STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMK NEGERI 2 PALOPO

LIVIA, LIVIA (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Livia, 2024, “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga
Kependidikan di SMK Negeri 2 Palopo” Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Hilal
Mahmud dan Tasdin Tahrim.
Skipsi ini membahas tentang Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan
kinerja tenaga kependidikan di SMK Negeri 2 Palopo. Penelitian ini bertujuan;
Untuk mengetahui kinerja tenaga kependidikan di SMK Negeri 2 Palopo; Untuk
mengetahui faktor internal dan eksternal yang menjadi pendukung dan penghambat
dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMK Negeri 2 Palopo; Untuk
mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga
kependidikan di SMK Negeri 2 Palopo.
Jenis penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan pendekatan deskriptif analitis. Adapun sumber data penelitian yakni tenaga
kependidikan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentsi.
Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data
yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi terlihat bahwa
dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja tenaga kependidikan sudah cukup
baik, namun belum mencapai tingkat optimal karena adanya faktor penghambat
yang disebabkan oleh kurang lengkapnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut.
Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan ada
tiga faktor pendukung yaitu: Adanya komunikasi yang baik antara kepala sekolah
dengan tenaga kependidikan guna untuk meningkatkan kinerja tenaga
kependidikan; adanya kerja sama yang baik antara kepala sekolah dengan tenaga
kependidikan sehingga menghasilkan kinerja yang baik; kepala sekolah
memberikan semangat dan motivasi untuk meningkatkan kinerja tenaga
kependidikan. Selanjutnya strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
tenaga kependidikan yaitu: Memberikan peluang untuk meningkatkan kompetensi
tenaga kependidikan kemudian melakukan evaluasi; mengkoordinasi pembagian
tugas terhadap tenaga kependidikan guna menghasilkan hasil kerja yang lebih baik;
melakukan kegiatan pelatihan kepada tenaga kependidikan untuk menambah
wawasan agar wawasan tenaga kependidikan meningkat sehingga dapat
menghasilkan kerja yang lebih baik; mengevaluasi kehadiran tenaga kependidikan
untuk meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab serta mampu bekerja dengan
baik dan nyaman sehingga dapat memberikan hasil kerja yang maksimal.
Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Kinerja Tenaga Kependidikan.
xxii
ABSTRACT
Livia, 2024, “Principal’s Strategy In Improving The Performance Of Education
Staff at SMKN 2 Palopo, Thesis Of The Islamic Education
Management Study Program, Faculty Of Tarbiyah And Teacher
Science, State Islamic Institute (IAIN) Palopo. Supervised by Hilal
Mahmud and Tasdin Tahrim.
This study discusses the principal's strategy in improving the performance
of education staff at SMK Negeri 2 Palopo. The aim of this study; To determine the
performance of educational staff at SMK Negeri 2 Palopo; To find out the internal
and external factors that support and inhibit the performance of education staff at
SMK Negeri 2 Palopo; To find out the principal's strategy in improving the
performance of education staff at SMK Negeri 2 Palopo. The type of research used
in this research is qualitative with a descriptive analytical approach.
The research data sources are educational staff, data obtained through
observation, interviews and documentation. Furthermore, the data analysis
techniques used are data collection, data condensation, data presentation and
drawing conclusions.
Based on the results of interviews, observations and documentation, it can
be seen that the results of the research show that the performance of the educational
staff is quite good, it has not yet reached the optimal level due to inhibiting factors
caused by the lack of complete facilities and equipment. Infrastructure at the school.
There are three supporting factors in improving the performance of educational
staff, namely: Good communication between the school principal and educational
staff in order to improve the performance of educational staff; there is good
cooperation between the school principal and educational staff resulting in good
performance; The school principal provides enthusiasm and motivation to improve
the performance of educational staff. Furthermore, the principal's strategy for
improving the performance of educational staff is: Provide opportunities to improve
the competency of educational staff and then carry out evaluations; coordinating
the division of tasks between educational staff in order to produce better work
results; carry out training activities for education staff to broaden their knowledge
so that the education staff's insight increases so that they can produce better work;
evaluate the presence of educational staff to increase discipline and responsibility
and be able to work well and comfortably so that they can provide maximum work
results.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:05
Last Modified: 19 Jul 2024 03:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9109

Actions (login required)

View Item View Item