 035 Awo-awo. Data collection techniques in the study using
media validation sheets, material validation sheets and practicality questionnaires.
There are two data analysis techniques in the study, namely qualitative data
analysis techniques and quantitative data analysis.
The results of this development research show the development of snakes
and ladders-based learning media using the 4D model in Islamic Religious
Education learning at State Elementary School 035 Awo-awo includes the Define
stage for analyzing learning conditions and learner needs, Design for instrument
design and interactive media design, Develop for implementation with validation
and revision, and Disseminate for media distribution and limited evaluation.
Snakes and ladders game-based learning media with the material Let's Get to Know
the Apostles of God at State Elementary School 035 Awo-awo is very valid with an
average expert and media validation score of 93.75%. The snakes and ladders
game learning media at State Elementary School 035 Awo-awo is also very
practical with an average practicality percentage of 92.235%. Based on these
results, it was concluded that the learning media based on the snakes and ladders
game that was developed was suitable for use in learning the teaching material,
let's get to know Allah's Apostles.
Keywords: Snakes and Ladders Game-Based Learning Media, Getting to Know
Allah's Apostles.
xxiii
xxiv

صخلملا
ّ،افيإ ٠٢٠٢ ّةبعلّىلعّةمئاقلاّملعتلاّطئاسوّريوطت"ّ. ّيفّمللاسلاوّنيباعثلا م ّةيميلعتّةدا
ّةيموكحلاّةيئادتبلااّةسردملاّيفّ"هللاّلسرّىلعّفرعتنل"ّةدامل ٢٣٠ ّ ووأ-وأ-ّناتامسيكّوأ
ّةيبرتلاّةيلكّ،ةيملاسلإاّةينيدلاّةيبرتلاّةساردّجمانربّةحورطأّ.ووولّلامشّةظفاحمّ،اتنوبياب
اسّوسمايسوّفسويّرينمّفارشإبّ.يموكحلاّيملاسلإاّوبولابّدهعمّ،نيملعملاّمولعو ن يسو .

ّفرعتنل"ّناونعبّةيميلعتّةدامّيفّىعفلأاّةبعلّىلعّةمئاقلاّملعتلاّطئاسوّةحورطلأاّهذهّشقانت
ّةيموكحلاّياسادّةسردمّيفّ"هللاّلسرّىلع ٢٣٠ ّ ووأ-وأ-ّفدهتّ.باكّوولّلامشّ.كيكّاتنوبيابّ،ووأ
ّباعلأّىلعّةمئاقلاّملعتلاّطئاسوّقيبطتوّةيحلاصّىوتسمّديدحتّىلإّةساردلاّهذه وّنيباعثلا ّمللاسلا
هللاّلسرّىلعّفرعتنّانوعدّةدامّىلع .
ّمللاسلاوّنيباعثلاّةبعلّطئاسوّريوطتّيطغتّةيريوطتوّةيثحبّةساردّنعّةرابعّوهّثحبلاّاذه
ّفصلاّبلاطوّيملعمّنمّةساردلاّهذهّيفّنوكراشملاّناكّ.هللاّلسرّفرعنلّةيميلعتلاّةداملاّيف
ادتبلااّةسردملاّيفّيئادتبلااّسماخلا ّةيموكحلاّةيئ ٢٣٠ ّ ووأ-ّملعتّوهّثحبلاّاذهّنمّفدهلاّ.ووأ
ّىلاعتوّهناحبسّهللاّلسرّفرعنلّةدامّيفّةيملاسلإاّةينيدلاّةيبرتلاّةدامّيفّةيملاسلإاّةينيدلاّةيبرتلا
ّةيموكحلاّةيئادتبلااّةسردملابّسماخلاّفصلاّيف ٢٣٠ ّ واوأ-ّةساردلاّهذهّيفّتانايبلاّعمجّتاينقتّ.ووأ
اروأّمادختساب ّقيبطتلاّتانايبتساوّةداملاّةحصّنمّققحتلاّقاروأوّ،طئاسولاّةحصّنمّققحتلاّق
ّللاخّنمّةيعونلاّتانايبلاّليلحتّبولسأّامهوّ،ةساردلاّهذهّيفّتانايبلاّليلحتلّنابولسأّكانهّ.يلمعلا
ّنيسحتللّتاحرتقموّتاداقتناوّتاباجتساوّتلاخدمّلكشّيفّةيعونلاّتانايبلاّنمّتامولعملاّعيمجت
لا ّتانايبّليلحتّللاخّنمّةيمكلاّتانايبلاّليلحتّبولسأوّ،داوملاّةحصّنمّققحتلاّةقروّيفّةدراو
يلمعلاّقيبطتلاّنايبتساّتانايبّليلحتوّداوملاّةحصّنمّققحتلا
ّمادختسابّمللاسلاوّنيباعثلاّىلعّةمئاقلاّملعتلاّطئاسوّريوطتّنأّيريوطتلاّثحبلاّاذهّجئاتنّرهظت
بلأاّيعابرلاّجذومنلا ّةيئادتبلااّةيلاولاّةسردمّيفّةيملاسلإاّةينيدلاّةيبرتلاّملعتّيفّداع ٢٣٠ ّ واوأ-ّووأ
ّةادلأاّميمصتلّميمصتلاّةلحرموّ،ملعتملاّتاجايتحاوّملعتلاّفورظّليلحتلّفيرعتلاّةلحرمّنمضتي
شنلاّةلحرموّ،ةعجارملاوّةحصلاّنمّققحتلاّعمّذيفنتللّريوطتلاّةلحرموّ،ةيلعافتلاّطئاسولاّميمصتو ر ّ
ّايهّةدامّعمّمللاسلاوّنيباعثلاّةبعلّىلعّةمئاقلاّملعتلاّطئاسوّنإّ.دودحملاّمييقتلاوّطئاسولاّعيزوتل
ّةيموكحلاّةيئادتبلااّةسردملاّيفّهللاّلسرّىلعّفرعتن ٢٣٠ ّ واوأ-ّةجردّطسوتمبّادجّةحلاصّووأ
ّةبسنبّطئاسولاوّءاربخلاّنمّققحت ٥٣,٣٠ ٪ لّىلعّةمئاقلاّملعتلاّطئاسوّنأّامكّ. ّمللاسلاوّنيباعثلاّةبع
ّةيموكحلاّةيئادتبلااّةسردملاّيف ٢٣٠ ّ واوأ-ّققحتّةبسنّطسوتمبّادجّةيلمعّاضيأّيهّةيموكحلاّووأ
ّيلمعلاّقيبطتلاّنم ٥٠,٠٣٠ % . ّةبعلّىلعّةمئاقلاّملعتلاّتاودأّنأّجتنتسيّ،جئاتنلاّهذهّىلإّادانتسا
مادختسلالّةبسانمّاهريوطتّمتّيتلاّمللاسلاوّنيباعثلا ّ ىلعّفرعتنل"ّباتكلّةيميلعتلاّةداملاّملعتّيف ّ
هللاّلسر .


ةيحاتفملا تاملكلا : ّ هللاّلسرّةفرعمّ،مللاسلاوّنيباعثلاّةبعلّىلعّةمئاقلاّملعتلاّطئاسو .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:44
Last Modified: 20 Aug 2024 05:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9106

Actions (login required)

View Item View Item